Sukses

Universitas Indonesia Uji Konsumsi Listrik Harian AC LG, Segini Hasilnya

Pengujian konsumsi listrik harian AC LG dipimpin oleh kepala UP2M DTE FTUI, Dr.-Ing. Budi Sudiarto, S.T., M.T.

Liputan6.com, Jakarta - Unit Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UP2M DTE FTUI), baru-baru ini melakukan pengujian terhadap konsumsi listrik AC LG DUALCOOL New Eco.

Pengujian yang dipimpin oleh kepala UP2M DTE FTUI, Dr.-Ing. Budi Sudiarto, S.T., M.T., menunjukkan AC kategori inverter tersebut terbukti memiliki konsumsi listrik harian dalam kisaran 1.04kWha untuk model dengan kapasitas pendinginan 1/2PK.

Dengan tarif listrik yang berlaku saat ini, konsumsi listrik tersebut dinilai sebanding dengan biaya rata-rata sebesar Rp 1.500.

Budi menuturkan pengujian AC LG ini menjadi contoh baik sebagai bentuk upaya tanggung jawab industri untuk memberikan informasi yang sebenarnya kepada masyarakat.

“Sebagai merek yang telah dikenal masyarakat luas, pengujian ini justru menjadi contoh baik sebagai bentuk upaya tanggung jawab industri untuk memberikan informasi yang sebenarnya kepada publik,” katanya, dikutip Sabtu (4/11/2023).

Pernyataan di atas terkait dengan semakin maraknya pemasaran berbagai perangkat elektronik, termasuk AC, dengan membawa jargon hemat energi.

“Seiring dengan gerakan hemat energi yang terus digaungkan pemerintah, sebuah pengujian dari lembaga independen diperlukan untuk menghindari klaim sepihak yang justru membingungkan masyarakat,” ucap Budi menegaskan.

Selain independensi yang terjaga, pengujian melalui lembaga pendidikan dengan reputasi tinggi yang dimiliki UI dianggap bakal memberikan tingkat kepercayaan lebih pada hasilnya.

“LG membangun reputasi di atas inovasi dan pengembangan teknologi. Bukan hanya klaim di atas kertas, namun dapat dibuktikan lewat hasil pengujian dari lembaga independen yang jelas,” kata Product Director of Air Solution at LG Electronics Indonesia, Mike Kim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Pengujian Selama Sebulan

Untuk mendapatkan perhitungan konsumsi energi harian yang benar-benar menggambarkan penggunaan masyarakat, pengujian dilakukan dalam rentang 1 bulan.

Sepanjang pengujian, tim penguji melakukan serangkaian skenario dan pemantauan pada AC yang diletakkan di ruang khusus dengan dimensi 7,75 meter persegi yang beroperasi 8 jam per hari.

Terkait hasil uji konsumsi energi harian yang rendah pada AC LG DUALCOOL New Eco, Abhinyano selaku Head of Product Marketing Air Solution at LG Electronics Indonesia, menyatakan hal ini tak lepas dari fitur Watt Control besutan LG.

Mengaktifkan fitur ini membuat pengguna dapat memilih empat opsi pengaturan konsumsi daya listrik AC. Mulai dari 100%, 80%, 60% dan dengan yang terendah mencapai 40% kebutuhan konsumsi listrik normalnya.

“Fitur pengaturan daya listrik ini memberikan kenyamanan pengguna karena bisa lebih menghemat listrik sesuai kebutuhan dengan tanpa mengorbankan kenyamanan,” klaim Abhinyano.

Ia mencontohkan, setidaknya penggunaan fitur untuk menurunkan tingkat kebutuhan daya listrik ini akan berguna pada dua kondisi berbeda.

Saat suhu lingkungan sekitar cenderung dingin seperti malam hari atau saat terdapat kebutuhan untuk menggunakan lebih banyak perangkat elektronik lain tanpa harus mematikan AC.

3 dari 4 halaman

Tingkat Kebisingan Rendah

Inovasi LG pada perangkat motor dan kompresor seri AC LG New Eco ini membuatnya memiliki tingkat kebisingan hanya mencapai 18 decibel.

Sebagai perbandingan, tingkat kebisingannya terhitung hanya separuh dari tingkat kebisingan sebuah ruang perpustakaan dalam kondisi tenang yang memiliki tingkat kebisingan rata-rata 36 decibel.

Meski minim bising, AC LG ini dirancang punya kemampuan tinggi dalam mendukung penjagaan kesehatan pengguna. Salah satunya melalui kelengkapan pre-filter yang bertugas menjebak partikel debu besar yang dapat dengan mudah dilepas pasang untuk pembersihan mandiri.

Terdapat fitur Auto Cleaning yang dapat melakukan pembersihan secara otomatis, bekerja dengan cara mengeringkan embun yang terdapat di dalam unit AC LG New Eco.

Selain menjaga performa kinerja, pengeringan embun ini memiliki manfaat untuk mencegah kemungkinan tumbuhnya jamur dan bakteri yang berpotensi mengganggu kesehatan pengguna saat tercampur bersama dalam sirkulasi udara.

4 dari 4 halaman

Infografis Penjelasan Cuaca Panas Melanda Wilayah Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini