Sukses

iPhone Bakal Kedatangan 118 Emoji Lewat Update iOS 17.4

iPhone akan kebanjiran 118 emoji baru yang hadir melalui update iOS 17.4 pada Maret mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna iPhone akan kehadiran 118 emoji baru. Ratusan emoji ini akan hadir bersama dengan update iOS 17.4.

Sebelumnya, ke-118 emoji ini hadir bersama dengan update iOS 17.4 beta yang dirilis Kamis, 25 Januari lalu.

Saat ini, ikon-ikon berwarna-warni tersebut hanya tersedia bagi pengembang iPhone. Namun pengguna iPhone secara keseluruhan akan segera mendapatkannya sekitar Maret nanti.

Rilis publik iOS 17.4 diperkirakan akan digulirkan pada Maret 2024 oleh Apple. Mengutip Cnet, Selasa (30/1/2024), beberapa emoji yang akan datang adalah emoji burung phoenix, jamur coklat, jeruk nipis, hingga rantai yang putus.

Sementara emoji lainnya merupakan variasi dari emoji yang sudah ada. Misalnya dengan warna kulit yang berbeda atau hanya tampilan wajah berputar ke arah yang berbeda.

Emoji iPhone yang disesuaikan termasuk orang berjalan, berlari, berlutut, menggunakan kursi roda, dan menggunakan tongkat putih.

Selain itu juga ada empat emoji baru yang menunjukkan kelompok keluarga tanpa batasan gender. Meski begitu, dari versi beta, pengguna belum dapat menemukan emoji baru ini di keyboard pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagian dari Emoji 15.1 yang Dirilis Emojipedia

Emojipedia, bagian dari Unicode Consortium, sebagai bank sentral dari emoji-emoji yang sudah disetujui menyebut, deretan emoji tersebut sebagai 15.1.

Mengutip Dailymail.co.uk, editor of Emojipedia, Keith Broni, emoji-emoji yang dirilis secara beta ini diambil dari rekomendasi Unicode yang rilis September 2023, yakni Emoji 15.1,

"Berdasarkan riwayat iOS beta, rilis publik untuk iOS 17.4 akan hadir pada pengguna pada Maret atau April 2024," tulis media tersebut.

Sekadar informasi, daftar emoji baru ini sebelumnya telah disetujui pada September lalu. Namun, kini Emojipedia mempublikasikan tampilan awal desain emoji yang diusung Apple yang bakal hadir lewat update iOS 17.4.

3 dari 4 halaman

Keluarga Gender Netral Bakal Hadir di 118 Emoji Baru

Bicara tentang desain emoji Apple ini, salah satunya adalah keluarga beranggotakan empat orang dengan konsep gender netral. Namun, hadir dalam tampilan siluet.

Emoji keluarga gender netral Apple memiliki warna putih di latar belakang biru muda. Sementara, Samsung sebagai pesaing iPhone memiliki fitur hitam di latar belakang abu-abu.

Adapun keluarga gender netral tersebut terdiri dari dua orang tua dengan seorang anak, satu orang tua dengan dua anak, satu orang tua dan satu anak, serta dua orang tua dan dua anak.

Asal tahu saja, sejak 2019, Apple memang menyediakan emoji versi non-biner dari hampir tiap emoji manusia. Mulai dari manusia dengan tampilan makhluk laut menyerupai duyung hingga koki.

 

4 dari 4 halaman

Perbedaan Emoji 15.1 di Samsung dan iPhone

Adapun diferensiasi lain yang disadari adalah saat melihat emoji baru tersebut untuk versi Samsung. Misalnya, rantai Samsung lebih tebal sementara lemonnya terlihat kurang realistis dan lebih tampak mirip kartun ketimbang milik Apple.

Sementara untuk burung phoenix, wajahnya menghadap ke samping, bukan ke depan. Detailnya pun lebih banyak. Sebagian besar dari 118 emoji tersebut terdiri dari versi yang memperlihatkan arah baru dari enam emoji yang sudah ada, dalam berbagai jenis kelamin dan warna kulit.

Lalu, enam orang yang sudah ada di emoji mulai dari orang yang berjalan ke arah samping, orang sedang berlutut, orang dengan kaleng, orang di kursi roda bermotor, orang di kursi roda manual, dan orang sedang berlari.

Daftar baru dari 118 emoji tersebut tidak mencakup emoji bendera, bukan hanya bendera geografis tetapi juga bendera pride, bahasa, dan bendera berbasis warna lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.