Sukses

Garmin Rilis Descent G1 Solar Ocean Edition, Ramah Lingkungan dan Cocok Dipakai Menyelam

Garmin menghadirkan Descent G1 Solar Ocean Edition dengan bahan daur ulang yang ramah lingkungan, serta cocok buat dipakai menyelam.

Liputan6.com, Jakarta - Garmin menghadirkan tiga perangkat smartwatch mereka, yang ditujukan buat mereka yang suka diving atau menyelam yaitu: Descent G1 Solar Ocean Edition, Descent Mk3 Series, dan Descent T2 Transceiver.

Menurut perusahaan, ketiga perangkat ini dirancang untuk penyelam dari berbagai tingkat kemahiran. Selain itu, "komputer selam" Garmin ini juga bisa dibawa olahraga lain seperti lari trail, renang, lari, bersepeda, mendaki, mendayung, ski, dan golf.

Untuk Descent G1 Solar Ocean Edition, hadir dengan perangkat yang ramah lingkungan, serta punya fitur-fitur yang mendukung pengalaman menyelam, serta untuk gaya hidup aktif sehari-hari.

Bagian housing, bezel, dan tombol dari smartwatch Garmin ini dibuat dari plastik daur ulang yang diperoleh dari laut.

Selain konstruksinya yang ramah lingkungan, Descent G1 Solar Ocean Edition juga dilengkapi dengan lensa pengisian daya tenaga surya.

Fitur tersebut memungkinkan penyelam menjelajah lebih lama dengan masa pakai baterai hingga 25 jam dalam mode selam, atau hingga 124 hari dalam mode smartwatch.

Sky Chen, Director of Garmin Southeast Asia, melalui siaran pers, dikutip Rabu (22/11/2023) mengatakan ini adalah produk pertama mereka dengan komponen yang terbuat dari plastik daur ulang.

"Pada Descent G1 Solar Ocean Edition, kami memanfaatkan material yang dulunya berisiko merusak habitat laut dan mengubahnya menjadi bagian-bagian untuk membantu menciptakan komputer selam ramah lingkungan yang dibuat untuk mengeksplorasi lautan," kata Chen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Proses Pembuatan Descent G1 Solar Ocean Edition

Setelah plastik dari laut dikumpulkan di sekitar perairan, plastik tersebut disortir, dibersihkan, dan dikeringkan. Plastik tersebut kemudian dilebur menjadi resin sebelum diperkuat dengan serat kaca dan diwarnai.

Kemudian bahan tersebut dibentuk untuk menciptakan bentuk housing jam tangan, bezel, dan tombol, lalu dipadukan dalam komputer selam yang kokoh dan ramah lingkungan yang dirancang untuk membantu pengguna menyelam.

Fitur-fitur lainnya di Descent G1 Solar Ocean Edition, di sini ada beberapa mode penyelaman untuk penyelaman single dan multiple gas (termasuk nitrox dan trimix), gauge, apnea, apnea hunter, dan closed-circuit rebreather. 

Pengguna pun bisa melacak titik masuk dan keluar penyelaman di permukaan dengan teknologi pemosisian multi-frekuensi, Multi-band GNSS. Dengan aplikasi Garmin Dive, pengguna juga bisa menyimpan dan meninjau data hingga 200 penyelaman untuk kemudian dibagikan di sana.

3 dari 5 halaman

Fitur-Fitur Descent G1 Solar Ocean Edition

Pengguna juga dapat menyesuaikan layar untuk memberikan data tambahan pada setiap mode penyelaman, serta menavigasi dengan mudah di bawah permukaan air menggunakan kompas selam 3 sumbu.

Dengan perangkat ini, dapat dilihat juga kondisi pasang surut terdekat langsung dari jam.

Ada juga fitur-fitur kebugaran seperti lebih dari 30 aplikasi olahraga bawaan, recovery time advisor, training status, saran olahraga harian, dan pelacakan pernapasan sepanjang hari.

Lalu ada skor tidur dan pemantauan tidur tingkat lanjut, detak jantung berbasis pergelangan tangan, pemantauan energi melalui Body Battery, dan pelacakan hidrasi. Pengguna juga dapat mengaktifkan fitur smart notificiation, serta deteksi insiden kecelakaan.

Selain itu, Garmin juga mengumumkan kehadiran Descent Mk3 Series dan Descent T2 Transceiver, dengan teknologi sonar SubWave yang telah ditingkatkan. Pembaruan ini akan menambahkan fitur pesan penyelam-ke-penyelam dan Diver Assistance ke tangki pemantauan tekanan.

 

4 dari 5 halaman

Luncurkan Juga Descent Mk3 Series

Descent Mk3 Series hadir dalam dua ukuran yaitu 43mm dan 51mm, di mana terdapat opsi integrasi udara, serta menampilkan layar sentuh AMOLED yang dinamis.

Perangkat ini juga punya casing khusus untuk menyelam hingga kedalaman 200 meter dengan logam anti bocor pada bagian tombol, dan masa pakai baterai hingga 48 jam dalam mode menyelam.

Descent Mk3i 51mm juga dilengkapi dengan LED flashlight internal untuk visibilitas lebih baik dalam kondisi cahaya redup, bahkan di bawah air.

Descent G1 Solar Ocean Edition sudah bisa dipesan dengan harga Rp 10.799.000, sementara Descent Mk3 Series tersedia dengan harga mulai dari Rp 19.999.000, dan Descent T2 Transceiver bisa didapatkan dengan harga Rp 8.399.000.

Garmin juga telah membuka pre order pada 15 November sampai 20 Desember 2023.

Di periode tersebut, konsumen yang memesan Descent G1 Solar - Ocean Edition dan Descent Mk3 Series akan mendapatkan Dry Bag Special Edition Garmin dan berkesempatan memenangkan undian Freediving Certification Level 1. Pemenang akan diumumkan pada Januari 2024.

5 dari 5 halaman

Infografis Indonesia Sumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Sejagat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.