Sukses

Kominfo: Media Harus Optimalkan SEO untuk Sampaikan Berita yang Relevan ke Masyarakat

Perlunya kolaborasi antara penulis, editor, dan ahli SEO di sebuah media dalam menciptakan konten berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Pengelolaan Media dari Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Nursodik Gunarjo, menyoroti pentingnya mengoptimalkan search engine optimization (SEO) dalam penyampaian konten (berita) yang relevan kepada masyarakat.

Ia menekankan, media perlu untuk menyajikan konten yang bermutu dengan cara menarik agar dapat bersaing di era digital.

"Kita dapat mengoptimalkan keberadaan SEO yang telah ada di depan mata kita selama ini untuk menyampaikan konten yang dimiliki kepada masyarakat," kata Nursodik dalam diskusi bertajuk 'Jarkom: Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom' di Bandung, belum lama ini.

Melalui keterangan resminya, dikutip Senin (23/10/2023), ia juga menyoroti pentingnya memahami aspek komunikasi publik di dunia maya, bukan hanya di dunia nyata.

Nursodik menekankan bahwa perlu menggabungkan berita yang berharga dengan presentasi menarik agar dapat dilirik pembaca dan mesin pencari.

Pada kesempatan yang sama, Pakar SEO Indah Fitrayani, menyoroti perlunya kolaborasi antara penulis, editor, dan ahli SEO dalam menciptakan konten berkualitas.

"Peranan tata letak dan informasi yang jelas dalam sebuah website, serta penggunaan media seperti gambar dan video untuk menjelaskan konsep-konsep yang kompleks adalah salah satu unsur utama dalam memastikan konten yang berkualitas dan menarik perhatian di dunia digital," ujar Indah.

Tak lupa, ia menyarakan para penulis serta editor untuk saling bersinergi dan mengoreksi satu sama lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hindari Duplikasi Konten

Sementara itu, Head of Performance Marketing Zeusx.com, Iqbal Sandira, memberikan wawasan mendalam mengenai faktor SEO dan user experience dalam mencapai kesuksesan.

Iqbal mengimbau agar media membuat konten yang berorientasi pada pengguna, bukan hanya pada situs web itu sendiri.

"Konten yang kita buat harus user sentris, bukan website sentris. Kita harus membuat konten yang sesuai dengan keinginan dan filosofi Google," ia mejelaskan.

Iqbal juga memberikan rekomendasi teknis, termasuk menghindari duplikasi konten, membuat situs lebih terpercaya di mata Google dengan mengubah nama domain, dan merancang alur konten yang tepat untuk meningkatkan traffic.

3 dari 3 halaman

Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini