Sukses

Jadwal dan Roster Timnas Esports Indonesia Dota 2 di Asian Games 2022 Hangzhou

Timnas Esports Indonesia Dota 2 siap berlaga di Asian Games 2022 Hangzhou. Simak jadwal lengkap, roster, dan lawan mereka di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas (Tim Nasional) esports Indonesia Dota 2 dipastikan bertanding pada ajang Asian Games ke-19 2022 yang berlangsung di China Hangzhou Esports Centre, Hangzhou, China.

Berdasarkan informasi Hangzhou Asian Games Organising Committee (HAGOC), 24 September hingga 2 Oktober 2023 terjadwal ada 7 game nomor esports yang akan dipertandingkan.

Adapun jadwal kategori esports yang saat ini sudah diumumkan adalah untuk nomor Dota 2, di mana rencana akan mulai fase grup pada 29 September 2023 nanti.

Anda dapat mengecek jadwal lengkap timnas esports Indonesia Dota 2 mulai bertanding di Asian Games 2023 Hangzhou, sebagaimana dikutip dari laman Instagram PB ESI, Kamis (14/9/2023).

Cek jadwal lengkap timnas esports Indonesia Dota 2 Asian Games 2022 Hangzhou

  • Grup Stage - 29 September
  • Quarter Final - 30 September
  • Semi Final - 1 Oktober
  • 3rd Final - 2 Oktober
  • Final - 2 Oktober

Sayangnya, hingga berita ini ditulis masih belum diketahui timnas esports Merah Putih masuk di grup berapa dan akan debut melawan negara mana.

Tim Liputan6.com akan meng-update secara berkala tentang tim Garuda Muda masuk di grup mana, lawan siapa, dan kapan akan bertanding.

Timnas esports Indonesia Dota 2 akan diwakili oleh para pemain profesional dan terbaik di Tanah Air.

Daftar lengkap roster timnas esports Indonesia Dota 2 untuk Asian Games 2023 Hangzhou:

  • Muhammad Rizky (inYourdreaM)
  • Daud Budiawan (db-)
  • Tri Kuncoro (Jhocam)
  • Randy Muhammad Sapoetra (Dreamocel)
  • Rizki Varizh (Varizh)
  • Syaid Muhammad Resky (womy)
  • Brizio Adi Putra Budiana (Hyde) - Coach

Jangan lupa untuk selalu memberikan dukungan terhadap timnas esports Indonesia di Asian Games 2022! #IndonesiaBisa #EsportsIndonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ini Roster Timnas Esports Indonesia yang Berlaga di Asian Games 2022 Hangzhou

Indonesia kembali mengirimkan sejumlah atlet esports Tanah Air untuk berlaga di Asian Games ke-19 atau Asian Games 2023 yang berlangsung di Hangzhou, Tiongkok pada akhir September 2023 ini.

Adapun, untuk empat nomor gim yang diikuti oleh Tim Nasional Esports Indonesia kali ini adalah Dota 2, PUBG Mobile, FIFA Online 4, dan Street Fighter V.

Melalui akun Instagram resminya, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) juga telah mengumumkan daftar atlet Timnas Esports Indonesia yang akan dikirim ke Asian Games Hangzhou bulan ini.

Roster Timnas Esports Indonesia Asian Games Hangzhou

Berikut ini daftar para atlet Timnas Esports Indonesia, yang akan bertanding di Asian Games Hangzhou, China pada September 2023.

Dota 2

  • Muhammad Rizky (inYourdreaM)
  • Daud Budiawan (db-)
  • Tri Kuncoro (Jhocam)
  • Randy Muhammad Sapoetra (Dreamocel)
  • Rizki Varizh (Varizh)
  • Syaid Muhammad Resky (womy)
  • Brizio Adi Putra Budiana (Hyde) - Coach

Street Fighter V

  • Christian Aron Jonathan (ArONEMANroe)
  • Bram Arman - Coach

PUBG Mobile

  • Alan Raynold Kumaseh (Satarr)
  • Fajar Okta Ramadhan (Okta)
  • Teuku Muhammad Kausar (Ponbit)
  • Vebryano Akbar Maulana (Vexxy)
  • Juventino Ryan Jeremy Rolos (Rosemary)
  • Bintang Prakoso Pramanenda (Kent) - Assistant Coach
  • Jendra Wahyudi (CapT) - Coach

FIFA Online 4

  • Mohammad Ega Rahmaditya (Eggsy)
  • Khairul Anam - Coach

Adapun, Asian Games 2022 Hangzhou sebelumnya punya rencana untuk mempertandingkan 8 game di cabang olahraga esports.

Ke-8 game untuk cabang olahraga esports adalah: FIFA Online 4, PUBG Mobile Asian Games Version, Arena of Valor Asian Games Version, Dota 2, League of Legends, Dream Three Kingdoms 2, Street Fighter V, dan Hearthstone.

 

3 dari 5 halaman

Hearthstone Dicoret dari Asian Games Hangzhou

Asian Games 2022 akan diselenggarakan di Hangzhou, Zhejiang, Tiongkok dari 10 hingga 25 September 2022.

Sayangnya, mengutip dari Olympics.com, Hearthstone dicoret dari daftar gim yang dipertandingkan, usai Blizzard Entertainment tidak melanjutkan kerja sama mereka dengan NetEase.

Tidak dilanjutkannya kemitraan ini pun membuat Blizzard menarik game-game mereka dari pasar China, mulai dari World of Warcraft, Overwatch 2, Diablo, dan Hearthstone.

Pencoretan ini juga telah disetujui oleh Olympic Council of Asia, berdasarkan pengajuan dari Hangzhou Asian Games Organizing Committee dan Asian Electronic Esports Federation pada Maret 2023 lalu.

Hearthstone sendiri merupakan game kartu online, yang digarap dan dirilis oleh Blizzard Entertainment, berdasarkan waralaba Heroes of Warcraft.

Asian Games 2023 bakal diselenggarakan pada 23 September sampai 8 Oktober 2023. Awalnya gelaran ini akan dilangsungkan pada tahun 2022, namun tertunda karena pandemi Covid-19.

4 dari 5 halaman

Indonesia Gagal Pertahankan Gelar Juara MLBB IESF

<p>Timnas MLBB Filipina Juara IESF 2023, Indonesia Gagal Pertahankan Gelar. (Doc: IESF)</p>

Sebelumnya, Tim nasional Filipina sukses menjuarai turnamen esports IESF 2023, di Iasi, Rumania, setelah mengalahkan timnas Indonesia di babak grand final MLBB.

Mengusung format best of 5 (Bo5), timnas Indonesia yang diwakili Vynnn, Super Kennn, Xorizo, Saken, dan Morenoo sempat unggul di babak pertama IESF 2023.

Sayangnya, mereka langsung dihajar habis-habisan tiga babak tiga babak sekaligus tanpa ampun oleh para pemain dari Filipina.

Diwakili Sayson, Unigo, Canon, Requitiano, dan Archangel, tim Filipina memang terlihat bermain lebih unggul dalam pemilihan hero. Pertarungan kedua tim di babak pertama berlangsung sengit, dengan pemain dari Indonesia dan Filipina saling berbalas poin.

Super Kennn dkk sempat tertinggal di awal, namun mampu membalikkan keadaan di mid game dengan permainan agresif.

Namun, tim berjuluk Negeri Lumpung Padi itu tidak menyerah dan berhasil mencuri lord evolved untuk mendorong ke arah base timnas Indonesia.

Akan tetapi, Vynnn dkk berhasil bertahan dan memukul balik Filipina. Momen penting terjadi saat kedua tim melakukan team fight di area lord.

Berusaha melakukan split push, timnas esports Indonesia memutuskan untuk memecah serangan dan pertahanan mereka. Alhasil, strategi tersebut berhasil.

Sukses menumbangkan tiga pemain Filipina, Saken dkk memanfaatkan momen dan sukses memenangkan babak pertama grand final MLBB IESF 2023 pada menit ke-29.

5 dari 5 halaman

Timnas Indonesia vs Filipina di Grand Final MLBB IESF 2023

<p>Timnas MLBB Filipina Juara IESF 2023, Indonesia Gagal Pertahankan Gelar. (Doc: IESF)</p>

Babak kedua dimulai dengan Indonesia mengambil first blood, di mana Saken dkk sukses menumbangkan Canon. Indonesia terus mengendalikan tempo permainan di early game, sementara Filipina lebih memilih untuk menginvasi area map Indonesia.

Sayson dkk tampil lebih baik. Lewat team fight mulus, tim Filipina sukses memenangkan duel dengan menumbangkan tiga pemaiin Indonesia berkat pilihan hero berkemampuan cc (crowd control).

Indonesia pun harus tunduk dari pemainan timnas Filipina lebih baik, dan mengamankan pertandingan kedua ini dari Morenoo dkk.

Babak ketiga menjadi titik balik bagi Filipina, yang berhasil menguasai permainan sejak awal. Unigo dkk mendapatkan first kill dan turtle, dan terus meninggalkan Indonesia dari segi kill dan gold.

Indonesia tidak dapat berbuat banyak, dan harus mengakui keunggulan Filipina yang memenangkan babak ketiga pada menit ke-15.

Seperti dua babak sebelumnya, Vynnn dkk ternyata tidak dapat berbuat banyak untuk men-counter derasnya serangan dari para pemain Filipina.

Sukses mengambil buff orange dari bawah hidung pemain Indonesia, Filipina terus menjaga alur permaianan di babak keempat ini dengan baik.

Filipina terus menekan garis pertahanan Indonesia, dan memimpin jauh dari hal objektif dan gold. Saken dkk kesulitan mengejar ketertinggalan dan harus merelakan gelar juara IESF 2023 untuk Filipina yang memenangkan babak keempat pada menit ke-13.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini