Sukses

5 Langkah Pakai Find My iPhone untuk Melacak iPhone, iPad, dan Mac yang Hilang atau Dicuri

Cara melacak iPhone, iPad, dan Mac yang hilang atau dicuri dengan Find My iPhone, fitur gratis dari Apple yang memungkinkan Anda melihat lokasi perangkat di peta, mengunci perangkat dari jarak jauh, dan menghapus data perangkat jika perlu.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mengalami kehilangan atau pencurian perangkat Apple seperti iPhone, iPad, atau Mac? Jika ya, maka Anda pasti tahu betapa stresnya menghadapi situasi tersebut.

Namun, jangan khawatir, karena ada cara melacak iPhone atau perangkat Apple yang hilang atau dicuri dengan mudah dan cepat.

Caranya adalah dengan menggunakan fitur Find My iPhone, layanan gratis dari Apple memungkinkan Anda melihat lokasi perangkat di peta, dan mengunci perangkat dari jarak jauh.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menghapus data perangkat jika perlu, dan menemukan perangkat Apple lain yang terhubung dengan akun Anda via Find My ini.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan 5 langkah pakai Find My iPhone untuk melacak iPhone, iPad, dan Mac yang hilang atau dicuri. Simak terus artikel ini untuk mengetahui caranya!

1. Buka Aplikasi Find My

Bagi Anda yang menggunakan perangkat iOS atau Mac bisa langsung menggunakan aplikasi Find My, untuk mencari perangkat yang hilang atau dicuri.

Bila tidak ada perangkat iOS atau Mac, Anda bisa menggunakan PC atau HP Android dengan membuka laman web iCloud.com. Setelah itu, login menggunakan Apple ID.

2. Lacak iPhone, Mac, atau iPad yang hilang

Bila mengakses aplikasi Find My lewat perangkat Apple lainnya, Anda akan melihat daftar perangkat yang terhubung dengan akun tersebut--termasuk iPhone, iPad, Apple Watch dan lainnya.

Klik di perangkat yang hilang atau dicuri untuk mengetahui posisi terakhirnya. Tunggu hingga proses pelacakan iPhone dicuri selesai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bunyikan iPhone Anda

Aplikasi Find My iPhone akan bisa cari lokasi perangkat walau dalam keadaan mati. (Doc: Ubergizmo)

Bila Anda merasa perangkat Apple yang hilang tersebut masih berada di sekitar, coba klik tombol "Play Sound" untuk mengetahui lokasinya di mana.

Cara ini sangat tepat digunakan bila sedang berada di rumah, sekolah, atau kantor di mana Anda bisa mendengar suara iPhone atau perangkat lainnya bila berbunyi.

Namun bagaimana bila Anda jauh dari lokasi iPhone? Maka ada baiknya untuk mengikuti langkah selanjutnya.

4. Tandai iPhone Anda Hilang

Jika iPhone Anda tidak ada di dekat, atau mungkin lokasinya terus berubah, opsi terbaik adalah menandainya sebagai hilang.

Untuk melakukan ini, tergantung pada perangkat yang Anda gunakan untuk mengaksesnya.

Di iPhone, iPad, atau Mac, ketuk Aktifkan atau Activate di bawah Mark as Lost (Tandai Sebagai Hilang). Jika Anda menggunakan iCloud untuk mengakses Find My, klik pada Lost Mode.

Anda akan melihat penjelasan tentang apa yang akan terjadi selanjutnya termasuk, akan diberi tahu ketika perangkat ditemukan, akan mengaktifkan Activation Lock atau Kunci Aktivasi.

Dengan cara ini, maka iPhone Anda tidak bisa dibuka kuncinya tanpa menggunakan Apple ID Anda. Tak hanya itu, seluruh kartu pembayaran apa pun yang digunakan melalui Apple Pay akan ditangguhkan.

Anda juga dapat memilih untuk Leave a Message atau Tinggalkan Pesan, di mana nantinya setiap kali iPhone, iPad, atau Mac dinyalakan akan muncul nomor dan pesan.

 

3 dari 3 halaman

5. Hapus iPhone

<p>iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16 (Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash)</p>

Jika semua opsi tidak membuahkan hasil dan harapan mendapatkan kembali iPhone sangat kecil, maka langkah terakhir adalah untuk menghapus perangkat tersebut.

Untuk melakukan ini, klik atau tap opsi Erase This Device atau Hapus Perangkat ini dan lanjut dengan pilih Continue (Lanjutkan).

Bila memilik backup data sebelumnya, Anda bisa memulihkan iPhone baru layaknya seperti ponsel sebelumnya.

Data di iPhone tidak akan terhapus sampai iPhone terhubung ke WiFi atau jaringan internet milik operator seluler.

Anda juga bisa meninggalkan pesan singkat sebelum menghapus iPhone jika seseorang menemukannya, tapi ingat untuk berhati-hati dalam membagikan informasi terlalu banyak dengan seseorang yang mungkin telah mencuri iPhone Anda. Itulah 5 langkah pakai Find My iPhone untuk melacak iPhone, iPad, dan Mac yang hilang atau dicuri.

Namun, sebaiknya Anda tetap berhati-hati dalam menjaga perangkat Apple agar tidak hilang atau dicuri.

Pastikan juga selalu mengaktifkan fitur Find My iPhone di setiap perangkat Apple Anda, mengatur kode sandi atau Face ID yang kuat, dan tidak meninggalkan perangkat Anda di tempat umum tanpa pengawasan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini