Sukses

Review CCTV Outdoor IT W02: Instalasi Mudah dan Tampilan Estetik Tanpa Kabel

Untuk memastikan keamanan rumah, IT hadirkan CCTV outdoor yang memiliki ketahanan terhadap debu dan air, IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02, yang instalasinya mudah dan tanpa kabel.

Liputan6.com, Jakarta - Aspek keamanan jadi hal penting yang begitu diperhatikan oleh pemilik rumah, terutama saat semua orang di rumah harus melakukan kegiatan di luar tiap harinya.

Ketika rumah dalam keadaan kosong karena ditinggal bekerja hingga liburan, menjadi penting bagi pemilik rumah untuk mengecek kondisi di sekitar rumahnya.

Hal ini untuk memastikan keamanan rumah tetap terjaga dan meminimalisasi situasi tak menyenangkan seperti ada orang asing yang memasuki properti mereka.

Untuk itulah, vendor perangkat IoT Immersive Tech alias IT menghadirkan sederetan teknologi kamera surveillance yang bisa membantu mengurangi kekhawatiran pemilik rumah atas keamanan properti mereka.

Terbaru, IT merilis sebuah kamera luar ruang model magnetik IT W02. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk instalasi CCTV di luar rumah tanpa harus dekat dengan steker listrik.

Bagaimana pengalaman penggunaan kamera CCTV IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 ini? Berikut review singkat pemakaiannya.

1. Desain

IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 ini hadir dalam desain yang ringkas, bentuknya menyerupai tabung dengan dua dudukan di kemasannya.

Dudukan pertama (Magnetic Docking) berbentuk mirip mangkok, dengan menggunakan magnet. Dengan begitu, pengguna hanya perlu menaruh kamera ke dudukan. Secara otomatis, kamera akan lekat dengan dudukan tersebut dengan daya magnet yang kuat.

Dengan dudukan magnetik ini, pengguna bisa memakai kamera tanpa kabel sama sekali (wireless).

Adapun dudukan kedua (Braket Standard) bentuknya mirip dengan sarangan lampu yang dilengkapi baut, untuk memasang kamera ke dudukan.

Pengguna bisa memilih untuk memakai dudukan pertama atau kedua. Mengingat CCTV ini menekankan desain magnetiknya, tentu menarik menjajal instalasi dengan dudukan pertama yang hanya butuh memasang dudukan ke tembok dengan baut dan mur, lalu lekatkan CCTV ke dudukan dengan menempelkannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Spesifikasi Kamera

CCTV yang mudah dipasang ini hadir dengan kamera 3MP yang mampu menangkap video dan gambar beresolusi 2.304 x 1.296 piksel (FHD).

Berdasarkan pengalaman, kamera ini mampu menangkap gambar dalam kondisi gelap. Kemampuan visibilitas malamnya bisa mencapai 10 meter.

Kamera ini telah mendapatkan sertifikat IP65 yang tahan terhadap air, dalam hal ini CCTV IT W02 ini tahan terhadap tampias air hujan, debu, dan kondisi cuaca ekstrim lainnya.

Kamera ini juga dilengkapi baterai berkapasitas 9.600mAh yang bisa diisi ulang. Ketahanan baterai diklaim bisa sampai 1 - 2 bulan, tetapi ini tergantung dengan pemakaian.

Makin banyak trafik atau gerakan di depan bidang rekam, tentunya baterai bakal lebih cepat habis.

Pengguna juga bisa menempatkan kartu SD untuk menyimpan perekaman berbasis gerakan. Terdapat pula fitur AI human detection di kamera ini untuk mendeteksi gerakan manusia yang berada di bidang jangkauan kamera. 

3 dari 6 halaman

3. Instalasi dan Aplikasi

Pemasangan atau instalasi aplikasi ini terbilang mudah, pengguna hanya perlu memasang dudukan di tembok luar rumah dengan mur dan baut yang disediakan. Kamu membutuhkan bor listrik untuk memasang dudukan.

Selanjutnya, kamu bisa menempelkan kamera IT W02 secara magnetis ke dudukan magnet.

Kalau tidak ingin pakai magnet, kamu bisa memakai dudukan kedua untuk instalasi kamera.

Langkah instalasi aplikasi IT Smart:

  • Instal aplikasi IT Smart di perangkat Android atau iOS.
  • Registrasi akun, klik Sign Up
  • Baca lembar persetujuan penggunaan dan kebijakan privasi
  • Pilih kode negara (Indonesia)
  • Kamu bisa masuk dengan akun Google atau Apple ID atau juga bisa menggunakan alamat email, lalu dapatkan kode verifikasi untuk mendapat email berisi kode verifikasi.
  • Untuk registrasi dengan email, setelah input kode verifikasi bisa bikin password.
  • Setelah itu, kamu bisa membuka aplikasi, dan memilih opsi Security & Video Surveillance dan klik pada tipe kamera CCTV yakni Outdoor Camera W02.
  • Untuk memasangkan CCTV dengan aplikasi, kamu perlu hubungkan kamera dengan WiFi, pastikan indikator WiFi di perangkat berkedip cepat. Kalau indikator WiFi tak berkedip, kamu bisa pencet dan tahan tombol Reset hingga 5 detik hingga terdengar suara. Kamera CCTV IT W02 pun siap terhubung.
  • Masukkan nama WiFi dan passwordnya, lalu ketuk Next.
  • Scan barcode yang muncul di layar smartphone kamu dengan kamera CCTV IT W02. Ketika kamera sudah bersuara, kamu bisa ketuk (I Heard a Prompt).
  • Ketika menghubungkan perangkat, kamu bisa melihat status koneksi.
  • Ketuk (Done) untuk mengakses halaman kontrol kamera. Selanjutnya perangkat bisa dikontrol dengan aplikasi IT Smart.

Kamu juga bisa menambahkan lebih dari satu perangkat (termasuk tablet) untuk bisa mengontrol kamera CCTV ini dari mana pun atau memantau kondisi rumah.

4 dari 6 halaman

4. Pengalaman Penggunaan

Berdasarkan pengalaman penggunaan, kamera CCTV IT Smart W02 ini mudah dalam hal instalasi. Proses menghubungkan kamera dengan aplikasi juga cukup mudah, dan tidak ada kendala.

Kamera CCTV IT Smart W02 ini hadirkan fitur wireless memudahkan pengguna yang tidak memiliki sumber listrik di luar rumah atau tidak ingin ada terlalu banyak kabel di temboknya.

Dudukan magnetis membuat kamera ini bisa diatur dengan mudah sesuai dengan jangkauan pandang dan angle tampilan yang diinginkan.

Baterai

Pengalaman Tekno Liputan6.com, penggunaan CCTV IT Smart W02 ini cukup hemat baterainya.

Namun, suatu ketika pernah baterai begitu cepat habis. Hal ini karena saat itu di jangkauan pandang kamera ada aktivitas tinggi yang dilakukan pemilik rumah, yakni membersihkan rumput.

Dengan banyaknya pergerakan yang terjadi saat membersihkan rumput, membuat kapasitas baterai agak lebih cepat habis.

Hal ini memang sesuai dengan klaim dari IT sendiri, di mana persentasi konsumsi baterai tergantung dengan intensitas pergerakan alias trafik yang terjadi di bidang jangkauan.

Pengisian daya pun membutuhkan waktu beberapa jam dari 0 hingga 100 persen. Namun, untuk penggunaan normal, yakni dari 16 Desember hingga 24 Desember 2023, penggunaan baterai dari 100 persen hanya berkurang 17 persen saja.

Dengan begitu, bisa dibilang kalau baterai perangkat ini cukup hemat. Untuk pengisian dayanya, kamu hanya perlu mencabut kamera CCTV kemudian menghubungkan dengan kabel dan charger yang tersedia di kotak penjualan.

5 dari 6 halaman

Mikrofon dan Kualitas Perekaman

Mikrofon

IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 ini dilengkapi dengan mikrofon untuk mendukung komunikasi dua arah.

Misalnya, kamu menerima notifikasi pergerakan ada kurir paket masuk ke area properti, kamu bisa berkomunikasi dengannya. Contoh, memintanya untuk menaruh paket di depan pintu saat pemilik rumah sedang di luar rumah.

Mikrofon ini juga memiliki suara cukup jelas, kami pernah mencoba mikrofon untuk memberi perintah agar kucing peliharaan kami masuk ke rumah, dengan mikrofon ini. Kucing pun merespon, mengindikasikan kalau mikrofon ini berfungsi dengan baik.

Kualitas Perekaman

Sesuai spesifikasi, kamera 3MP milik IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 ini mampu merekam video dengan resolusi FHD termasuk dalam kondisi cahaya gelap.

Perangkat ini sudah dilengkapi sensor infrared yang mengaktifkan mode Malam, dalam kondisi cahaya minim. Perekaman mode Malam bisa diatur secara otomatis atau manual melalui aplikasi.

Lewat aplikasi IT Smart, pengguna juga bisa mengatur kualitas gambar yang ditampilkan di layar ponsel, yakni SD atau HD.

<p>Kualitas perekaman HD CCTV IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 ini juga hadirkan fitur Playback. Fitur ini berfungsi saat pengguna memiliki ruang penyimpanan, entah itu di cloud (berbayar) atau micro SD card. Kalau kamu tak memasukkan ruang penyimpanan, fitur ini tidak berfungsi.

Fitur Playback di CCTV ini bisa merekam momen-momen ketika ada pergerakan yang terekam, terutama pergerakan manusia.

Sensitivitas gerakan yang dikenali kamera juga bisa disesuaikan melalui aplikasi, pada fitur PIR. Kamu bisa mengatur sensitivitas di fitur PIR dengan skala level 1-10.

Lewat aplikasi, pengguna juga akan mendapatkan notifikasi ketika ada gerakan yang terdeteksi kamera. Meski begitu, notifikasi ini hanya menyimpan foto kalau ada orang yang memasuki properti, bukan menyimpan video.

6 dari 6 halaman

5. Kesimpulan

Kelebihan:

  • Bentuk yang simpel dan tanpa kabel membuat lebih estetik
  • Instalasi atau pemasangan mudah
  • Baterai bisa tahan lama, jika tidak banyak pergerakan yang terdeksi
  • Komunikasi dua arah lewat fitur mikrofon
  • Bisa dipakai di luar atau dalam rumah

Kekurangan:

  • Notifikasi hanya berupa foto bukan video saat ada pergerakan
  • Perekaman video Playback tak merekam secara penuh, hanya menyimpan momen-momen saat ada pegerakan yang terdeteksi
  • Pergerakan objek kecil seperti kucing tidak terdeteksi
  • Pengisian daya tak dilengkapi fitur pengisian daya cepat sehingga butuh waktu cukup lama.
  • microSD belum disediakan di kotak penjualan.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.