Sukses

4 Manfaat Perangkat Teknologi bagi UMKM untuk Bersaing di Pasar Nasional hingga Global

Teknologi memungkinkan UMKM untuk beroperasi di luar batasan geografis dan mencapai pelanggan yang jauh lebih luas.

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, peluang untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam bersaing di kancah nasional maupun internasional (pasar global) kian terbuka lebar.

Teknologi memungkinkan UMKM untuk beroperasi di luar batasan geografis dan mencapai pelanggan yang jauh lebih luas.

Dengan penetrasi internet yang semakin meningkat, hampir semua orang memiliki akses ke dunia digital. Artinya, peluang pasar bagi UMKM tidak lagi terbatas pada lingkungan sekitar, namun dapat menjangkau nasional hingga internasional.

Oleh karena itu, mengabaikan perkembangan teknologi berarti membatasi potensi pertumbuhan bisnis bagi UMKM.

Director of Commercial Product ASUS Indonesia, Yulianto Hasan, mengatakan dalam dunia bisnis yang dinamis UMKM harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman untuk tetap relevan dan kompetitif.

"Salah satu kunci adaptasi tersebut adalah dengan memaksimalkan peran perangkat teknologi. Baik untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar, atau meningkatkan kualitas produk dan layanan,” kata Yulianto melalui keterangannya, Rabu (30/8/2023).

Ia menekankan teknologi kini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari formula sukses bisnis UMKM di era modern.

Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh UMKM dari adopsi teknologi antara lain:

1. Bisnis Jadi Lebih Efisien

Sistem teknologi, seperti manajemen inventori otomatis atau sistem akuntansi digital dapat meminimalkan kesalahan manusia dan mempercepat proses bisnis.

2. Akses Pasar Lebih Luas

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dengan platform e-commerce atau media sosial, UMKM memiliki potensi untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan biaya pemasaran yang relatif lebih rendah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lebih Mudah dan Lebih Aman

3. Lebih Mudah untuk Dekat dengan Konsumen

Teknologi memudahkan UMKM dalam mengumpulkan, menganalisis, dan memahami data konsumen. Informasi ini sangat berharga untuk mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan yang efektif.

4. Transaksi Lebih Aman

Teknologi finansial atau fintech telah memperkenalkan berbagai metode pembayaran yang aman dan cepat. Ini tidak hanya memudahkan transaksi, tetapi juga menambah kepercayaan konsumen.

 

3 dari 4 halaman

Laptop untuk Tingkatkan Produktivitas

Laptop telah menjadi perangkat penting dalam dunia bisnis modern. Yulianto menilai, dibandingkan dengan komputer desktop, laptop menawarkan mobilitas yang memungkinkan pelaku bisnis untuk bekerja di mana saja.

Berikut beberapa alasan mengapa laptop menjadi alat penting:

Multifungsi: Dari pengelolaan data, presentasi bisnis, hingga komunikasi dengan tim atau klien, semua bisa dilakukan melalui satu perangkat.

Konektivitas: Laptop modern dilengkapi dengan berbagai opsi konektivitas, seperti Wi-Fi dan Bluetooth, yang memudahkan pertukaran informasi.

Integrasi Aplikasi: Berbagai aplikasi bisnis, seperti software akuntansi, CRM, atau analytic tools, bisa diintegrasikan dengan mudah ke dalam laptop.

 

4 dari 4 halaman

Infografis: 5 pesohor dunia yang terjun ke bisnis NFT (Liputan6.com / Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini