Sukses

AirPods Kamu Tak Bisa Dipakai, Yuk Coba 5 Cara Ini untuk Perbaiki

Kalau AirPods kamu tiba-tiba tak bisa dipakai atau tak keluarkan suara, kamu bisa coba 5 cara ini untuk memperbaikinya.

Liputan6.com, Jakarta Pengguna AirPods pernahkah saat kamu sedang mau memakainya untuk mendengarkan musik tapi tiba-tiba saja tak bisa dipakai?

Permasalahan AirPods pun bisa beragam, mulai kesulitan menghubungkan AirPods dengan pengisian daya, masalah dengan suaranya, atau masalah lain seperti salah satu AirPods tak mengeluarkan suara.

Kalau masalah-masalah di atas terjadi, kamu pun sebenarnya bisa mencoba memperbaiki AirPods sendiri dengan lima cara di bawah ini, mengutip 9to5Mac, Rabu (6/12/2023):

1. Cek ulang baterai AirPods dan casing

Kamu bisa mengecek kapasitas baterai AirPods kamu untuk memastikan bahwa perangkat ini memang seharusnya bisa berfungsi. Caranya?

Masukkan kedua AirPods ke dalam casing, lalu buka tutupnya di dekat iPhone untuk melihat status baterai

Jika baterai tak bisa diisi di dalam kotak, pastikan untuk bersihkan kotoran dan residu di bawah kotak tempat AirPods bersentuhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Cek apakah Bluetooth berfungsi

Pastikan untuk cek apakah Bluetooth di iPhone kamu sudah aktif. Caranya, di iPhone, buka Setting > Bluetooth > aktifkan Bluetooth hingga ikon berwarna hijau.

3. Bersihkan gril speaker dan mic

Kamu bisa membersihkan bagian AirPods menggunakan dengan kapas secara hati-hati

4. Reset AirPods kalau tak keluarkan suara

  • Masukkan AirPods ke charging case, tutup penutup casing dan biarkan hingga 30 detik.
  • Buka penutup casing. Lalu, di iPhone atau iPad buka aplikasi Settings.
  • Ketuk AirPods pada bagian atas
  • Usap layar arah bawah dan pilih Forget this device lalu ketuk untuk mengonfirmasi
  • Terus buka charging case, lalu tekan dan tahan tombol yang ada di bagian belakang casing hingga LED berkedip-kedip putih.

5. Cek Apple Support

Kalau masih bermasalah setelah AirPods direset dan gagal untuk re-pairing, coba hubungi Apple Support untuk melihat apakah kamu bisa mendapatkan bantuan baik via telepon atau langsung.

 

3 dari 4 halaman

Tak Sengaja Telan AirPods

Masih soal Airpods, sebelumnya seorang perempuan di Covington, Washinton, Amerika Serikat, akhirnya menemukan kembali Airpods Pro miliknya yang disangka telah hilang selama 9 jam terakhir.

Perempuan bernama Moe Kennedy ini harus menjalani endoskopi darurat untuk bisa mendapatkan kembali earphone besutan Apple tersebut.

Cerita ini terjadi pada 14 Juni lalu, di mana Moe Kennedy baru sadar dirinya secara tidak sengaja menelan salah satu unit AirPods Pro-nya saat sedang tidur.

Mengutip Apple Insider, Rabu (19/9/2023), sekitar pukul 3 pagi, Kennedy terbangun dengan perasaan tak nyaman karena dia menduga dirinya sudah menelan AirPods Pro-nya secara tidak sengaja.

Kennedy sempat berusaha memuntahkan AirPods tersebut, tetapi nyatanya perangkat itu tetap tak bisa keluar.

Setelah itu, ditemani sang ibunda, Kennedy memutuskan pergi ke ruang IGD rumah sakit untuk mengatasi masalahnya. Keduanya mendatangi Covington Medical Center untuk mengeluarkan AirPods tertelan tersebut.

Kisah ini diungkapkan sendiri oleh Moe Kennedy melalui akun TikToknya.

"Kalau kamu kehilangan sebuah AirPods dan kamu bertanya-tanya di mana, cobalah untuk melihat ke perut kamu, mungkin saja kamu telah menelannya seperti saya," kata Moe.

4 dari 4 halaman

Masih Bisa Terhubung Meski sudah di Perut

Ketika ia sampai di klinik tersebut, Kennedy lalu menjelaskan situasinya ke petugas medis. Paramedis pun terheran-heran dengan cerita itu. Mereka juga cukup terkejut karena AirPods tersebut masih bisa berfungsi.

Menurut cerita Kennedy, sang ibunda masih bisa menghubungkan AirPods Pro itu ke ponselnya. Bahkan, sang ibu bisa mendengar suara di perut putrinya dan ia tertawa karena hal itu.

Benar saja, setelah dilakukan prosedur CT scan, tim medis menemukan bahwa AirPods Pro tersebut telah bergerak dengan cepat ke perut dalam Kennedy dan terjebak di posisi yang sulit untuk dikeluarkan.

Tim medis pun berpendapat, ada kemungkinan untuk mengeluarkan benda kecil itu, perlu dilakukan prosedur operasi. Untuk menghindari hal ini, Kennedy pun dimasukkan ke ambulan lalu dibawa ke rumah sakit untuk melakukan endoskopi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.