Sukses

Pengguna iPhone Keluhkan Baterai Makin Boros Usai Update iOS 17, Ini Penjelasannya

YouTuber teknologi, Marques Brownlee memberikan tanggapannya terhadap keluhan baterai iPhone boros setelah update iOS 17

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah merilis update iOS 17 untuk para pengguna. iOS terbaru ini hadir dengan beragam fitur baru, mulai dari peningkatan di fitur panggilan, Messages, FaceTime, AirDrop, dan deretan fitur lain sambil tetap mempertahankan antarmuka pengguna yang sudah dikenal.

Namun, baru sebentar iOS 17 rilis, sejumlah pengguna iPhone mengeluhkan kinerja baterai yang menurun usai software tersebut diinstal. Keluhan tersebut banyak dilayangkan di platform X atau yang dikenal dengan nama Twitter sebelumnya. 

Adapun masalah ini disebut banyak terjadi pada iPhone model lama. Secara teori, hal ini memang tidak terlalu mengherankan, mengingat update software besar-besaran tentu menutut lebih banyak daya untuk kebutuhan pemrosesan dan penyimpanan. 

Mengutip News18, Senin (2/10/2023), laman dukungan Apple pun dibanjiri keluhan mengenai daya tahan baterai yang berkurang dengan iOS 17. Karenanya, ada kemungkinan Apple akan mengatasi masalah ini dengan merilis iOS 17.1.

Beberapa pengguna yang mengeluhkan persoalan ini menuliskan, "Daya tahan baterai iphone 14 saya tiba-tiba berubah dari elit menjadi boros seperti orang gila." 

Lalu ada pula pengguna iPhone lain yang menuliskan, "Baterai iphone saya serendah kemauan saya untuk hidup.” 

Sementara ada pula pengguna yang berkomentar, "Ya Tuhan @Apple saya tahu iPhone 15 baru saja keluar tapi berhentilah bermain-main dengan daya tahan baterai saya”. 

Pengguna lain juga bertanya, “Bagaimana bisa turun 10% dalam 10 menit tanpa penggunaan?". Lalu pengguna lain juga mengeluhkan soal baterai iPhone yang cepat habis.

Ia menuliskan, "Memperbarui iPhone saya ke iOS 17 semalam dan benar saja, baterai saya terkuras habis setiap menitnya. Sesuatu yang bisa bertahan seharian hingga kemarin sekarang harus diisi ulang pada pukul 10 pagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjelasan Soal Baterai Boros Usai Update iOS 17

Menjawab keluhan tersebut, YouTube teknologi kenamaan, Marques Brownlee yang juga dikenal sebagai 'mkbhd', menjelaskan fenomena ini dalam sebuah video di Instagram. 

Dia menjelaskan, baterai secara alami mengalami degradasi dari waktu ke waktu, yang mengakibatkan penurunan kapasitas penggunaan. 

Menurutnya, Apple telah menurunkan frekuensi CPU untuk mencegah iPhone kehabisan daya secara tiba-tiba.

Jika pengguna terus menghadapi masalah terkait baterai, mereka dapat mengaktifkan opsi 'Peak Performance Capability', yang memungkinkan manajemen kinerja pada iPhone mereka.

Jadi, iOS akan secara dinamis mengatur kinerja maksimum CPU, GPU, dan komponen lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah mereka menarik lebih banyak daya daripada yang dapat disediakan baterai. 

Pada intinya, iPhone seharusnya tidak lagi kehabisa daya secara terduga, melainkan mungkin beroperasi lebih lambat dalam situasi tertentu.

Brownlee juga menjelaskan, masalah ini kemungkinan besar tidak terkait dengan pembaruan software. Sebab, fitur ini sudah ada di dalam sistem dan tidak dipengaruhi oleh pembaruan.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Baterai

Bagi kamu yang mengalami hal serupa, coba 10 tips ini untuk merawat baterai ponsel kamu:

Atur Kecerahan Layar

Menurunkan kecerahan layar Anda dapat mengurangi konsumsi daya yang signifikan. Gunakan otomatisasi atau atur manual sesuai kondisi cahaya.

Nonaktifkan Vibrasi

Getaran saat menerima pesan atau panggilan memakan daya yang cukup besar. Pertimbangkan untuk menonaktifkan fitur ini jika Anda dapat mengandalkan nada dering.

Hentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Pastikan aplikasi yang tidak Anda gunakan tidak berjalan di latar belakang. Tutup aplikasi yang tidak perlu untuk menghemat daya.

Perbarui Aplikasi dan Sistem Operasi

Pembaruan aplikasi dan sistem operasi seringkali mencakup perbaikan terkait daya. Pastikan perangkat Anda selalu diperbarui.

Matikan Sambungan yang Tidak Digunakan

Jika Anda tidak menggunakan Wi-Fi, Bluetooth, atau GPS, matikan fitur-fitur ini untuk menghindari konsumsi daya yang tidak perlu.

4 dari 4 halaman

Manfaatkan Spesifikasi HP-mu

Gunakan Mode Hemat Daya

Banyak ponsel memiliki mode hemat daya yang akan mengurangi kinerja perangkat untuk menghemat baterai saat daya rendah.

Pilih Wallpaper yang Gelap

Layar OLED atau AMOLED mengkonsumsi lebih sedikit daya ketika menampilkan gambar yang lebih gelap.

Hindari Suhu Ekstrem

Jangan biarkan ponsel Anda terlalu panas atau terlalu dingin, karena suhu ekstrem dapat merusak baterai.

Batasi Pemberitahuan

Hentikan pemberitahuan yang tidak perlu dari aplikasi. Penggunaan pemberitahuan yang bijak dapat mengurangi aktivitas baterai.

Pertimbangkan Baterai Eksternal 

Jika Anda sering dalam perjalanan dan tidak memiliki akses ke charger, power bank dapat menjadi solusi darurat yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.