Sukses

X Alias Twitter Dituduh Lakukan Pemecatan Ilegal kepada Karyawan

Pemecatan yang dilakukan X (Twitter) kepada karyawan yang menolak kebijakan kembali bekerja ke kantor, dituduh sebagai tindakan ilegal.

Liputan6.com, Jakarta - Pemecatan yang dilakukan X alias Twitter terhadap seorang karyawan yang menolak kebijakan kembali bekerja ke kantor yang diberlakukan oleh Elon Musk tahun lalu, dituduh sebagai tindakan ilegal.

Dalam laporan Bloomberg yang merupakan pengaduan resmi pertama Dewan Hubungan Perburuhan Nasional (National Labor Relations Board/NLRB) terhadap X Corp., dewan buruh menuduh perusahaan tersebut melakukan pembalasan terhadap insinyur perangkat lunak Yao Yue karena berupaya mengorganisir pekerja setelah kebijakan baru itu.

Setelah Musk memberikan ultimatum kepada karyawan Twitter pada November 2022 untuk kembali ke kantor, Yue mendesak orang lain untuk tidak mengundurkan diri, melainkan “biarkan dia (Elon Musk) memecat Anda".

Musk pada saat itu mengatakan kepada karyawannya, “Jika Anda secara fisik dapat datang ke kantor dan tidak muncul, maka pengunduran diri diterima.”

Mengutip Engadget, Senin (16/10/2023), Yue dipecat lima hari setelah men-tweet tentang hal itu dan menulis postingan serupa di Slack.

Saat memberhentikannya, pengaduan yang diajukan oleh NLRB cabang San Francisco menuduh perusahaan tersebut melanggar undang-undang ketenagakerjaan federal dengan “mengganggu, menahan, dan memaksa karyawan” menjalankan hak-hak yang dilindungi.

Diwartakan CNBC, sidang terkait kasus ini dijadwalkan akan berlangsung pada 30 Januari 2023.

Keluhan resmi NLRB mungkin merupakan yang pertama bagi X, namun tuduhan pembalasan terhadap karyawan bukanlah hal baru bagi perusahaan yang dipimpin Musk.

Pada awal 2023, pekerja Tesla di Buffalo, New York, menuduh perusahaan tersebut memecat mereka karena berserikat, dan delapan karyawan SpaceX mengajukan keluhan ke NLRB pada tahun 2022 dengan mengklaim bahwa mereka dipecat karena mengkritik Elon Musk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

X Alias Twitter Luncurkan Format Iklan yang Tak Transparan

Aplikasi X atau Twitter dikabarkan telah memunculkan format iklan baru yang tidak transparan. Mashable melaporkan, dikutip Senin (9/10/2023), beberapa pengguna platform media sosial tersebut melihat jenis iklan baru di feed For You.

Iklan baru ini tidak mengizinkan pengguna menyukai atau me-retweet postingan iklan. Tidak hanya itu, format iklan baru ini juga tidak mengungkapkan siapa dalang di balik iklan tersebut.

Mashable telah mengkonfirmasi iklan-iklan ini menjalankan format baru yang hanya terdiri dari salinan teks tertulis, foto, dan avatar palsu yang tujuan utamanya adalah membuat iklan terlihat seperti tweet yang di-posting secara organik. 

Jenis konten yang dipromosikan dalam iklan terlihat konsisten dengan iklan dalam iklan "chumbox", yang mana iklan ini berisi spam dan berkualitas rendah.

Biasanya juga didefinisikan sebagai iklan clickbait yang ditemukan di bagian bawah postingan di situs konten farm--dipopulerkan oleh jaringan iklan asli seperti Taboola.

Pengguna yang telah melihat iklan X ini, diarahkan ke situs web pihak ketiga di jendela baru setelah mengeklik di mana pun dalam iklan. Termasuk saat mereka mencoba mengeklik avatar palsu.

Tidak ada postingan di aplikasi X untuk dibuka, juga tidak ada profil pengguna yang dilampirkan pada iklan untuk dikunjungi. Sejauh ini, iklan ditayangkan kepada pengguna dalam aplikasi seluler X. Tidak jelas apakah iklan tersebut juga berjalan di platform versi web. 

3 dari 5 halaman

X Beralih ke Chumbox di Tengah Penurunan Penjualan Iklan Langsung

Sejak akuisisi perusahaan oleh Elon Musk, aplikasi X telah berjuang untuk menarik pengiklan ke platform-nya. Separuh dari pengiklan terbesar di platform tersebut berhenti menayangkan iklan tak lama setelah pengambilalihan Musk. 

Selain itu, menurut laporan baru dari Media Matters For America, para pengiklan yang kembali lagi mengeluarkan biaya hingga 90 persen lebih sedikit untuk beriklan di X dibandingkan sebelum Musk mengakuisisi perusahaan tersebut. 

Laporan terbaru lainnya dari Reuters menemukan aplikasi X menghadapi penurunan pendapatan setiap bulan sejak Musk menjadi pemilik perusahaan.

Untuk membantu penurunan pendapatan iklan, X beralih bermitra dengan pihak ketiga dalam industri teknologi iklan untuk menjual inventaris iklan yang tersedia. Bulan lalu, Google mengumumkan akan bermitra dengan X untuk menjual iklan terprogram. 

Awal tahun ini, X juga bermitra dengan InMobi, sebuah perusahaan penjualan iklan terprogram yang berfokus pada seluler. Dengan demikian, pengguna kemungkinan besar melihat iklan ini karena X tidak lagi memiliki inventaris iklan langsung untuk menayangkan iklan tersebut. 

4 dari 5 halaman

Iklan Clickbait di Aplikasi X Tidak Dapat Dilaporkan

Biasanya, cara kerjanya iklan di platform X hanyalah postingan biasa yang dibayar pengiklan untuk ditampilkan kepada pengguna di feed, balasan, atau profil mereka. 

Namun, format iklan baru ini benar-benar mematahkan hal tersebut karena iklan ini secara teknis bukan postingan, meskipun terlihat seperti itu. Semua tombol keterlibatan pada iklan X baru ini sepenuhnya berwarna abu-abu. 

Misalnya, pengguna tidak dapat mengklik suka, me-retweet, atau membalas. Iklan ini tidak dapat diklik untuk membuka tampilan tweet lengkap seperti format iklan X lainnya. 

Format iklan X baru ini sama sekali tidak memiliki tombol ikon tiga titik yang biasanya ada di sisi kanan atas postingan dan iklan X. Pada postingan biasa, tombol tersebut memberi pengguna sejumlah opsi untuk melaporkan postingan dan membisukan atau memblokir akun.

Dan saat ini, pada iklan tersebut, tidak ada cara bagi pengguna untuk melaporkan atau memblokir jenis iklan yang ditayangkan kepada mereka.

5 dari 5 halaman

Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini