Sukses

Update iOS 17.1 Meluncur 24 Oktober 2023, Bawa Peningkatan Fitur dan Jawab Isu Radiasi di iPhone 12

Apple bakal meluncurkan update iOS 17.1 pada 24 Oktober 2023 yang menghadirkan beberapa perubahan fitur dan pengurangan radiasi di iPhone 12.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dilaporkan akan merilis update iOS 17.1 untuk publik pada 24 Oktober 2023. Informasi tersebut diumumkan di situs regulator Prancis ANFR sebagai bagian dari upaya Apple mengatasi tingkat radiasi di iPhone 12.

Tidak hanya itu, update ini juga juga membawa sejumlah perubahan lain yang sebelumnya sudah hadir di iOS 17. Termasuk pembaruan untuk aplikasi Apple Music, dukungan AirDrop melalui internet, serta opsi baru untuk melihat saldo bank dan kartu di aplikasi Wallet.

Mengutip dari MacRumors, Senin (16/10/2023), iOS 17.1 juga menghadirkan pembaruan untuk Dynamic Island, Reachability berlatar belakang hitam, album untuk photo shuffle di lockscreen, dan dukungan untuk kontroler Nintendo Switch N64.

Apple sendiri telah mengonfirmasi iOS 17.1 akan membawa perubahan kecil untuk menurunkan tingkat radiasi iPhone 12. Langkah ini sejalan dengan pelarangan penjualan iPhone 12 di Prancis pada bulan lalu, dan meminta Apple melakukan penyesuaian agar perangkat itu sesuai dengan standar radiasi elektromagnetik Eropa.

Untuk diketahui, iPhone memang memiliki fitur bawaan yang memungkinkannya meningkatkan daya pancar saat tidak dipegang di badan untuk mengoptimalkan kinerja seluler. 

Apple menuturkan, deteksi off-body telah diuji secara menyeluruh dan diverifikasi secara internasional sebagai mekanisme yang efektif untuk memenuhi persyaratan SAR.

Kendati demikian, iPhone‌ 12 kini telah dinyatakan aman untuk digunakan. Setelah pembaruan iOS 17.1, model ‌iPhone‌ 12 di Prancis tidak lagi meningkatkan daya pancarnya ketika kondisi off-body. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Update Software iPhone 12 di Prancis untuk Atasi Kekhawatiran Radiasi

Sebelumnya, berkaitan dengan kabar tingginya tingkat radiasi iPhone 12, pihak otoritas Prancis telah menerima pembaruan perangkat lunak dari Apple untuk iPhone 12. Kementerian digital Prancis melaporkan kepada Reuters, Rabu (27/9/2023), saat ini sedang dilakukan peninjauan ulang terkait solusi untuk masalah radiasi.

Apple berjanji memperbarui perangkat lunaknya untuk meredakan perselisihan mengenai tingkat radiasi dari iPhone 12.

Sebelumnya Prancis memutuskan untuk menghentikan penjualan ponsel tersebut pada awal September 2023 ini. Pasalnya, dalam pengujian terhadap ponsel tersebut, tim penguji di Prancis menemukan pelanggaran batas paparan radiasi.

Pemerintah Prancis juga sempat mengancam akan melakukan penarikan produk jika Apple menolak meng-update software iPhone 12.

Menanggapi hal tersebut, Apple sempat menyebut bahwa iPhone 12 telah memenuhi standar dalam hal radiasi. Perusahaan mengatakan bahwa iPhone 12 telah disertifikasi oleh beberapa badan internasional dan telah sesuai dengan standar global.

Namun pada 15 September 2023, Apple menyatakan bahwa pihaknya akan mengeluarkan update software bagi iPhone 12 untuk mengakomodasi metode pengujian yang digunakan di Prancis.

3 dari 4 halaman

iOS 17 Resmi Rilis untuk Para Pengguna

Perlu diketahui, Apple telah rilis iOS 17 pada Senin, 19 September 2023 kepada seluruh pengguna iPhone. Sebelumnya, pengguna dapat menggunakan versi beta dan mencoba berbagai fiturnya.

Mengutip informasi dari The Washington Post, Selasa (19/8/2023), ada beberapa fitur baru iOS 17 yang bisa dijajal oleh para pengguna iPhone.

Namun sebelum menjajalnya, kamu tentu perlu melakukan pembaruan lebih dulu. Untuk menginstal iOS 17, buka Pengaturan (Settings) → Umum (General) → Pembaruan Perangkat Lunak (Update Software).

Untuk hasil terbaik, pastikan perangkat kamu berada di jaringan WiFi, terisi daya, dan terhubung dengan charger. 

Setelah pembaruan diunduh, kamu harus menunggu beberapa saat hingga perangkat dimulai ulang. Jadi, pilih waktu yang tepat untuk memperbarui iOS atau saat kamu tidak perlu mengakses iPhone.

Berikut daftar fitur baru iOS 17.

  • Pesan Facetime dan transkip pesan suara
  • Mode StandBy
  • Menyaring gambar tidak pantas
  • NameDrop
4 dari 4 halaman

Jumlah iPhone yang Pakai iOS 17 Dinilai Masih Rendah

Di sisi lain, iOS 17.1 hampir dirilis dan Apple sudah sekitar tiga pekan meluncurkan sistem operasi iPhone terbarunya, iOS 17 untuk seluruh pengguna smartphone tersebut, tepatnya pada 18 September 2023.

Selain itu, Apple juga sudah meluncurkan tiga kali update buat iOS 17, untuk mengatasi beberapa permasalahan yang muncul pada perangkat lunak tersebut.

Meski begitu, sebuah data mengungkap masih rendahnya tingkat adopsi OS baru iPhone ini. Data dari Mixpanel menyebutkan, baru hampir 23 persen model iPhone yang telah menjalankan salah satu dari empat kali rilis pembaruan iOS 17.

Sebanyak 12,13 persen iPhone berjalan di iOS 17.0.2, sedangkan 6,84 persen telah mengunduh iOS 17.0.3, lalu 1,76 persen menggunakan iPhone dengan versi iOS 17.0.1, dan 2 persen yang tetap menggunakan iOS 17.

Mengutip Phone Arena, Senin (9/10/2023), angka-angka ini masih kurang dari sekitar 45 persen pengguna iPhone, yang telah memakai ponselnya dengan dua kali rilis terakhir iOS 16 yaitu 16.6.1 dan 16.7.

Tren ini sendiri dinilai lebih lambat jika dibandingkan dengan update iOS tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.