Sukses

Tak Cuma Jahil ke Erick Thohir, Ini 5 Momen Kocak Menteri PUPR Pak Bas yang Pernah Viral di Medsos

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono alias Pak Bas kerap tertangkap kamera tengah melakukan hal-hal kocak hingga viral di media sosial, salah satunya adalah menjahili Erick Thohir karena penasaran dengan pakaian yang dikenakan saat Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-78.

 

Liputan6.com, Jakarta - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono atau yang karib disapa Pak Bas belum lama ini kembali viral.

Pasalnya, pada saat Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Kamis 17 Agustus 2023, Pak Bas bertingkah kocak dan terekam kamera saat live streaming berlangsung.

Menteri jebolan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini tertangkap kamera tengah menjahili Erick Thohir. Padahal Menteri BUMN tersebut sedang serius mengikuti jalannya upacara.

Menteri PUPR Pak Bas saat itu duduk di barisan depan di samping Erick Thohir. Bersama tamu undangan lain, keduanya tengah dalam posisi berdiri saat lagu Andhika Bhayangkari dikumandangkan.

Tiba-tiba saja, Pak Bas menyibak baju yang dikenakan Erick Thohir di samping kanannya. Meski terkejut, Erick Thohir dan sang istri tertawa dengan kejahilan Pak Bas.

Bukan hanya itu, bak anak kecil yang ditegur sang ibu, Pak Bas dicolek oleh sang istri Kartika Nurani ketika kedapatan berbuat jahil.

Ternyata ini bukan pertama kalinya Pak Bas bertingkah kocak hingga jadi viral di media sosial. Sebelumnya berbagai aksi kocaknya sempat terekam kamera dan viral hingga bikin warganet ngakak.

Berikut 5 aksi kocak Pak Bas yang viral di media sosial:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Peluk Ridwan Kamil Saat Kunjungan ke Pasar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah video kocak belum lama ini. Dalam video tersebut, Ridwan Kamil terlihat sedang berkunjung ke pasar Cihapit Bandung bersama Presiden Joko Widodo, Menhub Budi Karya Sumadi, serta dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Terlihat dari video, sejumlah staf pengawalan terlihat menjaga Ridwan Kamil dari kerumunan. Namun, tampak seorang emak-emak tiba-tiba saja menembus barikade penjagaan dan mendekati suami Athalia Praratya itu.

Sang emak-emak yang berhasil menembus barikade langsung lari ke arah Ridwan Kamil dan memeluknya dengan erat.

Kaget, Ridwan Kamil sedikit terhuyung dan mundur berupaya lepas dari pelukan si emak-emak. Sejumlah penjaga pun tampak mencoba melepaskan sang emak-emak dari pelukan orang nomor satu di Jawa Barat itu.

Lucunya, momen tersebut dilihat oleh para menteri, termasuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Bahkan, menteri yang karib disapa Pak Bas itu langsung ikutan memeluk Ridwan Kamil dari belakang.

Dari gesturnya Ridwan Kamil terlihat kaget dengan pelukan Pak Bas, namun, saat menoleh ke belakang ia baru sadar kalau orang yang memeluknya adalah Pak Bas. Ia pun tertawa dengan ulah Pak Bas yang tahu-tahu ikutan memeluknya.

3 dari 6 halaman

2. Cosplay Jadi Fotografer saat KTT G20

Ada momen menarik saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke Taman Hutan Raya (Tahuru) Mangrove Ngurah Rai Bali, Rabu (16/11/2022).

Menteri PUPR (PUPR) Basuki Hadimuljono tampak menjadi fotografer dalam kegiatan tersebut.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com dari siaran langsung di Youtube, Pak Bas terlihat memakai baju putih dan menenteng sebuah kamera. Bahkan, lensa kamera yang dipakai Basuki berukuran cukup panjang.

Dia terpantau sibuk mengikuti dan memotret kegiatan Presiden Jokowi yang sedang menjelaskan soal mangrove ke para delegasi KTT G20. Gaya Pak Bas bak seorang fotografer profesional.

 

4 dari 6 halaman

3. Foto Viral Pak Bas Salami Diri Sendiri Bak Meme

Sejak menjabat jadi Menteri PUPR, Pak Bas memang kerap viral. Termasuk berbagai unggahan dari akun @KemenPU yang sering viral karena menampilkan Pak Bas dengan berbagai hal kocaknya.

Salah satunya adalah foto yang diunggah pada 10 Juni 2019, yakni saat momen Lebaran. Dalam foto tersebut, KemenPU mengunggah foto Pak Bas yang bersalaman dengan dirinya sendiri.

"Sudahkah Sahabat bermaafan dengan diri sendiri di momen lebaran ini?"

Dalam foto yang merupakan hasil editan itu, Pak Bas yang berbaju batik dan peci hitam bersalaman dengan Pak Bas yang mengenakan pakaian koko warna gelap.

Unggahan ini pun sukses bikin warganet terbahak karena dinilai receh.

5 dari 6 halaman

4. Ikutan Wartawan Todongkan Ponsel ke Jokowi untuk Rekam Wawancara

Ada lagi momen kocak Pak Bas ikutan menodongkan ponsel ke arah Jokowi saat wartawan mewawancarai orang nomor satu di Indonesia itu.

Kejadian ini terjadi saat Presiden Jokowi diwawancara dorstop oleh wartawan usai meresmikan Sodetan Ciliwung Jakarta, 31 Juli 2023.

Biasanya saat wawancara dorstop, wartawan berdesakan mengerumuni narasumber, dalam hal ini Jokowi, sembari menyodorkan ponsel mereka untuk merekam suara sang narasumber.

Karena desak-desakan, kemungkinan ada saja wartawan yang kesulitan mendekat ke Jokowi apalagi dengan penjagaan dari paspampres. Namun, dengan sigap, Pak Bas memegangi ponsel seorang wartawan untuk membantunya merekamkan suara Presiden Jokowi.

6 dari 6 halaman

5. Nada Dering Nokia Jadul Pak Bas di Tengah Wawancara Jokowi

Salah satu momen kocak Pak Bas lainnya adalah saat dirinya mendampingi Presiden Jokowi yang tengah diwawancara oleh wartawan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) pada Oktober tahun lalu.

Dalam rekaman wawancara, terlihat Pak Bas yang berdiri di belakang Jokowi memperlihatkan wajah kaget saat sebuah nada dering khas ponsel Nokia jadul berbunyi.

Pak Bas pun buru-buru merogoh kantong kemejanya untuk mengambil HP Nokia jadulnya yang berbunyi. Dengan muka kaget yang kocak, Pak Bas lalu mematikan ponsel tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.