Sukses

Cara Bikin Stiker Instagram Pakai Foto Sendiri

Meta mengumumkan kehadiran alat AI (kecerdasan buatan) untuk fitur pembuat stiker yang nantinya akan didukung oleh model bahasa besar (LLM) Meta, Llama 2.

Liputan6.com, Jakarta - Meta baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka menghadirkan alat AI (kecerdasan buatan) baru ke platform-nya, termasuk Instagram dan WhatsApp.

Alat tersebut mencakup fitur stiker AI. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuat stiker yang dipersonalisasi menggunakan perintah teks.

Dan saat ini, fitur pembuat stiker untuk Instagram sedang dalam tahap pegujian. Demikian sebagaimana dikutip dari India Today, Minggu (22/10/2023).

Sama seperti WhatsApp, fitur pembuat stiker di Instagram memungkinkan pengguna membuat dan berbagi stiker khusus dari foto. Saat ini fitur tersebut belum tersedia untuk semua pengguna. Meski demikian, diperkirakan akan diluncurkan secara bertahap.

Adapun untuk fitur stiker AI, alat tersebut akan tersedia pada pembaruan aplikasi di masa mendatang. Fitur ini nantinya akan didukung oleh model bahasa besar (LLM) Meta, Llama 2.

Stiker yang dihasilkan AI akan tersedia di Facebook Stories, Instagram Stories dan Direct Message, Messenger, dan WhatsApp. Dikabarkan, fitur ini akan diluncurkan untuk pengguna berbahasa Inggris tertentu pada bulan depan.

Meskipun fitur pembuat stiker baru ini belum tersedia, Tekno Liputan6.com membeberkan cara menggunakan fitur ini, mengutip dari India Today.

  • Buka aplikasi Instagram dan buat Story atau Reel baru.
  • Ketuk ikon stiker.
  • Pilih opsi stiker "Buat".
  • Pilih foto yang ingin digunakan untuk membuat stiker.
  • Gunakan jari untuk menelusuri bagian foto yang ingin  dijadikan stiker.
  • Setelah memilih bagian foto yang pas, ketuk tombol "Selesai".
  • Stiker buatanmu sekarang akan disimpan ke palet stiker. 
  • Pengguna dapat menggunakannya di Stories atau Reels

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Edit Foto

Sementara itu, selain pembuat stiker AI, pada acara Meta Connect, perusahaan juga mengumumkan alat AI generatif baru lainnya. Alat-alat ini memungkinkan pengguna untuk mengedit gambar dan membuat stiker menggunakan petunjuk teks. 

Pengeditan gambar AI akan tersedia di Instagram, dan stiker obrolan yang dihasilkan AI akan diluncurkan di Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Messenger.

Instagram akan menambahkan dua fitur pengeditan foto AI baru, yaitu Restyle dan BackdropRestyle akan memungkinkan pengguna mengubah gaya foto mereka dengan perintah teks, seperti "watercolour" atau "magazine collage".

Adapun fitur lainnya adalah fitur Backdrop. Fitur ini memungkinkan pengguna mengubah latar belakang foto dengan perintah teks, seperti "pantai pada saat matahari terbenam".

Restyle dan Backdrop menggunakan teknologi dari alat AI Meta bernama Emu, sedangkan Backdrop juga memanfaatkan pembelajaran dari Segment Anything Model dari Meta.

Mengutip laman resminya, Jumat (29/9/2023), Restyle memungkinkan pengguna Instagram mengimajinasikan ulang gambar dengan menerapkan gaya visual yang dia gambarkan.

Sementara, fitur Instagram Backdrop bisa mengubah latar belakang gambar pengguna. Di sini, cukup memasukkan perintah seperti "tempatkan saya di depan aurora borealis" atau "dikelilingi anak anjing", untuk membuat menampilkan latar gambar sesuai keinginan.

Meski begitu, Meta juga menjelaskan kalau gambar yang dibuat dengan gaya dan latar oleh kecerdasan buatan, nantinya akan mendapatkan penanda sehingga membedakannya dari buatan manusia.

3 dari 4 halaman

Instagram Uji Coba Close Friends untuk Feed

Sebelumnya, Instagram juga dikabarkan sedang melakukan peningkatan privasi pengguna dengan menghadirkan fitur Close Friends untuk postingan di feed. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengontrol siapa saja yang dapat melihat unggahannya.

Jika sebelumnya Instagram hanya menyediakan fitur Close Friends untuk Stories Instagram, kini perusahaan tengah berupaya melakukan peningkatan.

Dilansir Mirror, Kamis (14/9/2023), pakar media sosial Lia Haberman menulis di postingan X-rnya, perusahaan kini tengah melakukan uji coba fitur baru Instagram ini. 

"Pengguna Instagram tertentu sudah mulai dapat mengakses fitur Audiens baru memungkinkan mereka mengontrol dengan tepat siapa saja yang dapat melihat postingan mereka di feed Instagram," tulisnya.

Dilaporkan Tech Crunch, Meta telah mengonfirmasi kabar hadirnya fitur Close Friends postingan feed ini. 

"Kami sedang menguji kemampuan orang-orang di negara tertentu untuk berbagi postingan feed dengan teman dekat mereka. Kami selalu mencari cara baru bagi komunitas kami untuk mengekspresikan diri dan terhubung di Instagram," kata juru bicara Meta.

4 dari 4 halaman

Fitur Hapus Akun Threads Tanpa Lenyapkan Instagram Bakal Rilis Desember 2023

Di samping itu, Threads, media sosial buatan Meta yang terkoneksi dengan Instagram, sempat diprotes pengguna karena tidak punya fitur untuk menghapus akun, tanpa perlu menghapus akun Instagram.

Baru-baru ini, Meta mengungkapkan bahwa mereka tengah bersiap meluncurkan fitur hapus akun Threads tanpa hapus akun Instagram, yang direncanakan akan mulai bergulir pada bulan Desember 2023.

Michel Protti, chief privacy officer for product, Meta, dalam acara TechCrunch Disrupt mengatakan, pada awalnya perusahaan sudah banyak mempertimbangkan cara menangani permintaan penghapusan.

Namun ia menyebut, secara teknis sulit untuk memisahkan kedua akun tersebut saat Threads dirilis.

"Secara teknis, sangat sulit untuk mengizinkan penghapusan akun Threads terpisah tanpa menghapus akun Instagram Anda secara keseluruhan," kata Protti mengutip Tech Crunch, Senin (2/10/2023).

"Jadi kami memberikan perhatian khusus untuk memastikan pengguna masih dapat menggunakan hak penghapusannya, dengan menonaktifkan akun untuk menyembunyikan semua konten, menyetelnya ke pribadi, atau menghapus thread individual."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.