Sukses

Cara Kembalikan Chat WhatsApp yang Hilang di Android dan iPhone dengan Cepat dan Mudah

WhatsApp telah aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan. Hampir setiap orang yang memiliki smartphone pasti memiliki aplikasi ini. Dalam menggunakan aplikasi ini, pengguna secara tidak sengaja menghapus chat yang ada di WhatsApp, sehingga chat tersebut hilang. Terdapat beberapa cara untuk mengembalikan chat WhatsApp yang hilang. Berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan. Hampir setiap orang yang memiliki smartphone menginstal aplikasi ini.

Aplikasi perpesanan dari Meta ini diminati banyak orang karena aplikasi ini ringan, mudah digunakan, tersedia di berbagai platform dan sistem operasi, serta gratis tanpa perlu berlangganan.

WhatsApp dapat berjalan lancar di berbagai sistem operasi. Android, iOS, Windows, dan Mac dapat menjalankan aplikasi ini tanpa kendala.

Saat menggunakan aplikasi ini, kamu mungkin pernah secara tidak sengaja menghapus chat yang ada di WhatsApp, sehingga chat tersebut hilang.

Mengutip dari Android Police, Jumat (23/2/2024), terdapat beberapa cara untuk mengembalikan chat WhatsApp yang hilang. Berikut ulasannya.

Bagaimana WhatsApp Mengelola Backup Chat

Untuk memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus, memerlukan backup agar chat dapat dicadangkan secara cloud.

WhatsApp menyimpan data ke Google Drive untuk ponsel Android atau iCloud untuk iPhone. Pengguna dapat mengatur frekuensi pencadangan ke:

  • Tidak pernah
  • Hanya ketika saya mengetuk "Cadangkan"
  • Harian
  • Mingguan
  • Bulanan

Terlepas dari frekuensi pencadangan yang dipilih, buka Pengaturan > Chat > Cadangan Chat > Cadangkan Sekarang untuk menyimpan obrolan secara manual.

Pengguna bisa memilih apakah akan mencadangkan video, mencadangkan dengan data seluler, atau mengenkripsi cadangan.

Selain pencadangan online, WhatsApp menyimpan data ke penyimpanan internal setiap malam, namun opsi ini hanya tersedia untuk pengguna Android.

Catatan: WhatsApp cuma menyimpan cadangan terbaru di penyimpanan iCloud (cloud) kamu. Dengan setiap pencadangan baru, file lama akan dihapus. WhatsApp dapat menyimpan cadangan lokal selama beberapa hari di perangkat Android.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Baru Saja Hilang

Jika kamu baru saja menghapus pesan, kamu bisa memulihkan pesan tersebut dengan memulihkan cadangan terakhir kamu. Berikut caranya:

  • Uninstal WhatsApp dari smartphone.
  • Instal ulang aplikasi WhatsApp. WhatsApp akan meminta kamu memulihkan pesan dari cadangan terbaru.
  • Ketuk Pulihkan untuk memulai proses. Jika dilewatkan, kamu tidak dapat memulihkan file tersebut nanti.

Catatan: Cara ini berfungsi pada perangkat Android dan iPhone, tetapi memiliki kekurangan. Pengguna hanya dapat mengambil obrolan yang dihapus antara pencadangan terakhir dan berikutnya.

Jika pencadangan harian diatur pada jam 2 pagi, pengguna hanya dapat mengambil pesan yang dihapus setelah pencadangan jam 2 pagi terakhir dan sebelum pencadangan berikutnya.

Kelemahan lainnya adalah memulihkan cadangan seperti kembali ke masa itu. Dengan menggunakan contoh yang sama di atas, pengguna kehilangan semua pesan yang dikirim setelah pencadangan jam 2 pagi karena chat tidak dapat tersimpan.

3 dari 5 halaman

Cara Memulihkan Pesan WhatsApp Lama yang Hilang

Memulihkan pesan yang terhapus setelah beberapa saat memang rumit karena penyimpanan cloud kamu mungkin hanya memiliki cadangan terbaru.

Pemilik Android dapat menggunakan cadangan lokal di penyimpanan file mereka dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi File Manager
  • Navigasikan ke /WhatsApp/Database. Di Android 10 dan yang lebih baru, navigasikan ke Android > Media > com.whatsapp > WhatsApp > Databases.
  • Temukan msgstore.db.crypt12. file adalah cadangan chat terbaru. Pengguna mungkin melihat nomor berbeda setelah crypt, seperti msgstore.db.crypt14. Jangan diubah.
  • Ganti namanya menjadi yang lain seperti msgstore-latest.db.crypt12.
  • Temukan cadangan lama yang ingin dipulihkan, biasanya dalam format msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12, dan ganti namanya menjadi msgstore.db.crypt12.
  • Uninstal WhatsApp.
  • Jika pencadangan Google Drive diaktifkan, akses dan hapus file dengan membuka Google Drive, membuka sidebar kiri, dan memilih Cadangan. Tindakan ini akan mencegah WhatsApp menggunakan cadangan Drive alih-alih file lokal.
  • Instal ulang WhatsApp.
  • Ketuk Pulihkan ketika diminta untuk memulihkan dari file cadangan.

Peringatan: Pengguna akan kehilangan pesan yang diterima setelah pencadangan itu. Namun terdapat jalan keluar untuk masalah ini.

 

4 dari 5 halaman

Cara Memulihkan Pesan WhatsApp Lama dan Mengembalikannya ke Cadangan Terbaru

Meskipun proses di atas bisa memulihkan pesan yang terhapus, kamu akan kehilangan semua obrolan terbaru setelah pencadangan. Kamu bisa mencegahnya dengan cara mengekspor obrolan yang ingin disimpan setelah memulihkan cadangan lama.

  1. Buka obrolan chat kamu, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas layar.
  2. Pilih menu Lainnya.
  3. Ketuk Ekspor Chat. Pengguna diminta untuk memasukkan file media atau mengekspor tanpa file tersebut. Pengguna dapat mengekspor 40.000 pesan tanpa media dan 10.000 pesan dengan media.
  4. Pilih aplikasi untuk membagikan file teks yang berisi pesan. Pengguna dapat mengirimkannya melalui email ke diri sendiri atau menyimpannya ke akun Google Drive atau sejenisnya.
  5. Ulangi proses untuk obrolan lain yang ingin disimpan.

Setelah mengekspor chat, pengguna perlu memulihkan cadangan terbaru:

  1. Masih ingat cara mengganti nama cadangan lama menjadi msgstore.db.crypt12? Ubah ke nama aslinya, msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12.
  2. Masih ingat cara mengganti nama cadangan terbaru menjadi msgstore-latest.db.crypt12? Ubah ke msgstore.db.crypt12.
  3. Uninstal WhatsApp dan hapus cadangan Google Drive jika ada.
  4. Instal ulang WhatsApp dan pulihkan cadangan.

Meskipun pengguna tidak dapat mengimpor pesan yang telah ekspor, pengguna dapat membacanya dari file teks.

5 dari 5 halaman

Infografis Hoax yang Beredar di WhatsApp

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini