Sukses

Apple Bawa Deretan Fitur Baru di iOS 17.4, Cek Bocorannya

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah memastikan akan menggulirkan update iOS 17.4 pada Maret 2024. Bersama dengan update ini, perusahaan akan menggulirkan beberapa fitur baru.

Sebagai informasi, sejumlah fitur baru ini sudah terungkap lewat beberapa versi iOS 17.4 versi beta yang dirilis ke beberapa pengguna. Meski tidak membawa perubahan besar, fitur-fitur yang dibenamkan Apple terbilang signifikan bagi pengguna.

Mengutip informasi dari Macrumors, Senin (12/2/2024), salah satunya adalah perubahan untuk pengguna iPhone di Uni Eropa. Melalui iOS 17.4, Apple akan memungkinkan pengguna memakai toko aplikasi alternatif untuk mengunduh aplikasi.

Selain itu, pengguna juga bisa memakai opsi pembayaran lain untuk melakukan transaksi di App Store. Perubahan lain adalah browser web pihak ketiga juga bisa menggunakan mesin selain WebKit Apple di iPhone.

Lalu, aplikasi dompet digital pihak ketiga juga bisa mengakses chip NFC iPhone untuk dipakai melakukan pembayaran nirsentuh, serta beberapa fungsi lainnya.

Pada iOS 17.4, Apple juga menyertakan fitur transkrip di aplikasi Apple Podcasts. Fitur ini mirip dengan kemampuan menampilkan lirik di Apple Music.

Nantinya, pengguna bisa membaca seluruh teks lengkap dari podcast yang diputar. Pengguna juga bisa mencari kata atau frasa tertentu, dan mengetuknya untuk beralih ke bagian podcast yang dimaksud.

Mulai iOS 17.4, Apple juga memperluas fungsi SharePlay ke speaker HomePod. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan anggota keluarga atau teman yang diberi akses untuk mengontrol musik yang dimainkan di HomePod.

Tidak lupa, Apple juga juga menyertakan beberapa emoji baru di iOS ini. Beberapa emoji yang dihadirkan adalah rantai yang rusak, jamur coklat, lemon, hingga burung phoenix.

Terakhir, Apple juga akan membawa dukungan untuk beberapa aplikasi CarPlay baru di iOS ini. Beberapa di antaranya adalah Auto Settings, Car Camera, Charge, hingga Tire Pressure.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apple Gulirkan iOS 17.4 Versi Beta, Buka Akses Download Aplikasi di Luar App Store

Sebelumnya, Apple dilaporkan telah merilis iOS 17.4 versi beta untuk para penguji beberapa hari lalu. iOS versi beta ini diluncurkan tidak lama setelah perusahaan merilis iOS 17.3 untuk para pengguna iPhone.

Mengutip informasi dari CNET, Jumat (2/1/2024), iOS 17.4 versi beta ini menghadirkan beberapa fitur baru. Bahkan untuk pengguna di wilayah Uni Eropa, Apple membawa perubahan yang sangat signifikan.

Perubahan yang dimaksud adalah pengguna atau penguji beta iOS ini dimungkinkan untuk mengunduh toko aplikasi alternatif App Store, termasuk aplikasi dari pihak ketiga. Selain itu, pengguna juga bisa menentukan aplikasi default mereka.

Perlu diketahui, Apple memang mengumumkan pihaknya akan mematuhi aturan dari Digital Markets Act Uni di Eropa.

Salah satunya bentuk kepatuhan tersebut adalah Apple tidak memasang App Store sebagai satu-satunya toko aplikasi yang bisa dipakai oleh para pengguna.

Menurut rencana, perubahan ini akan dihadirkan melalui iOS 17.4 yang dirilis untuk pengguna Uni Eropa sekitar April 2024. Belum diketahui apakah fungsi ini juga akan dihadirkan untuk konsumen global.

3 dari 3 halaman

iPhone Bakal Kedatangan 118 Emoji Lewat Update iOS 17.4

Sebagai informasi, pengguna iPhone akan kehadiran 118 emoji baru. Ratusan emoji ini akan hadir bersama dengan update iOS 17.4.

Sebelumnya, ke-118 emoji ini hadir bersama dengan update iOS 17.4 beta yang dirilis Kamis, 25 Januari lalu.

Saat ini, ikon-ikon berwarna-warni tersebut hanya tersedia bagi pengembang iPhone. Namun pengguna iPhone secara keseluruhan akan segera mendapatkannya sekitar Maret nanti.

Rilis publik iOS 17.4 diperkirakan akan digulirkan pada Maret 2024 oleh Apple. Mengutip Cnet, Selasa (30/1/2024), beberapa emoji yang akan datang adalah emoji burung phoenix, jamur coklat, jeruk nipis, hingga rantai yang putus.

Sementara emoji lainnya merupakan variasi dari emoji yang sudah ada. Misalnya dengan warna kulit yang berbeda atau hanya tampilan wajah berputar ke arah yang berbeda.

Emoji iPhone yang disesuaikan termasuk orang berjalan, berlari, berlutut, menggunakan kursi roda, dan menggunakan tongkat putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini