Sukses

Beri Layanan Terbaik, Ini Langkah Solutif Lazada Untuk Pelanggannya

Lazada menghadirkan sejumlah langkah solutif bagi para pelanggannya. Lazada bukan sekadar menawarkan kemudahan dengan fitur yang ditawarkan, namun juga memberi kenyamanan untuk konsumennya.

Liputan6.com, Jakarta Lazada merupakan pionir platform e-commerce di Indonesia yang berkomitmen memberikan layanan pelanggan terbaik bagi para pelanggannya. Lazada berkomitmen #MendengarLebihBaik #TenangPastiSelesai dengan memastikan para pelanggannya mendapatkan pengalaman berbelanja yang mudah dan nyaman. 

Direktur Eksekutif Lazada Indonesia, Ferry Kusnowo mengatakan bahwa Lazada selalu mengutamakan layanan terbaik untuk para pelanggan di dalam ekosistem e-commerce yang aman dan nyaman. Maka dari itu, lanjut Ferry, Lazada terus meningkatkan layanan terbaik bagi para pelanggannya. 

"Salah satu upaya kami adalah dengan mendedikasikan karyawan Customer Care yang responsif dan profesional untuk menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat dan efisien, sehingga bisa menciptakan lingkungan berbelanja yang memberikan pengalaman Belanja 100% Hepi di Lazada, dengan beragam pilihan produk yang murah dan berkualitas, hingga pengiriman barang yang cepat dan gratis ongkir," ujar Ferry. 

Selain itu, untuk memastikan setiap kekhawatiran pelanggannya didengarkan dengan cermat, Lazada juga mengambil langkah solutif, dengan membangun ekosistem digital berkualitas sebagai bagian dari peningkatan layanannya. Ya, para pelanggan Lazada bisa mendapatkan informasi dan berbelanja dengan cepat dan nyaman, melalui berbagai saluran komunikasi di Lazada, seperti: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Customer Lazada Engagement Officer (CLEO)

Layanan pelanggan berbentuk chat telah menjadi bagian penting dalam platform e-commerce. Lazada pun mengoptimalkan layanan dan memberikan respon yang cepat dan tepat, serta memberikan kepuasan bagi pelanggannya. Ya, Lazada berinovasi dengan menciptakan layanan konsumen berupa chatbot (CLEO). Fitur CLEO membantu menjawab pertanyaan konsumen selama 24/7. 

 

3 dari 5 halaman

2. Lazada IM Shop Assistant (LISA)

Selain CLEO, Lazada juga menghadirkan chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI), untuk memudahkan penjual berinteraksi dengan para pelanggan, membantu performa toko, dan memberikan pengalaman pelanggan yang memuaskan.

Adalah LISA yang mempermudah penjual untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan cepat kapanpun. Fitur LISA membantu para penjual mengelola toko menjadi lebih efisien, khususnya saat periode kampanye atau promosi. 

Selain itu, fitur LISA akan secara otomatis merespon pelanggan dengan menganalisis pertanyaan dan membantu memprediksi sesuai konteks yang ditanyakan oleh pelanggan. Apabila ada pertanyaan yang lebih kompleks atau unik, fitur ini akan mengalihkan ke admin toko. 

Asisten toko virtual ini juga membantu memeriksa ketersediaan barang saat pelanggan chat ke toko langganan kapanpun. Menurut Ferry, fitur LISA membantu penjual memberikan layanan terbaik bagi pelanggan sembari memastikan kelancaran pemenuhan pesanan. 

"Kami yakin fitur ini bisa menjadi salah satu solusi bagi para penjual untuk efisiensi operasional toko dan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pelanggan."

4 dari 5 halaman

3. LazzieChat

LazzieChat adalah chatbot e-commerce berbasis kecerdasan buatan (AI) yang memberikan pengalaman belanja berbeda dan pertama di Asia Tenggara, dengan dukungan ChatGPT OpenAI dalam Azure OpenAI Service. Chatbot ini dapat menjawab pertanyaan soal berbelanja dari pengguna di platform Lazada untuk memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan, seru, dan personal. 

LazzieChat dapat diakses dengan menggeser ke bawah halaman beranda aplikasi Lazada. LazzieChat sangat berguna, terutama untuk kategori produk fast-moving (FMCG) seperti fesyen dan kecantikan yang termasuk dalam produk yang paling banyak terjual di Lazada. 

Menariknya lagi, brand dan penjual di platform Lazada juga dapat memanfaatkan LazzieChat untuk meningkatkan visibilitas produk. LazzieChat juga siap membantu kapanpun dibutuhkan pelanggan, dimana teknologi ini dapat memahami dan menanggapi pertanyaan dengan cara yang natural, serta menyarankan produk atau topik yang relevan yang mungkin menarik bagi pengguna. 

Selain itu, teknologi ini juga dapat mencari deskripsi produk dan memberikan tautan produk yang tersedia di Lazada langsung di konsol chat, sehingga pengguna bisa mendapatkan informasi dan berbelanja dengan cepat dan nyaman.

5 dari 5 halaman

4. Fitur Berubah Pikiran

Jika kamu sebagai pelanggan ingin mengembalikan barang karena berubah pikiran, tenang, Lazada pun menghadirkan solusinya. Jadi, untuk memudahkan pelanggannya, Lazada memiliki fitur Berubah Pikiran di aplikasi, bagi pelanggan yang ingin mengajukan pengembalian barang. 

Saat proses pengembalian barang pun, pelanggan tidak dikenakan biaya alias akan mendapatkan gratis biaya pengembalian barang. Selain itu melalui fitur ini, pelanggan akan dapat menikmati jaminan 100% uang kembali apabila mereka merasa tidak puas atau merasa barang yang diterima tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Nah, kamu dapat mengembalikan barang, jika belum membuka kemasan produk atau barang atau sesuai dengan ketentuan pada masing-masing kategori. Untuk kemasan yang dimaksud adalah kemasan asli seperti kotak ponsel, dan bukan kemasan kurir.

Nah itulah cara Lazada menghadirkan sejumlah langkah solutif bagi para pelanggannya. Lazada bukan sekadar menawarkan kemudahan dengan fitur yang ditawarkan, namun juga memberi kenyamanan untuk konsumennya. Lagi-lagi, langkah tersebut dilakukan Lazada untuk menciptakan lingkungan berbelanja yang memberikan pengalaman Belanja 100% Hepi di Lazada. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini