Sukses

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Jika Tak Bisa Posting di Instagram

Hal-hal yang perlu kamu lakukan dan kamu periksa jika tidak bisa membuat postingan di Instagram.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki momen menyenangkan bersama keluarga atau teman tentu rasanya sayang sekali jika tidak diabadikan dan dibagikan ke media sosial, terutama Instagram.

Namun, beberapa kendala atau kesalahan Instagram (Instagram error) sering kali membuat kesenangan ini sedikit terganggu. Pesan kesalahan Instagram, seperti "Coba lagi nanti" atau "Tindakan diblokir" yang muncul bisa saja terjadi karena kemungkinan-kemungkinan berikut.

Dilansir Online Tech Tips, Minggu (16/9/2023), alasan paling umum mengapa beberapa pengguna Instagram tidak dapat mengunggah postingan mereka adalah koneksi internet yang buruk.

Tidak hanya itu, permasalahan tersebut juga bisa terjadi karena 10 hal ini.

  1. Postingan yang melanggar pedoman komunitas Instagram.
  2. Akun Instagram dinonaktifkan, diblokir, atau diblokir sementara.
  3. Aplikasi Instagram yang sudah usang.
  4. Cache Instagram penuh.
  5. File yang akan diposting berukuran terlalu besar.
  6. Penghemat data diaktifkan.
  7. Mode hemat baterai diaktifkan.
  8. Penggunaan aplikasi pihak ketiga yang tidak kompatibel untuk memposting di Instagram.
  9. Menggunakan VPN atau Proxy.
  10. Instagram down.

Untuk mengatasi masalah tidak dapat membuat postingan Instagram, lakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasinya.

1. Periksa koneksi internet kamu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa koneksi internet. Pastikan koneksi internet kamu stabil, apalagi jika foto atau video yang kamu posting berkualitas tinggi.

Kamu juga bisa setel ulang router Wi-Fi atau koneksi jaringan di perangkat kamu jika koneksi internet tidak stabil. Nyalakan kemudian matikan mode pesawat di Hp kamu untuk mengatur ulang jaringan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Restart Smartphone kamu

Smartphone akan rentan mengalami bug jika digunakan secara terus-menerus. Oleh karena itu, me-restart Hp kamu bisa mengatasi banyak permasalahan yang dialami, salah satunya masalah tidak bisa memposting di Instagram ini.

3. Hapus cache Instagram

Setiap kali kamu menggunakan Instagram, memori cache akan menumpuk di latar belakang.

Meskipun file cache yang tersimpan di ponsel dapat membantu meluncurkan dan menampilkan aplikasi dengan cepat, tetapi folder cache yang sudah terlalu penuh dapat memengaruhi cara kerja aplikasi.

Tidak hanya itu, bisa jadi pula ada file rusak yang tersimpan di dalam folder, sehingga mencegah kamu memposting di Instagram. Jadi, kamu perlu membersihkan cache Instagram kamu.

Untuk menghapus cache, buka Settings kemudian ketuk Apps. Pilih aplikasi Instagram, lalu buka Storage dan ketuk Clear cache. Setelah selesai, coba untuk untuk mengunggah ulang postingan kamu di Instagram.

 

3 dari 4 halaman

4. Memperkecil ukuran foto dan video yang akan diunggah

Instagram memberikan batasan ukuran file foto dan video yang dapat diunggah. Jadi, sebelum mengunggah, pastikan ukuran foto atau video kamu sesuai dengan kapasitas Instagram.

Berikut ukuran foto yang direkomendasikan oleh Instagram.

  • Foto persegi: 1080 piksel X 1080 piksel, rasio aspek 1:1.
  • Foto lanskap: 1080 piksel X 566 piksel, rasio aspek 1,91:1.
  • Foto vertikal: 1080 piksel X 1350 piksel, rasio aspek 4:5.

Adapun untuk postingan berupa video, kamu hanya dapat memposting video dengan durasi tidak lebih dari 60 detik. Berikut ukuran dan resolusi video yang direkomendasikan oleh Instagram.

  • Rasio aspek 1,91:1.
  • Video horizontal harus berukuran 16:9.
  • Ukuran video tidak lebih dari 4GB.
4 dari 4 halaman

5. Periksa kembali izin aplikasi 

Saat pertama kali kamu menginstal kemudian menjalankan aplikasi instagram, biasanya kamu diminta untuk memberikan izin tertentu. 

Untuk memastikan apakah ada izin yang terlewat, buka Settings kemudian ketuk Apps. Pilih aplikasi Instagram dan ketuk Permissions. Izin ini meliputi izin kamera, kontak, notifikasi, foto dan video.

Ketuk Camera dan pastikan opsi Allow only while using the app dicentang. Setelah itu kembali dan pilih Photos and Videos, pastikan juga opsi Allow sudah dicentang.

Selain melakukan cara-cara di atas, hal yang tidak bisa kamu lupakan adalah memastikan kalau foto atau video unggahan kamu tidak melanggar kebijakan Instagram.

Instagram memiliki bot yang secara otomatis memeriksa apakah konten yang kamu unggah berisi materi sensitif. Jika iya, maka Instagram tidak akan mengizinkan kamu mempostingnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini