Sukses

iPhone SE Terbaru Siap Rilis 2025, Usung Layar OLED dan Desain Notch

Apple dilaporkan tengah bersiap memperkenalkan seri iPhone SE di tahun depan yang hadir dengan layar OLED.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone SE generasi terbaru dikabarkan akan rilis di 2025. Menurut kabar, Apple sekarang tengah bersiap untuk memperkenalkan seri iPhone terjangkau yang dilaporkan akan mengusung layar OLED.

Untuk diketahui, iPhone SE pertama kali diperkenalkan di tahun 2016, dan diposisikan sebagai lini lebih terjangkau bagi orang yang ingin memiliki iPhone.

Empat tahun berselang, Apple merilis kembali iPhone SE 2020 dengan perubahan desain yang membuatnya mirip dengan iPhone 8. Tidak hanya itu, smartphone ini mengalami peningkatan performa berkat chip A13 Bionic.

Di 2022, Apple merilis Phone SE rilis dengan mengusung desain yang sama persis dengan generasi sebelumnya. Namun, perangkat ini menggunakan chip A15 Bionic, sama seperti lini iPhone 13.

Kembali ke Phone SE 2025, smartphone ini dikabarkan akan menggunakan panel OLED. Jika benar, ini akan merupakan peningkatan dari seri SE sebelumnya yang masih memakai panel LCD.

Mengutip GizChina, Jumat (23/2/2024), iPhone SE ini juga tidak akan mengadopsi desain Dynamic Island seperti iPhone 14 Pro dan iPhone 15, melainkan desain notch iPhone 14.

Desain layar yang akan dipakai seri SE terbaru akan sama persis dengan iPhone 13 dan iPhone 14. iPhone SE 2025 akan mempertahankan layar berukuran 6,1 inci dengan resolusi 2.532 x 1.170 piksel.

Layar iPhone ini disebut akan memiliki tingkat kecerahan 1.200 nit, serta menggunakan kaca berteknologi Ceramic Shield.

iPhone SE dikabarkan akan memangkas beberapa fitur yang dimiliki oleh seri iPhone lainnya yang lebih premium. Hal ini dilakukan karena seri SE akan dipasarkan di luar jajaran iPhone premium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone SE akan Menggunakan Panel OLED dari Samsung

Apple dikabarkan akan memesan layar OLED Samsung untuk dipakai di iPhone SE 2025.

Samsung Display dan Apple sendiri diketahui telah menjalin kerjasama dalam pengembangan layar OLED untuk beberapa seri iPhone yang menggunakan panel OLED.

Selain dari Samsung Display, Apple dikabarkan juga akan memesan layar OLED dari BOE dan Tianma, pabrikan panel asal Tiongkok.

Samsung Display dan BOE merupakan perusahaan panel yang telah berpengalaman dan memiliki kualitas panel yang terjamin. Sementara Tianma bukanlah kompetitor yang serius bila dibandingkan dengan kedua perusahaan tersebut.

Samsung sendiri disebut memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan kedua perusahaan tersebut. Terlebih, perusahaan asal Korea Selatan itu sebelumnya telah mengembangkan layar OLED untuk seri iPhone 14 dan iPhone 15.

Sementara itu, BOE memerlukan usaha yang lebih keras agar Apple mau memesan layar dari BOE.

Hal ini disebabkan panel iPhone 15 yang menggunakan OLED dari BOE mengalami beberapa masalah, sehingga Apple kemungkinan akan mengurangi pemesanan atau bahkan tidak akan memesan panel OLED dari BOE.

3 dari 4 halaman

iPhone SE Tetap akan Menggunakan Desain Notch

Selain itu, menarik untuk melihat kalau iPhone SE berikutnya akan mempertahankan desain notch yang telah digunakan sejak iPhone X.

Dengan hadirnya seri iPhone 15, Apple menerapkan bahasa desain baru dengan desain punch-hole (Dynamic Island) untuk semua seri iPhone.

Untuk saat ini, iPhone 14 dan 14 Plus masih menjadi iPhone terakhir yang masih menggunakan desain notch.

Di tahun ini, seri iPhone 16 dikabarkan akan tetap mempertahankan desain Dynamic Island.

Patut ditunggu bagaimana rumor soal iPhone SE yang akan masih akan hadir beberapa bulan mendatang, sebelum perangkat tersebut benar-benar resmi diperkenalkan. 

4 dari 4 halaman

Bocoran iPhone 16 yang Akan Hadir Beberapa Bulan Lagi

Sementara itu, terdapat bocoran mengenai iPhone 16 yang akan diluncurkan beberapa bulan mendatang.

Menurut MacRumors, Selasa (13/2/2024), iPhone 16 Pro akan memiliki layar 6,2 inci, sedangkan iPhone 16 Pro Max akan memiliki layar 6,8 inci.

Sementara itu, model iPhone 16 standar akan tetap memiliki ukuran layar sama dengan seri iPhone 15, yaitu 6,1 inci untuk iPhone 16 dan 6,7 inci untuk iPhone 16 Plus.

iPhone 16 Pro dan Pro Max digadang-gadang akan menggunakan chipset baru Apple yang diproduksi dengan teknologi 3nm TSCM.

Belum diketahui secara pasti apa penyebutkan chipset baru ini. Namun, besar kemungkinan Apple akan menggunakan nama A18 Pro.

Sementara untuk model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus hanya menggunakan A18 biasa. Dari bocoran yang beredar saat ini, chipset A18 ini memiliki kemampuan Neural Engine yang ditingkatkan.

iPhone 16 Pro dirumorkan akan memiliki RAM 8GB, yang merupakan peningkatan dari 6GB pada iPhone 15 Pro. Peningkatan RAM ini diharapkan dapat penigkatan multitasking dan performa.

Baik iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan memiliki sensor kamera utama 48MP yang lebih canggih, sehingga dapat mengambil foto dan video lebih baik dari model iPhone saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.