Sukses

7 Trik Kustomisasi Tab Google Chrome, Akses Internet Makin Mudah dan Cepat

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara melakukan kustomisasi dan membuat pintasan di Google Chrome.

Liputan6.com, Jakarta - Google Chrome sejauh ini disebut sebagai salah satu browser internet yang paling banyak digunakan di dunia. Chrome merupakan salah satu browser dengan fitur yang paling rumit dan serbaguna-beberapa di antaranya sering luput dari perhatian.

Jika kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang yang sering menggunakan Google Chrome, kamu pasti ingin mengetahui tips dan trik untuk menggunakan tab.

Tips dan trik ini akan membuat pengalaman menjelajah kamu menjadi lebih menyenangkan dan menarik! Untuk mengetahuinya, simak informasi lengkapnya seperti dikutip dari HowToGeek, Senin (11/9/2023). 

1. Membuat dan Mengelola Grup Tab

Buka tab baru dan klik kanan untuk membuka menu pop-up. Di bagian atas menu pop-up ini, kamu akan melihat opsi untuk "Tambahkan Tab ke Grup Baru." Memilih opsi ini akan membuat Grup Tab Chrome. 

Setelah kamu membuat Grup Tab Chrome, kamu akan melihat ikon titik kecil di sebelah kiri. Klik kanan ikon tersebut untuk memilih warna dan nama.

Jika kamu menggunakan beberapa Grup Tab Chrome, hal ini akan memudahkan kamu untuk mengaturnya. Kamu dapat menambahkan lebih banyak tab ke grup ini dengan mengeklik kanan tab yang diinginkan dan memilih "Tambahkan Tab ke Grup" atau dengan menyeret tab ke grup yang dibuat.

Untuk menutup grup tab, cukup klik ikonnya, dan untuk membukanya kembali, klik sekali lagi. Jika kamu ingin menghapus tab dari grup, klik kanan tab tersebut dan pilih opsi "Hapus Dari Grup" dari menu pop-up.

Setelah kamu selesai dengan grup tab, klik ikonnya dan pilih "Pisahkan Grup" atau "Tutup".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buat Browsermu Warna Warni

2. Kustomisasi Tab Chrome Kamu

Di tab baru, lihat sudut kanan bawah untuk menemukan tombol "Kustomisasi Chrome". Setelah kamu mengkliknya, sebuah menu vertikal akan muncul di sisi kanan jendela kamu.

Di sini, kamu dapat memilih skema warna baru untuk tab kamu (kadang-kadang dikenal sebagai "Colorway").

Nantinya, tema yang menampilkan foto atau karya seni beresolusi tinggi, opsi untuk mengaktifkan pintasan tab baru, dan kemampuan untuk mengubah pintasan tab baru tersebut menjadi pintasan yang kamu pilih sendiri atau mengaturnya untuk situs yang paling sering kamu kunjungi.

3. Simpan Tab Google Chrome untuk Nanti

Gunakan pintasan Ctrl+Shift+D pada Windows, Linux, dan Chrome OS, serta Cmd+Shift+D pada Mac untuk membuat penanda.

Ketika kamu melakukannya, Google Chrome akan membuat folder praktis untuk mereka-yang dapat kamu beri nama sebelum menekan tombol "Simpan" berwarna biru di bagian kanan bawah jendela pembuatan folder.

Untuk menemukan semua bookmark yang tersimpan, klik tombol tiga titik di kanan atas jendela kamu (tepat di bawah tombol "X" yang menutup jendela), dan kamu akan melihat opsi "Bookmark". Arahkan kursor ke "Bookmark" untuk melihat apa yang telah kamu simpan di sini serta untuk mengakses "Bookmark Manager."

 

3 dari 4 halaman

Pintasan Mengganti Tab

4. Pintasan Beralih Tab Saat Berada di Layar Penuh

  • Ctrl/Cmd+1-8: Untuk berpindah di antara delapan tab pertama yang kamu buka. Penomoran dimulai dari sisi kiri-tab paling kiri adalah #1
  • Ctrl/Cmd+9: Jika kamu membuka lebih dari delapan tab sekaligus, gunakan pintasan ini untuk beralih ke tab paling kanan yang sedang dibuka
  • Ctrl+Page Down/Tab atau Cmd+Option+Panah Kanan: Gunakan salah satu dari ini untuk membuka tab di sebelah kiri tab yang sedang kamu buka
  • Ctrl+Page Up/Shift+Tab atau Cmd+Option+ Panah Kiri: Kebalikan dari pintasan yang disebutkan di atas, pintasan ini memungkinkan kamu membuka tab di sebelah kanan tab yang sedang kamu gunakan.

5. Cari Tab

Dengan mengeklik panah kecil yang mengarah ke bawah di sebelah tombol memperkecil jendela di Chrome, kamu dapat membuka menu praktis yang menampilkan media audio dan video yang sedang diputar, tab yang sedang dibuka, dan tab yang baru saja ditutup.

Melalui menu ini, kamu dapat dengan cepat menavigasi ke salah satu opsi yang disebutkan di atas.

Jika kamu membuka banyak tab serupa-seperti beberapa tab YouTube, Liputan6.com, atau Google, menu ini memungkinkan kamu melihat detail setiap tab sehingga kamu dapat melompat ke tab tersebut dengan cepat dan efisien.

4 dari 4 halaman

Hapus dan Kemballikan Tab

6. Menutup Semua Tab dengan Cepat 

Tekan pintasan keyboard berikut ini di Windows, Linux, dan Chrome OS: Ctrl+W (Cmd+W pada Mac). Jika kamu lebih cepat menggunakan mouse daripada keyboard, kamu juga dapat menutup tab dengan mengklik tengah (yaitu, jika mouse kamu memiliki tombol tengah).

Atau, jika banyak sekali tab harus segera kamu tutup, kamu dapat menggunakan Ctrl+Shift+W untuk menutup semua tab yang terbuka di jendela pada Windows, Linux, dan Chrome OS (Option+Cmd+W pada Mac).

Pada saat kamu perlu keluar dari seluruh program dengan cepat karena aktivitas yang tidak dapat dijelaskan (kami tidak menghakimi, kami pernah mengalaminya), gunakan Alt+F4 di Windows, Linux, dan Chrome OS (Option+Cmd+Esc di Mac).

7. Membuka Kembali Tab yang Baru Dihapus 

Setelah menghapus semua tab seperti contoh di atas, kamu dapat mengebalikannya dengan mudah. Kamu dapat membuka kembali tab yang ditutup dengan menggunakan Ctrl+Shift+T pada Windows, Linux, dan Chrome OS (Cmd+Shift+T pada Mac).

Tab yang dibuka kembali akan muncul tepat di tempat ia ditutup, terlepas dari apakah tab tersebut berada di salah satu ujung jendela atau di antara beberapa tab lainnya.

Setelah membaca ini, kamu dapat menerapkannya agar pengalaman menggunakan browser Chrome mu semakin menyenangkan!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini