Sukses

RSG Philippines Raih Gelar Juara MPLI 2023 Usai Kalahkan Echo di Final

RSG Philippines menjuarai MPLI 2023 setelah mengalahkan Echo di final. Tim ini menorehkan sejarah baru di turnamen MLBB internasional terbesar.

Liputan6.com, Jakarta - MPL Invitational atau MPLI 2023 baru saja menganugerahi juara baru mereka, yakni RSG Philippines usai mengalahkan Echo di babak final.

Di babak final MPLI 2023 all Philippines ini, RSG berhasil mengalahkan Echo dengan skor 3-1 lewat pertarungan berjalan sengit.

RSG Philippines menunjukkan mental juara dengan bangkit dari ketinggalan 1-1 dan mengamankan dua game berikutnya dengan dominan.

MPLI 2023 digelar secara offline di GBK Basketball Hall, Jakarta, Indonesia, pada 15-19 November 2023.

Turnamen ini diikuti oleh 16 tim esports MLBB internasional dari delapan wilayah dan negara bersaing memperebutkan hadiah total USD 100.000.

Tahun ini, MPLI 2023 menampilkan banyak hal baru, salah satunya penampilan perdana tim Mobile Legends asal China, yaitu Nova Esports.

“Turnamen ini memperkenalkan tim-tim dari wilayah dan negara baru yang mengguncang status quo MLBB kompetitif,” kata Carlos Alimurung, CEO ONE Esports, dalam keterangannya, Senin (20/11/2023).

RSG Philippines, Tim Penuh Kejutan

RSG Philippines merupakan tim penuh kejutan di MPLI 2023. Mereka berhasil lolos dari grup D diisi oleh tim-tim kuat seperti See You Soon, RRQ, dan Team Flash.

Selama babak grup, RSG Philippines tercatat tidak pernah kalah dan langsung memuncaki klasemen. Karena itu, mereka berhak masuk ke upper bracket saat babak playoff.

Di babak ini, RSG Philippines harus menelan kekalahan dari tim MLBB asal Filipina lainnya, yaitu AP Bren.

Meski harus berjuang dari bawah, RSG Philippines sukses melaju ke babak final usai membalaskan dendam mereka atas AP Bren di babak sebelumnya.

Di partai final, RSG Philippines berhadapan dengan Echo, juara MPL Filipina musim 11. Final MPLI 2023 berlangsung seru dan sengit.

RSG Philippines memenangkan game pertama dengan mudah, tetapi Echo membalas di game kedua dengan comeback spektakuler.

Game ketiga menjadi titik balik bagi RSG Philippines, berhasil menguasai jalannya pertandingan dan mengamankan kemenangan.

Game keempat menjadi penentuan bagi RSG Philippines, yang tidak memberi kesempatan bagi Echo untuk bangkit dan menutup pertandingan dengan skor 3-17 dan berhak menyandang title juara MPLI 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rebellion Zion Satu-Satunya Tim Indonesia di Playoff

<p>Hasil Drawing dan Jadwal MPLI 2023, Tim Esports MLBB Indonesia Berada di Grup Mana?. (Doc: ONE Esports)</p>

Tim-tim Mobile Legends asal Indonesia berguguran di babak penyisihan grup Mobile Legends: Bang Bang Professional League atau MPL Invitational 2023.

Kini, tersisa satu tim asal Indonesia, Rebellion Zion, yang lolos ke babak Playoffs, setelah menempati posisi dua klasemen Group C, berada di bawah Echo.

Sementara, Dewa United Esports, Geek Fam, RRQ, Evos Legends, dan Bigetron Alpha, gagal lolos ke babak Playoffs yang mulai digelar hari ini, Jumat (17/11/2023).

Di sisi lain, tim-tim asal Filipina berhasil lolos semuanya ke babak Playoffs, yaitu AP Bren, Blacklist International, RSG PH, dan Echo.

Rebellion Zion pun hanya punya satu nyawa di babak Playoffs ini, untuk melanjutkan perjalanan mereka di MPLI 2023. Tantangan juga semakin berat, karena yang mereka hadapi di Lower Bracket adalah Blacklist International dari Filipina.

Berikut ini hasil babak grup MPLI 2023 untuk hari Kamis, 16 November 2023, seperti dikutip dari akun Instagram One Esports ID:

Grup A

  • Nova vs TheOhioBrothers: 0-1
  • AP Bren vs Nova Esports: 1-0
  • TheOhioBrothers vs Dewa United Esports: 1-0

Grup B

  • Geek Fam vs Falcon: 0-1
  • Blacklist International vs Geek Fam: 1-0
  • Falcon vs Homebois: 0-1

Grup C

  • Evos Legends vs Bigetron Alpha: 1-0
  • Echo vs Evos Legends: 1-0
  • Bigetron Alpha vs Rebellion Zion: 0-1

Grup D

  • RRQ vs Team Flash: 1-0
  • See You Soon vs RRQ: 1-0
  • Team Flash vs RSG PH: 0-1
3 dari 4 halaman

Klasemen Akhir Babak Grup MPLI 2023

<p>MPLI 2023: Kapan, Dimana, dan Siapa Saja yang Akan Berlaga di Turnamen MLBB Internasional?. (Doc: One Esports)</p>

Klasemen Akhir Babak Grup MPLI 2023

Mengutip akun Instagram @mlbbesports_official, berikut ini klasemen akhir dari babak grup untuk MPL Invitational 2023:

Grup A

  1. AP Bren - 3 points
  2. The OhioBrothers - 2 points
  3. Dewa United Esports - 1 points
  4. Nova Esports - 0 points

Grup B

  1. HomeBois - 3 points
  2. Blacklist International - 2 points
  3. Falcon - 1 points
  4. Geek Fam - 0 points

Grup C

  1. Echo - 2 points
  2. Rebellion Zion - 2 points
  3. Evos Legends - 1 points
  4. Bigetron Alpha - 1 points

Grup D

  1. RSG PH - 3 points
  2. See You Soon - 2 points
  3. RRQ - 1 points
  4. Team Flash - 1 points

Tim yang berhak lolos ke babak Playoffs adalah dua tim yang menempati posisi teratas klasemen grupnya masing-masing, dengan posisi pertama akan bertanding di Playoffs dari Upper Bracket, sementara posisi dua bertanding dari Lower Bracket.

4 dari 4 halaman

M5 World Championship Bakal Digelar Usai MPLI 2023

M5 World Championship (YouTube Mobile Legends: Bang Bang)

Setelah MPLI 2023, M5 World Championship akan segera digelar pada 23 November 2023 hingga 17 Desember 2023, di mana turnamen esports Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) ini diawali fase Wildcard.

Dalam fase Wildcard M5 World Championship ini, 10 tim esports bertanding untuk memperebutkan delapan posisi teratas lolos ke fase Crossover Match pada 26 November 2023.

Setelah itu, pemenang dari masing-masing grup di Crossover Match maka berkesempatan melaju ke fase Group Stage M5 pada 2 Desember hingga 7 Desember 2023 mendatang.

Di sini, akan ada 16 tim terbagi ke dalam empat grup dengan mengusung pertandingan Single Round Robin dan konsep best of 3 (Bo3). Selama enam hari pertandingan, akan ada 2 tim esports tereliminasi dan tidak lolos ke fase Knockout Stage.

Pada fase ini, 8 tim tersisa bertanding dengan menggunakan sistem bracket. Seluruh pertarungan akan dimainkan menggunakan konsep best of 5 (Bo5), kecuali di babak Grand Final M5 World Championship.

Pada Grand Final, fans game mobile buatan Moonton ini akan menyaksikan dua tim terakhir bertanding dalam best of 7 (Bo7) untuk memperebutkan uang hadiah sebesar USD 900.000 USD atau sekitar Rp 14 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini