Sukses

Anti Ribet, Ini Cara Ubah Panggilan Suara Google Meet ke Teks dengan Google Docs

Mencatat rapat atau materi dari dosen tanpa capek nulis, ini dia cara mentranskripsi panggilan suara dari Google Meet ke teks dengan Google Docs yang bisa meringankan tugas kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak terjadi pandemi Covid-19 beberapa waktu silam, penggunaan berbagai online platform untuk berkomunikasi dan melakukan pertemuan secara daring menjadi solusi dari adanya pembatasan kontak fisik untuk mencegah penyebaran virus.

Dan kini, meski pandemi telah berakhir, platform-platform tersebut masih banyak digunakan oleh sebagian masyarakat.

Platform-platform online digunakan untuk berkomunikasi dalam jaringan yang luas, seperti rapat dan kegiatan belajar-mengajar dari tingkat sekolah hingga universitas.

Salah satu platform yang sering digunakan adalah layanan video conference yang dikembangkan oleh Google, yaitu Google Meet. Platform ini dapat diakses dengan mudah oleh pengguna iOS dan Android. Bahkan, dapat juga diakses melalui situs web resminya.

Berbagai fitur yang disediakan menjadi alasan pengguna memilih platform Google Meet sebagai andalan mereka. Mulai dari tersedianya layanan gratis, integrasi dengan Google Calendar, adanya fitur share screen yang memudahkan rapat dan kegiatan belajar-mengajar, hingga keamanan privasi yang memadai.

Dengan begitu diandalkannya platform ini, Tekno Liputan6.com akan memberikan tips yang mendukung kemudahan kalian dalam melakukan rapat online. 

Tips ini bisa menjadi solusi saat kalian merasa cukup lelah atau kesulitan untuk mencatat materi-materi apa yang dibicarakan dalam rapat. 

Atau bagi para pelajar dan mahasiswa, ini akan membantu kalian dalam mencatat materi yang disampaikan oleh guru atau dosen kalian. Dengan menggunakan Google Workspace, kalian dapat mentranskripsi panggilan Google Meet ke Google Docs dengan mudah.

Bahkan, kalian juga dapat melihat tanggal, peserta rapat, dan siapa saja yang mengatakan apa selama rapat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perhatikan Hal-hal Berikut Sebelum Mentranskripsi dari Google Meet ke Google Docs

Sebelum mentranskripsi rapat yang sedang berlangsung, hal yang harus kalian lakukan adalah meninjau persyaratan berikut ini, sebagaimana dikutip dari Online Tech Tips, Selasa (29/8/2023).

  • Pastikan kamu memiliki edisi Google Workspace yang didukung, seperti Business Standard or Plus, Enterprise, Teaching and Learning Upgrade, atau Education Plus.
  • Kamu hanya bisa memanfaatkan fitur ini saat menggunakan dekstop atau komputer.
  • Fitur transkripsi diaktifkan di Google Workspace secara default.
  • Untuk mengizinkan orang lain menggunakan fitur transkripsi, kamu harus mengaktifkan Google Drive dan memberikan izin membuat file baru di Drive pengguna.
  • Pastikan kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup di Google Drive.
  • Penyelenggara rapat, pemrakrsa transkripsi, dan penyelenggara rapat secara otomatis memiliki akses untuk mengedit dokumen transkripsi.
  • Apabila jumlah peserta rapat tidak lebih dari 200 orang, maka semua orang dalam rapat dapat memiliki akses edit.
3 dari 4 halaman

Langkah-langkah Melakukan Transkripsi Rapat Goole Meet

Untuk melakukan transkripsi, ini dia beberapa langkah yang harus kalian lakukan.

1. Pilih ikon Activities di sudut kanan bawah dan pilih Transcript di sidebar yang ditampilkan.

2. Pilih Start transcription di layar berikutnya.

3. Baca detail di jendela pop-up untuk memberi tahu peserta bahwa kalian sedang mentranskripsi rapat, kemudian pilih Start .

4. Saat para peserta bergabung dengan rapat, mereka akan melihat pesan yang memberitahukan bahwa rapat sedang ditranskripsi. Selain itu, setiap orang juga akan melihat ikon Transcript di kiri atas jendela rapat.

5. Untuk mengehentikan transkripsi, lakukan hal yang sama seperti saat memulai transkrip. Pilih Activities > Transcript kemudian pilih Stop transcription.

Perlu diingat, kalian tidak perlu menghentikan transkripsi saat rapat berakhir, karena hasil transkrip akan tersimpan otomatis.

Adapun untuk mengaksesnya, kalian bisa membukanya menggunakan tautan email, kalender acara, atau melalui Google Drive dan Google Docs.

 

4 dari 4 halaman

Akses Hasil Transkripsi Kalian Melalui Email, Google Drive, dan Google Docs

Setelah rapat selesai, kalian akan menerima email pada akun Gmail yang terhubung dengan transkrip, begitu juga dengan host, co-host, dan pemrakarsa transkrip. Kalian dapat memilih lampiran atau tautan untuk membuka transkrip di Google Docs.

Selain mengaksesnya melalui email, kalian juga bisa membuka hasil transkrip di Google Drive. Saat masuk ke Google Drive, kalian akan melihat hasil transkrip di Suggested di bagian atas My Drive.

Atau, kalian juga bisa membuka folder Meet Recordings dan pilih transkrip untuk membukanya di Google Docs. Selain itu dengan fitur pencarian juga akan memudahkan kalian menemukan hasil transkrip.

Apabila kalian mengakses hasil transkrip melalui Google Docs, kalian akan melihat hasil transkrip di urutan paling atas jika kalian mengurutkan file berdasarkan tanggal.

Demikian langkah-langkah mentranskripsi rapat Google Meet ke Google Docs yang dapat memudahkan kalian mencatat hasil rapat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini