Sukses

Telkomsel Terima Penghargaan dari Kominfo, Berkat Titik 5G Terbanyak hingga Bayar PNBP Telko Terbesar

Telkomsel mendapatkan penghargaan dari Ditjen PPI Kominfo atas komitmennya menghadirkan layanan broadband baik 4G maupun 5G, serta kontribusinya membayarkan PNBP telekomunikasi terbanyak ke negara dari BHP frekuensi.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel mendapatkan penghargaan dari Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo tahun 2023.

Adapun penghargaan dari Ditjen PPI Tahun 2023 ini diberikan kepada para pelaku usaha termasuk penyelenggara layanan telekomunikasi yang dinilai memberi kepuasan dalam layanan pos dan informatika.

Tak hanya dalam hal kinerja, penghargaan juga diberikan kepada perusahaan yang menyelesaikan komplain dari masyarakat dan kualitas layanan yang baik, hingga menciptakan inovasi di bidang penyelenggaraan pos dan informatika.

Telkomsel sendiri mendapatkan penghargaan dari Ditjen PPI sebagai penyelenggara telekomunikasi dengan spot 5G terbanyak, penyelenggara dengan kualitas layanan seluler terbaik, hingga peringat pertama wajib bayar PNBP BHP telekomunikasi terbesar di tahun 2022.

Sekadar informasi, sebagai penyelenggara telekomunikasi dengan spot 5G terbanyak, Telkomsel menggelar lebih dari 470 BTS 5G di 48 kota hingga Desember 2023.

Telkomsel juga diklaim konsisten mengembangkan dan menggelar jaringan 5G secara bertahap dan terukur di seluruh wilayah Indonesia.

Perusahaan pelat merah ini menyebut pihaknya berupaya memberi layanan dan kualitas jaringan yang bisa memberi nilai tambah bagi pengguna sembari mendukung produktivitas dan efisiensi di beragam bisnis.

Sekadar informasi, dalam mengimplementasikan 5G di berbagai titik, Telkomsel bermitra dengan para pelaku industri. Mulai dari PT Freeport Indonesia dalam menerapkan 5G Underground Smart Mining pertama di Asia Tenggara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Internet 4G Tercepat Berkat Migrasi 3G ke 4G

Lalu, dengan PT Angkasa Pura II untuk memperkuat transformasi digital untuk operasional di bandara. Hingga dengan Kawasan Jababeka untuk membangun solusi digitalisasi kawasan berbasis infrastruktur 5G.

Telkomsel juga bermitra dengan Kemenkes untuk uji coba 5G Robotic Telesurgery pertama di Indonesia.

Perusahaan juga mendapatkan penghargaan Penyelenggara dengan Kualitas Layanan Seluler Terbaik, berdasarkan pengukuran Throughput Rata-Rata Nasional periode Maret-September 2023.

Pencapaian ini tak lepas dari upaya Telkomsel yang menuntaskan upgrade 3G ke 4G di 504 kota/ kabupaten pada Juni 2023 pada frekuensi 2.100 MHz.

3 dari 4 halaman

Kecepatan Telkomsel Tertinggi Versi Ookla Speedtest

Dengan upgrade tersebut, Ookla Speedtest mencatat, Telkomsel memiliki kecepatan akses broadband tertinggi di Indonesia dengan rata-rata kecepatan download 26,74 Mbps dan kecepatan upload 12,98 Mbps.

Hasil Ookla Speedtest juga mengungkap Telkomsel mendapatkan skor video 69.92 poin dan pengalaman mobile gaming dengan skor 76,45 poin.

Saat ini, Telkomsel merupakan pengguna spektrum telekomunikasi terbesar di Indonesia. Total pelanggan Telkomsel tercatat lebih dari 158,3 juta. Perusahaan juga terus meningkatkan akses jaringan internetnya dengan menggelar lebih dari 183 ribu BTS 4G dari 233 ribu BTS mereka di Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Pembayar PNBP Telekomunikasi Terbesar

Bicara spektrum telekomunikasi, Telkomsel jadi wajib bayar BNPB BHP frekuensi terbesar di tahun 2022. PBNP telekomunikasi Telkomsel sendiri sebesar Rp 460 miliar, dari total PNBP yang disetor ke khas negara sebesar Rp 7,9 triliun.

Telkomsel sebelumnya juga jadi penyumbang pajak terbesar tahun 2022 di KPP Wajib Pajak Besar Empat dengan nilai Rp 18,1 triliun. Dengan begitu, Telkomsel jadi salah satu wajib pajak dengan kontribusi terbesar untuk Inodnesia melalui PNBB dan pajak dengan nilai lebih dari Rp 26 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.