Sukses

Cara Pakai Fitur Shared Library di iPhone, Perlu Update ke iOS 16!

iOS 16.1 hingga yang terbaru menghadirkan fitur bernama Shared Library alias Perpusatakaan Bersama. Lewat fitur ini pengguna iPhone atau Apple bisa berbagi foto dan video melalui ekosistem cloud.

 

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna perangkat Apple, termasuk iPad, iPhone, dan komputer Mac yang telah memperbarui sistem operasinya ke versi baru, yakni iOS 16, bisa merasakan sebuah fitur yang memungkinkan iCloud Shared Photo Library. 

Fitur Shared Library ini memungkinkan pengguna hingga maksimal lima orang untuk berbagi foto dan video pada pustaka Photo melalui akun iCloud berbeda. 

Dengan begitu, semua orang bisa berkolaborasi di koleksi ini dan sama-sama menikmati memori dari foto atau video yang dibagikan bersama. 

Pengguna bisa membuat atau berpartisipasi dalam satu Shared Library dalam waktu bersamaan. 

Lewat Shared Library atau Perpusatakaan Bersama ini, semua peserta dapat melihat, menambahkan, mengedit, memfavoritkan, dan menambahkan foto dan video dari Shared Library. 

Setiap perubahan di Shared Library pun akan diselaraskan atau sinkronisasi ke perangkat semua orang.  

Ketika pengguna bergabung dalam Shared Library, iCloud akan mengenali database perpustakaan dan mengasosiasikan metadata serta menyimpannya selama 6 bulan. Hal ini dilakukan untuk menghadirkan transisi yang mulus konten kamu ke Perpustakaan Bersama. 

Kamu pengguna iPhone, iPad, atau Mac tapi belum tahu cara pakai fitur ini? Yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini, sebagaimana dikutip dari laman dukungan Apple, Kamis (14/9/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syarat Buat Bisa Pakai Fitur Shared Library di iPhone

Untuk menggunakan Shared Library, pastikan perangkat kamu, dalam hal ini iPhone atau iPad telah menggunakan sistem operasi iOS 16.1 atau iPadOS 16.1 maupun versi yang paling baru. 

Selanjutnya, jangan lupa juga untuk mengaktifkan iCloud Photos. 

Pengguna berusia di bawah 13 tahun hanya bisa bergabung atau membuat Shared Library dengan anggota keluarga mereka. 

  • Bagaimana caranya?
  • Masuk ke Setting > Photos lalu ketuk Shared Library
  • Pilih hingga lima orang untuk diundang, atau kamu bisa mengundang partisipan lain selanjutnya. 
  • Pilih foto-foto dan video yang ingin dipindahkan ke Shared Library, atau bisa memilih untuk memindahkan fotonya nanti. 
  • Lalu, ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk meninjau Shared Library yang sudah dibuat. Konfirmasi konten yang ingin dibagikan dan kamu bisa undang partisipan lainnya. 
3 dari 3 halaman

Cara Terima Undangan Gabung ke Shared Library Buatan Pengguna Lain

Sementara untuk bergabung dengan Shared Library yang telah dibuatkan orang lain, persyaratan di atas, yakni iOS 16.1 (atau yang lebih tinggi) juga berlaku. 

Adapun cara bergabung ke Shared Library adalah:

  • Buka undangan dari pembuat Perpustakaan. Atau bisa juga masuk ke Settings  > Photos. 
  • Ketuk Terima dan Lanjutkan.
  • Ikuti langkah yang ditampilkan di layar perangkat untuk memilih foto dan video yang ingin dipindahkan ke Shared Library, atau bisa juga memilih foto-fotonya nanti. 
  • Ikuti langkah selanjutnya di layar perangkat untuk meninjau konten-konten di Shared Library atau mengonfirmasi konten yang ingin dibagikan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.