Sukses

Cara Lindungi Privasi dengan Menepis Iklan Mengganggu di Google Chrome

Banyak pihak yang ingin melacak kebiasaan penjelajahan kamu hanya untuk menjual sesuatu. Namun, dengan menjaga anonimitas kamu dapat mengontrol iklan-iklan yang muncul di Google Chrome.

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga privasi di web seringkali diabaikan oleh para pengguna internet. Padahal dengan melakukan beberapa pengaturan privasi dapat mengurangi adanya gangguan ketika menjelajah di internet. Salah satu gangguan yang sering dirasakan adalah iklan.

Banyak pihak yang ingin melacak kebiasaan penjelajahan kamu hanya untuk menjual sesuatu. Namun, dengan menjaga anonimitas kamu dapat mengontrol iklan-iklan yang muncul.

Ini disebut Privasi Iklan atau Ad Privacy. Kamu perlu mempelajari pengaturan ini agar Google tidak menggunakan atau membagikan riwayat penjelajahan kamu untuk tujuan iklan.

Mengutip PCWorld, Selasa (10/10/2023), dalam pengaturan Privasi Iklan ini, kamu mendapat tiga aspek, yaitu:

  1. Topik iklan, tema yang diidentifikasi dari riwayat penjelajahan terbaru kamu dan digunakan situs untuk mempersonalisasi iklan.
  2. Iklan yang disarankan situs, ini didasarkan pada situs yang kamu kunjungi. Algoritma menebak apa yang kamu suka kemudia menghasilkan iklan terkait.
  3. Pengukuran iklan, ini memungkinkan data kamu dibagikan antarsitus, sehingga mereka dapat mengukur seberapa baik kinerja iklan mereka.

Tiga opsi ini diaktifkan secara default. Namun, kamu bebas mematikannya jika dirasa iklan yang masuk dirasa mengganggu.

Sayangnya, Privasi Iklan ini belum menjangkau semua pengguna Chrome. Sejauh ini baru Windows 10 dan Windows 11 yang menerima pembaruan ini.

Saat pengaturan ini tersedia, Chrome akan  menampilkan pemberitahuan overlay yang memungkinkan kamu beralih ke pengaturan tersebut.

Namun, kamu juga bisa memeriksa pengaturan secara manual dan berkala untuk melihat apakah pembaruan sudah tersedia di perangkat kamu atau belum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Periksa dan Lakukan Pengaturan Privasi Iklan Secara Manual

Untuk memeriksa secara manual, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut.

  • Klik menu tiga titik di sudut kanan atas Chrome.
  • Pilih Pengaturan atau Settings.
  • Klik Privacy and security.
  • Jika pengaturan ini telah tersedia, kamu dapat melihat Privasi Iklan atau Ad Privacy di sebelah kanan.
  • Dengan mengklik, maka akan muncul sub-opsi Topik iklan, Iklan yang disarankan situs, dan pengukuran iklan.
  • Kemudian lakukan pengaturan. Nonaktifkan semua sub-topik tersebut.

Untuk memperkuat pengaturan privasi Chrome, kamu perlu melakukan tindakan lanjutan. Karena setelan Privasi Iklan Chrome hanya mempengaruhi penjelajahan di PC saja.

Untuk privasi di perangkat seluler, kamu perlu melakukan pengaturan lebih lanjut. 

  • Buka akun Google pada perangkat seluler.
  • Gulir ke bawah untuk menemukan opsi Iklan yang Dipersonalisasikan.

Kamu juga bisa mengambil tindakan lebih lanjut untuk memperkuat pengaturan privasi Chrome dengan cara mengelola cookie dan menghapus data jika tidak diperlukan. Hal ini dapat membantu kamu lebih anonim saat online.

3 dari 4 halaman

Adware Membombardir Pengguna Browser dengan Iklan

Membicarakan tentang iklan yang mengganggu, itu tidak hanya muncul di laman web saja. Adware merupakan salah satu perangkat lunak invasif yang membombardir pengguna PC dengan iklan berulang-ulang.

Tanda-tanda jika perangkat kamu telah terinfeksi adware adalah adanya pop-up acak, perubahan pada web browser kamu, dan spyware. Lalu bagaimana perangkat kamu dapat terkena adware?

Dilansir Norton, Senin (4/9/2023), terdapat dua cara paling umum, yaitu mengunduh program yang berisi adware dan situs web yang tidak aman. Ada banyak program adware yang berjalan di latar belakang, sehingga sulit dikenali.

4 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Perangkat Kamu Telah Terkena Adware dan Cara Menghilangkannya

Dilansir sumber yang sama, ini dia beberapa tanda kalau perangkat kamu telah terinfeksi oleh adware. 

1. Komputer berjalan lambat

2. Menerima iklan terus-menerus

3. Perangkat sering tiba-tiba berhenti

4. Ada perubahan pada browser kamu

5. Koneksi internet terganggu

Untuk menghilangkan adware, setiap perangkat memiliki cara yang berbeda-beda. Jika kamu menggunakan perangkat Android, kamu bisa mengaktifkan Safe Mode. Caranya mudah, cukup tahan tombol daya, kemudian pilih Reboot in Safe Mode. Setelah itu buka Pengaturan, pilih Aplikasi & Pemberitahuan. Tinjau dan cermati semua aplikasi di perangkat kamu. Uninstall aplikasi yang dirasa tidak sesuai.

Untuk pengguna iPhone, cara menghapus adware di dalamnya adalah dengan mematikan perangkat, kemudian hidupkan kembali.Setelah itu lakukan booting. Masuk ke Pengaturan Sistem, pilih Umum dan Penyimpanan untuk mencari aplikasi yang mencurigakan.

Cara menghapus adware pada PC, klik opsi Start, buka Control Panel, pilih Add/Remove Programs. Sedangkan pada Mac, penghapusan adware mirip pada perangkat iPhone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini