Sukses

Samsung Galaxy S24 Bakal Rilis Galaxy AI, Bisa Terjemahkan Telepon Secara Langsung

Samsung Galaxy S24 akan membawa fitur AI Live Translate Call yang merupakan bagian dari Galaxy AI, dimana memungkinkan terjemahan langsung dari panggilan telepon tanpa aplikasi pihak ketiga

Liputan6.com, Jakarta - Kabar terbaru datang dari seri smartphone flagship milik Samsung yang akan diluncurkan tahun depan, yakni Galaxy S24 series. Disebutkan, ponsel ini akan membawa sejumlah fitur canggih berbasis kecerdasan buatan (AI). 

Salah satu fitur unggulan HP ini adalah AI Live Translate Call, di mana memungkinkan terjemahan langsung dari panggilan telepon tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. 

Fitur ini terintegrasi ke dalam fitur panggilan bawaan, menyediakan audio dan terjemahan teks secara real-time saat berbicara dengan seseorang menggunakan bahasa berbeda.

Fitur AI Live Translate Call ini diharapkan menjadi bagian dari serangkaian fitur pintar yang akan dihadirkan oleh Galaxy AI pada awal tahun depan, dengan kemungkinan peluncuran bersamaan dengan Galaxy S24.

Menurut Samsung, fitur penerjemahan ini menjaga privasi pengguna dengan menyediakan terjemahan di perangkat, sehingga percakapan pribadi tidak keluar dari telepon. 

Perusahaan asal Korea Selatan ini juga menyebut Galaxy AI sebagai pengalaman kecerdasan buatan seluler komprehensif, dibangun dengan menggabungkan AI di perangkat Samsung dan AI berbasis cloud dari mitra-mitra perusahaan. 

Menurut laporan ZDNet, Minggu (12/11/2023), hal ini menunjukkan cara Samsung untuk memberikan solusi AI lebih terintegrasi dan memudahkan pengguna dalam berkomunikasi lintas bahasa.

Selain itu, produsen HP Android ini juga telah meluncurkan model AI generatif bernama Samsung Gauss, yang mencakup model bahasa, kode, dan gambar. 

Samsung Gauss diharapkan akan diterapkan pada berbagai produk Samsung di masa depan, menandai langkah maju perusahaan dalam menerapkan kecerdasan buatan di berbagai produknya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Samsung Galaxy S24 Bakal Jadi Ponsel AI Terpintar

Hal ini melanjutkan kabar sebelumnya mengenai seri Samsung Galaxy S24 yang akan menjadi ponsel kecerdasan buatan (AI) terpintar yang pernah ada. Dikutip dari GSM Arena, Rabu (1/11/2023), Samsung disebut ingin menyaingi fitur AI yang dimiliki oleh Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro baru-baru ini.

Rumor ini menyebutkan bahwa seri Galaxy S24 akan memiliki fitur serupa dengan ChatGPT dan Bard milik Google, memungkinkan pengguna untuk membuat konten dan cerita berdasarkan perintah yang diberikan layaknya chatbot AI pada umumnya.

Selain itu, Samsung juga merancang fitur AI tambahan, termasuk text-to-image Generative AI yang sudah dibahas dalam pengumuman chipset Exynos 2400. Fitur ini akan mendukung seri Galaxy S24 di beberapa pasar. 

Selain fitur generatif, fitur speech-to-text juga dikatakan akan mendapatkan peningkatan berupa bantuan AI di seri Galaxy S24 ini.

Mungkin yang paling mengejutkan dari semua ini adalah klaim bahwa Bixby, asisten virtual dari Samsung yang sebelumnya kurang diminati, akan memiliki percakapan yang lebih manusiawi dan makin cerdas. 

Ini menunjukkan Samsung mungkin memiliki rencana besar untuk menggabungkan berbagai kemampuan AI dalam Bixby, membawa pengalaman pengguna ke tingkat yang lebih tinggi.

Sebelumnya, Bixby mengadopsi AI pada beberapa fitur terbarunya. Salah satunya adalah fitur text calling berbasis AI, dan juga pemindaian suara Bixby yang dapat mencocokkan suara penggunanya.

Selain itu, Samsung juga kedapatan meningkatkan AI di sektor kamera mereka guna memperbanyak pilihan aksi yang dapat dilakukan oleh para pengguna HP Samsung. Samsung juga terus menginovasikan AI mereka di berbagai perangkat ekosistem lainnya.

 
3 dari 5 halaman

Galaxy S24 Ultra Akan Jadi HP Android Pertama Samsung dengan Bingkai Titanium

Tak hanya software, Galaxy S24 Ultra semakin ramai dibicarakan di internet terkait perangkat kerasnya. Terkini, Samsung disebutkan juga bakal memakai material titanium seperti iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Bocoran terbaru Galaxy S24 Ultra ini datang langsung dari Korea, di mana sumber anonim tersebut mengungkap informasi tentang penerus Galaxy S23 Ultra itu.

Mengutip GSM Arena, Senin (6/11/2023), HP Android ini akan menjadi ponsel pertama buatan Samsung yang menggunakan bingkai bodi titanium--seperti duo iPhone 15 Pro.

Tergantung dari respons pengguna saat Galaxy S24 Ultra ini meluncur di pasaran, Samsung disebut-sebut kemungkinan akan menggunakan konsep ini untuk model ponsel lainnya.

Rumor serupa tentang material HP Samsung terbaru ini sempat beredar di internet, namun pada Oktober 2023 menyebutkan Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra akan menggunakan bingkai titanium semua.

 

 
4 dari 5 halaman

Diluncurkan Awal 2024

Terlepas dari hal itu, kabar lain tentang ponsel baru Samsung ini juga beredar di internet menyebutkan, trio Galaxy S24 series akan debut pada 17 Januari 2024 mendatang.

Informasi ini diungkap oleh situs berita Biz SBS, dengan kabar ponsel baru Samsung ini akan diumumkan dalam acara Galaxy Unpacked 2024 di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Sebelumnya, leaker kenamaan Ice Universe juga berbagi informasi tentang acara tahunan Samsung ini.

Lewat postingan dia mengungkap, Samsung Galaxy Unpacked 2024 akan digelar pada 18 Januari tahun depan mendatang.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, perusahaan memang kerap kali menggelar acara peluncuran produk flagship mereka dua kali dalam setahun.

Pada tahun ini, Samsung tampaknya ingin memperkenalkan ponsel baru milik mereka lebih awal ketimbang dari jadwal tahun-tahun sebelumnya pada akhir Januari atau awal Februari.

 
5 dari 5 halaman

Infografis:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini