Sukses

Dua Perempuan Indonesia Raih Prestasi Gemilang di Dunia Esports

Dua perempuan Indonesia, Diana Sutrisno dan Debora Imanuella, berbicara di IESF World Esports Summit 2023 dan mendapat penghargaan atas kiprahnya di bidang esports.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali menorehkan prestasi membanggakan di dunia esports. Dua perempuan Indonesia, Diana Sutrisno dan Debora Imanuella, berhasil menarik perhatian dunia dengan gagasan dan kiprahnya di bidang esports.

Seperti apa? Hadir di ajang IESF World Esports Summit 2023, Diana Sutrisno menyampaikan paparan inspiratif tentang strategi Indonesia dalam meraih juara umum pada IESF 14th World Esports Championships 2022 yang digelar di Bali.

Wakil Bendahara Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) sekaligus anggota dewan International Esports Federation (IESF) ini mengungkapkan, kunci keberhasilan Indonesia adalah persiapan intensif dan komprehensif.

"Selain itu, terlibat juga program-program pembinaan esports, seleksi nasional, pemusatan latihan nasional, dan berbagai unsur pendukung lainnya," katanya Diana, sebagaimana dikutip dari keterangan resminya, Sabtu (2/12/2023).

<p>Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Komunikasi PB ESI Debora Imanuella Terima Penghargaan Esports Hall of Fame Kategori Community Championship. (Doc: PB ESI)</p>

Diana juga menyatakan visi Indonesia untuk menjadi salah satu negara terkuat dan terunggul di dunia di bidang esports, serta misinya untuk menjadikan esports semakin inklusif.

"Contohnya adalah Liga Esports Nasional, kompetisi ini mampu menjangkau bibit-bibit esports unggul di seluruh Indonesia," jelasnya.

Debora Imanuella, Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Komunikasi PB ESI, juga mendapat penghargaan bergensi dari IESF, yaitu IESF Esports Hall of Fame untuk kategori Community Championship.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan dunia terhadap dedikasi, kerja keras, dan komitmen Debora dalam memberdayakan dan meningkatkan kompetensi ekosistem esports di Indonesia.

Debora juga dikenal sebagai Global Senior Vice President (SVP) UniPin dan Founder Luna Nera, dua entitas yang bergerak di bidang esports.

Dalam keterangan resmi yang sama, Debora menyatakan penghargaan ini ia persembahkan kepada seluruh komunitas esports di Indonesia, dan menjadi pemicu dirinya untuk terus berkontribusi bagi perkembangan esports Tanah Air.

"Saya harap prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi perempuan-perempuan Indonesia lainnya yang ingin berkarier di bidang esports," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Onic Kembali Raih Gelar Juara MPL ID S12

<p>Juara MPL Season 12 Onic Putuskan Mundur dari Turnamen MPLI 2023, Alasannya? (Doc: Instagram | Onic Esports)</p>

Di sisi lain, Onic memastikan diri kembali menjadi tim esports Mobile Legends: Bang Bang terbaik di Indonesia. Hal itu dipastikan usai tim tersebut berhasil mengalahkan Geek Fam di babak Grand Final MPL ID S12.

Tidak sekadar menjadi tim terbaik, kemenangan ini juga mencatatkan rekor tersendiri bagi Onic. Sebab, Onic kini menjadi tim MLBB pertama di Indonesia yang berhasil menjuarai MPL ID tiga kali berturut-turut.

Tim landak kuning ini merengkuh juara di MPL ID Season 10, Season 11, dan Season 12. Usai kemenangan ini, Onic pun akan mewakili Indonesia di gelaran M5 World Championship.

Sebagai informasi, M5 World Championship akan digelar pada Desember 2023. Filipina pun telah diumumkan akan menjadi tuan rumah kompetisi MLBB paling bergengsi tersebut.

Ini merupakan kali pertama Filipina menjadi tuan rumah untuk kompetisi M5, sama seperti Indonesia ketika menjadi tuan rumah gelaran M4 tahun lalu. Mengingat kompetisi akan digelar dalam beberapa bulan lagi, menarik untuk menunggu kiprah Onic di kompetisi tersebut.

Untuk diketahui, Onic berhasil memenangkan gelar juara MPL Season 12 setelah mengalahkan Geek Fam dengan skor 4-2. Tim tersebut tampil dominan sejak awal dan hanya memberi dua kemenangan di babak keempat dan kelima.

Pada babak pertama Grand Final MPL ID S12, tim esports Onic memanfaatkan efek snowballing di early game dengan mendapatkan first kill dan turtle atas Geek Fam.

Baloyskie, Nnael, Aboy, Markyyy, dan Luke tidak bisa menahan gempuran, sehingga sang landak kuning pun terus memimpin dari segi gold dan objektif. Kiboy dkk menutup babak pertama dalam waktu 15 menit. 

3 dari 4 halaman

Babak Kedua: Onic Kembali Mendominasi Sejak Early

<p>Onic Juara MPL ID S12, Pertahankan Title Raja Galaxy Tiga Kali Berturut-turut. (Doc: MPL Indonesia) </p>

Di babak selanjutnya, Onic kembali mendominasi sejak early game dengan mendapatkan first blood, dan melakukan pickoff terhadap pemain kunci Geek Fam.

Kiboy dkk juga unggul dalam team fight. Sementara itu, Geek Fam kesulitan merontokkan CW yang menjadi carry utama Onic. Onic pun menang di babak kedua dalam waktu 19 menit babak kedua Grand Final MPL ID S12 hari ini dimulai.

Babak Ketiga: Onic Bikin Geek Fam Kewalahan

Onic bikin Geek Fam kewalahan dengan draft sempurna. Kairi mendapatkan first blood dan terus mengganggu pergerakan Geek Fam.

Onic juga berhasil mengambil lord di menit ke-13 meski Luke dkk mencoba melakukan steal. Sang landak terus mendorong lane hingga berhasil menghancurkan base Geek Fam dalam waktu 16 menit.

Babak Empat: Geek Fam Bermain Agresif

Geek Fam bermain agresif dan berhasil mengimbangi Onic di early game. Markyyy dkk juga mendapatkan first kill dan turtle.

Pertandingan berjalan alot hingga late game tanpa ada tumbang. Baru di menit ke-13, Geek Fam akhirnya memecah kebuntuan dengan memenangkan team fight dan mengamankan kemenangan pertama mereka.

4 dari 4 halaman

Babak Kelima: Geek Fam Comeback dengan Sempurna

<p>Onic Juara MPL ID S12, Pertahankan Title Raja Galaxy Tiga Kali Berturut-turut. (Doc: MPL Indonesia)</p>

Geek Fam ID berhasil comeback dengan sempurna di babak kelima MPL ID S12 melawan Onic. Nnael dkk mampu bertahan dari tekanan Onic yang bermain agresif sejak awal.

Sanz dkk pun unggul dalam first blood, objektif, dan gold network, tetapi Geek Fam tidak menyerah. Baloyskie dkk mampu membalikkan keadaan dengan epic comeback di menit ke-19 dan mengamankan kemenangan.

Babak Keenam: Onic Pertahankan Title Raja Galaxy

Namun, comeback Geek Fam tidak cukup untuk menghentikan laju Onic kembali mendominasi di babak keenam.

Onic memastikan diri menjadi juara MPL ID S12 setelah mampu membuat Geek Fam tidak berkutik.

Butsss dkk menunjukkan permainan solid, kompak, dan cerdas dalam menghadapi Geek Fam. Onic menutup babak keenam dalam waktu 14 menit dan meraih gelar juara MPL ID untuk ketiga kalinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.