Sukses

Baldur's Gate 3 Menang Game of the Year di The Steam Awards 2023

Game Baldur's Gate 3 dinobatkan sebagai Game of the Year di The Steam Awards 2023.

Liputan6.com, Jakarta - 2023 tampaknya jadi tahun yang sukses untuk Baldur's Gate 3. Buktinya, game ini kembali mendapatkan penghargaan sebagai gim terbaik dari para pengguna Steam.

Dalam pengumuman The Steam Awards 2023, Baldur's Gate 3 dinobatkan sebagai Game of the Year, mengalahkan judul-judul lain seperti Lethal Company, Hogwarts Legacy, Resident Evil 4, dan EA Sports FC 24.

Dalam deskripsinya, gim besutan Larian Studios ini dinilai memiliki "Gameplay yang imersif atau cerita yang memikat... karakter yang ditulis dengan baik, desain yang rapi, atau mode multipemain yang seru."

Baldur's Gate 3 juga memenangkan penghargaan di kategori Outstanding Story-Rich karena narasi yang dihadirkan selama permainan.

Selain itu, Steam juga mengumumkan deretan pemenang game-game terbaik dari berbagai nominasi di ajang penghargaan ini. Sayangnya, gim yang digarap developer Indonesia, Coral Island, harus kalah dari Dave the Diver di kategori Sit Back and Relax Award.

Meski begitu, keberhasilan Coral Island masuk nominasi penghargaan The Steam Awards 2023 menunjukkan bahwa gim karya developer lokal juga diakui gamer dunia.

Daftar Pemenang Steam Awards 2023

Berikut ini daftar game yang memenangkan gim terbaik dari masing-masing kategori di The Steam Awards 2023:

  • Game of the Year Award - Baldur's Gate 3
  • VR Game of the Year Award - Labyrinthine
  • Labour of Love Award - Red Dead Redemption 2
  • Best Game on Steam Deck Award - Hogwarts Legacy
  • Better With Friends Award - Lethal Company
  • Outstanding Visual Style Award - Atomic Heart
  • Most Innovative Gameplay Award - Starfield
  • Best Game You Suck At Award - Sifu
  • Best Soundtrack Award - The Last of Us Part 1
  • Outstanding Rich Story Award - Baldur's Gate 3
  • Sit Back and Relax Award - Dave the Diver

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Baldur's Gate 3 Sabet GOTY di The Game Awards 2023

Baldur’s Gate 3 sebelumnya juga telah menyabet gelar Game of The Year 2023 (GOTY) di ajang The Game Awards.

Sejak Baldur’s Gate 3 meluncur di PC Windows pada 3 Agustus 2023 dan PlayStation 5 pada 6 September, banyak pihak meyakini game ini akan menjadi salah satu kotender kuat untuk memenangkan title GOTY di The Game Awards.

Hal ini terlihat bagaimana game buatan Larian Studios itu mendapatkan skor sempurna dari berbagai pihak, dan dipuji oleh gamer di seluruh dunia.

Dari enam judul game masuk nominasi, Baldur’s Gate 3 berhasil mengalahkan Marvel’s Spider-Man 2, Alan Wake 2, Horizon Forbidden West, Halo Infinite, dan Resident Evil Village.

Baldur’s Gate 3 merupakan sekuel game RPG dari seri Baldur’s Gate legendaris, dengan latar di dunia Forgotten Realms dari Dungeons and Dragons.

Berbeda dari game-game bergenre RPG lainnya, game ini menawarkan berbagai pilihan keputusan di mana nantinya akan memengaruhi cerita, interaksi dengan karakter lain, dan permainan.

Selain title GOTY, Baldur’s Gate 3 juga meraih lima penghargaan lain, yaitu Best Role Playing Game, Best Performance untuk Neil Newbon memerankan Astarion, Best Community Support, Player's Voice, dan Best Multiplayer Game.

 

3 dari 4 halaman

Sinopsis Baldur's Gate 3

Baldur's Gate 3 sendiri merupakan judul ketiga dari serial Baldur's Gate, yang diangkat dari sistem tabletop RPG Dungeons & Dragons.

Seperti game RPG pada umumnya, pemain tetap akan bisa membuat karakter dan membentuk sebuah tim dari tokoh-tokoh yang ada di dalam permainan, untuk mengeksplorasi dunia dan cerita dalam gim.

Berbeda dengan judul-judul di seri sebelumnya, Baldur's Gate 3 juga menawarkan gameplay pertarungan dengan konsep turn-based, yang mirip dengan Divinity: Original Sin and Divinity: Original Sin II.

Untuk cerita game ini, Baldur's Gate 3 berkisah di Forgotten Realms, di mana mind flayers, para makhluk berwajah cumi-cumi dengan kekuatan psionik, menemukan cara untuk melakukan perjalanan antar dunia dan akan melakukan invasi.

 

4 dari 4 halaman

Harga Baldur's Gate 3 di Steam

Mengutip PC Gamer, karakter pemain dan rekan utamanya, terinfeksi oleh parasit yang seharusnya mengubah mereka menjadi mind flayers. Namun, proses ini tidak berjalan seperti seharusnya. Pemain pun harus mencari tahu lebih banyak soal parasit ini dan menyingkirkannya.

Meski menjadi judul ketiga dari serial Baldur's Gate, Larian Studios melalui pengumumannya di Steam menegaskan, pemain tidak perlu memainkan seri sebelumnya, apabila ingin memainkan Baldur's Gate 3.

Meskipun begitu buat gamer yang sudah memainkan prekuelnya, akan ada beberapa tokoh dan tempat yang familiar dimunculkan dalam game ini. Buat yang tertarik untuk memainkan game ini, Baldur's Gate 3 dijual di Steam untuk perangkat PC dengan harga Rp 699.999.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.