Sukses

Perusahaan Milik Samsung Harman Akuisisi Platform Musik Roon

Perusahaan milik Samsung Harman, mengumumkan bahwa mereka telah mengakusisi Roon, sebuah platform musik yang mampu terhubung dengan banyak perangkat.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics mengumumkan bahwa perusahaan mereka, Harman, telah mengakuisisi Roon, sebuah platform manajemen, penemuan, dan streaming musik.

Roon merupakan platform pemutar musik, yang memiliki antarmuka untuk menelusuri dan menemukan musik, serta kompatibel dengan hampir semua perangkat audio.

Mengutip laman resmi Samsung, Kamis (30/11/2023), Roon tersedia untuk semua sistem operasi populer, serta memproduksi serangkaian peralatan server perangkat keras yang disebut Nucleus.

Dikutip dari GSM Arena, Roon terkenal karena kegunaannya di banyak perangkat dan di banyak ruangan, terlepas dari apa pun mereknya.

"Di Harman kami sangat bangga dengan kemampuan kami dalam menciptakan pengalaman audio yang luar biasa bagi mitra dan konsumen kami di seluruh dunia," kata Dave Rogers, President, Lifestyle Division, Harman.

"Tim di Roon berbagi semangat kami dalam menghadirkan suara dan konektivitas luar biasa kepada pecinta musik saat mereka menelusuri, menemukan, dan mendengarkan di rumah dan di perjalanan," kata Rogers.

Roon nantinya akan beroperasi sebagai bisnis Harman yang berdiri sendiri, dengan tim yang sudah ada. Perusahaan mengatakan, seluruh operasional Roon akan tetap ada, dan bakal terus melayani serta mengembangkan komunitas mitra perangkat dan pelanggan.

Harman juga mengatakan mereka berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem perangkat terbuka Roon, yang mencakup kolaborasi dengan lebih dari 160 merek audio lain, menghadirkan audio ke lebih dari 1.000 perangkat berperforma tinggi.

Enno Vandermeer, CEO Roon menyambut baik bergabungnya mereka ke Harman.

"Dengan menggabungkan kekuatan dengan Harman, Roon memperoleh skala, sumber daya, dan jangkauan luar biasa dari pemimpin teknologi global, sekaligus mempertahankan kemandirian kami untuk berinvestasi dalam pertumbuhan dan masa depan bisnis," ujarnya.

Harman memiliki beberapa brand audio seperti AKG, dbx, JBL, dan Soundcraft yang sudah beroperasi secara global.

Harman sendiri menjadi bagian dari Samsung sejak tahun 2017, di mana berbagai pengetahuan dan inovasi perusahaan sudah diterapkan di berbagai earphone dan smartphone perusahaan asal Korea Selatan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Samsung Rilis One UI 6.0

Sebelumnya, jutaan pengguna perangkat Galaxy dari Samsung akan kebagian update sistem operasi baru One UI 6.0. Pembaruan sistem operasi baru ini telah digulirkan sejak akhir Oktober lalu.

Pihak Samsung diketahui sudah mulai menyebarkan update One UI 6.0 yang berbasis Android 14 pada perangkat Galaxy S23 series.

Mengutip Gizchina, Senin (27/11/2023), update One UI 6.0 akan secara bertahap diperluas ke perangkat Galaxy model lainnya.

Sebelumnya pada bulan Agustus lalu, Samsung telah menginisiasi program Beta Android 14-nya. Dalam waktu dua bulan, program Beta Android 14 ini telah berevolusi ke versi stabil dari One UI 6.0.

Selama periode waktu tersebut, sejumlah model perangkat Galaxy di pasar tertentu, baik itu kelas menengah atau flagship telah berkesempatan untuk menguji Android 14 melalui One UI 6.0.

Selanjutnya, Samsung berupaya mendistribusikan versi stabil dari One UI 6.0 untuk perangkat yang memenuhi syarat, dalam skala global.

Sebenarnya beberapa bulan lalu, telah beredar informasi mengenai sederetan perangat Galaxy yang memenuhi syarat untuk update versi Beta dan Stabil.

Demikian pula pelacakan berkelanjutan tengah dilakukan untuk memantau ketersediaan build Stabil untuk berbagai perangkat Samsung Galaxy.

 

3 dari 3 halaman

HP Samsung Galaxy yang Kebagian One UI 6.0

 

Berikut ini daftar smartphone dan tablet Galaxy milik Samsung, yang akan bisa melakukan update ke One UI 6.0 dan berbasis Android 14:

  • Galaxy S23
  • Galaxy S23 Plus
  • Galaxy S23 Ultra
  • Galaxy S23 FE
  • Galaxy S22
  • Galaxy S22 Plus
  • Galaxy S22 Ultra
  • Galaxy Z Fold 5
  • Galaxy Z Flip 5
  • Galaxy A73
  • Galaxy A54
  • Galaxy M53
  • Galaxy Tab S9
  • Galaxy Tab S9 Plus
  • Galaxy Tab S9 Ultra

Salah satu perubahan One UI 6 paling mencolok adalah desain baru yang lebih fresh. One UI berbasis Android 14 ini memiliki tampilan font default baru, ikon yang didesain ulang, label ikon yang disederhanakan, dan kemampuan penyesuaian jam di lockscreen. 

Lalu, Quick Panel yang memberikan akses cepat ke fungsi-fungsi penting, kini memiliki tata letak baru. Wi-Fi dan Bluetooth kini menempati posisi teratas, kemudian diikuti tombol cepat biasa, sedangkan pengatur kecerahannya dipindahkan ke bawah.

One UI 6 juga memperkenalkan Video Studio baru yang dapat diakses melalui aplikasi Galeri. Ini adalah editor video yang menawarkan berbagai pilihan pengeditan, meskipun saat ini terbatas pada resolusi FHD.

Di samping itu, inovasi lainnya adalah tampilan widget cuaca baru dan tampilan baru untuk Samsung Health (sebelumnya diperkenalkan dengan Android 13.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.