Sukses

iPhone SE 4 Bakal Pakai Baterai Serupa dengan iPhone 14

iPhone SE 4 akan hadir dengan baterai Li-Ion yang sama dengan iPhone 14, layar OLED 6,1 inci, dan kamera 48 MP. Ponsel ini juga akan mendukung fitur Action Button dan port USB-C.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone SE 4 disebut-sebut akan debut di pasaran pada 2024, dan akan hadir dengan desain mirip iPhone 14.

Terkini, iPhone SE 4 bakal hadir dengan baterai yang Apple pakai untuk lini iPhone 14 mereka.

Informasi ini diungkap pertama kali oleh MacRumors, mengklaim prototipe iPhone SE 4 akan dilengkapi dengan baterai Li-Ion.

Mengutip GSM Arena, Senin (11/12/2023), baterai Li-Ion di iPhone SE 4 itu menggunakan kode A2863. Disebutkan, kode ini juga dipaki untuk iPhone 14 dan memiliki kapasitas 3,279 mAh.

Sumber anonim MacRumors mengklaim, dokumentasi desain internal iPhone SE 4 ini juga memperkuat rumor tersebut.

Bila memang benar, maka kapasitas baterai iPhone 4 SE ini lebih besar 1,261 mAh ketimbang daya di iPhone SE 3.

Perlu dicatat, informasi ini masih hanya sebatas unit pra-produksi dan ada kemungkinan Apple akan merubah keputusannya.

Sebelumnya, banyak pihak mengklaim iPhone SE 4 mengusung layar OLED buatan BOE. Ini akan menjadi pertama, karena seri SE sebelumnya hanya pakai panel LCD.

Tak hanya itu, bocoran informasi lain juga menyebutkan HP Apple ini juga akan hadir dengan fitur Action Button dan port USB-C.

iPhone SE 4 Hadir dengan Kamera 48 MP

Meskipun hanya memiliki satu kamera belakang, sensor 48 megapiksel diharapkan memberikan kemampuan merekam video 4K. 

Dengan layar OLED 6,1 inci dan baterai 3240 mAh, iPhone SE generasi terbaru ini diprediksi akan tampil lebih modern, baik dari sisi desain dan performa. 

Untuk spesifikasi, kemungkinan akan berbeda dari saat peluncuran. Namun ada harapan, ponsel ini akan dilengkapi dengan prosesor 4nm A16 Bionic, memberikan kinerja yang setara dengan iPhone 15. 

Meskipun demikian, pilihan antara A16 dan A15 mungkin tidak terlalu berdampak signifikan pada hasil akhir, mengingat pengguna iPhone ini keungkinan tidak terlalu memerlukan performa tinggi.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone SE 4 dan iPhone 16 Series Pakai Face ID

<p>Bocoran desain dan spesifikasi iPhone SE 4. (Doc: Jon Prosser x Ian Zelbo)</p>

Di sisi lain, rumor tentang Apple berencana untuk kembali menggunakan fitur Touch ID di sejumlah seri iPhone barunya memang sudah lama beredar di internet.

Terkini, sebuah laporan baru tentang iPhone 16 series atau iPhone SE generasi baru mendatang ramai menjadi perbincangan.

Laporan ini muncul di platform media sosial China, yaitu Weibo. Dilansir MacRumors, Jumat (24/11/2023), hardware Touch ID yang tersedia di pabrik hanya untuk iPhone SE (2022).

Disebutkan, Apple memilih untuk mengadopsi desain full-screen untuk generasi ke-4 iPhone SE atau iPhone SE 4 dengan Face ID, ketimbang menggunakan sensor Touch ID di bawah layar--seperti produsen Android sekarang.

Adapun sumber anonim tersebut memiliki rekam jejak bagus, terkait rumor tentang sejumlah berita hardware milik Apple sebelumnya.

Bila Apple memang berencana untuk "menghidupkan kembali" Touch ID, maka dapat dipastikan tidak dalam waktu dekat ini atau setidaknya terpasang di iPhone 16 series.

 

3 dari 4 halaman

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Akan Punya Layar Lebih Besar

Apple iPhone SE 4 Render. (Dok: GizmoChina)

Terlepas dari hal tersebut, banyak pengguna masih mendambakan pakai Touch ID dibandingkan Face ID dengan alasan dapat membuka iPhone tanpa harus lihat layar.

Sementara untuk iPhone SE 4, iPhone murah ini disebut-sebut akan tampil dengan desain dan sasis serupa dengan iPhone 14.

HP Apple ini juga akan menggunakan notch sama untuk tempat kamera selfie dan Face ID, alih-alih pakai Dynamic Island seperti iPhone 15.

Disebutkan, iPhone SE generasi keempat ini dijadwalkan akan diumumkan Apple pada 2025.

Lain dari pada itu, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max dikabarkan bakal memiliki layar lebih besar--6.27 inci dan 6.86 inci, dan menggunakan panel LTPO 120Hz.

Lalu bagaimana dengan varian iPhone 16 dan iPhone 16 Plus? Mengutip GSM Arena, Rabu (22/11/2023), kedua ponsel ini masing-masing menggunakan layar berukuran 6.12 inci dan 6.69 inci.

Kedua layar seri iPhone 16 ini sudah mendukung refresh rate 60Hz. Rumor ini diperkuat oleh cuitan leaker, Ross Young.

4 dari 4 halaman

iPhone 16 Series Pakai Layar Refresh Rate 60Hz

Apple luncurkan iPhone SE 2022 dengan kemampuan 5G. (Doc: Apple)

Bila kabar ini memang benar, maka model iPhone 16 dan 16 Plus akan masih menggunakan layar dengan kemampuan refresh rate 60Hz sama seperti iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

Dia mengatakan, Apple hanya akan menyematkan Pro Motion di model standar pada 2025. 

Kembali pada bocoran iPhone 16 series yang dijadwal meluncur tahun depan, Apple fanboy dapat berharap seluruh model iPhone baru itu hadir dengan Dynamic Island.

Sebelumnya, beredar rumor tentang  HP iPhone 16 bakal dilengkapi dengan tombol tambahan, selain volume, power, dan silent.

Kabar ini diungkap oleh leaker terpercaya dengan akun Weibo, yakni Instant Digital. Dia menyebutkan, ponsel penerus iPhone 15 series ini akan hadir dengan tombol tambahan.

Tidak hanya tombol, perusahaan berbasis di Cupertino itu juga akan mengubah letak antena mmWave ke sisi kiri ponsel iPhone 15 series--sebelumnya ada di kanan bodi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.