Sukses

5 Fitur Tersembunyi iPhone yang Bikin Produktif Tapi Jarang Diketahui

Pengguna iPhone, kamu wajib tahu 5 fitur tersembunyi pada iPhone berikut ini yang bisa meningkatkan produktivitas tetapi jarang diketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna iPhone, tahukah kamu bahwa iPhone tidak hanya sebuah perangkat yang simpel untuk dipakai tetapi juga menawarkan berbagai kemampuan untuk mendukung kamu tetap produktif.

Tips-tips iPhone yang tersembunyi di bawah ini mungkin belum kamu ketahui, tetapi dijamin bakal membuat kamu jadi lebih produktif dan mudah. Sebagaimana dikutip dari PCMag, Minggu (6/8/2023).

1. Keyboard untuk Mengetik Satu Tangan

Pernahkah kamu berada dalam kondisi di mana hanya bisa mengetik dengan satu tangan? Misalnya, tangan kamu sedang pegang belanjaan, tetapi harus membalas chat dari abang ojol.

Nah, dalam kondisi seperti ini, kamu bisa mengetik satu tangan di iPhone kamu, dengan mudah. Pasalnya keyboard default di iOS menawarkan opsi geser keyboard ke kanan atau kiri.

Caranya, pada keyboard iPhone, kamu tekan agak lama gambar bola dunia, kemudian akan ada opsi di bagian paling bawah, geser ke kanan atau kiri. Pilih sesuai posisi tangan kamu mengetik. Keyboard pun akan sedikit bergeser dan ukurannya lebih kecil untuk memudahkan kamu mengetik dengan satu tangan.

Untuk beralih ke keyboard penuh kamu bisa melakukan hal yang sama, lalu pilih opsi keyboard yang di tengah.

Kamu bisa mencoba fitur tersembunyi iPhone ini saat sedang memerlukan untuk mengetik pesan dengan satu tangan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Ketik Singkatan Tapi Munculkan Kalimat Lengkap di Keyboard

Apakah ada kata-kata yang terus kamu ketikkan, misalnya "On the way" atau "I love you"?

Nah kamu bisa menggunakan singkatan dan iPhone akan memunculkan kalimat lengkapnya saat mengetikkan pesan ke lawan bicara.

Misalnya, saat akan mengetik on the way, kamu cukup mengetik otw di keyboard, nantinya keyboard akan memunculkan on the way ke papan ketik.

Caranya, pergi ke Setting > General > Keyboard > Text Replacement.

Klik tanda + di bagian kanan atas untuk memasukkan sebuah frasa (kalimat) dan singkatannya. Misalnya untuk otw di atas, kamu bisa mengetikkan "On the way" di bagian Phrase dan "otw" di bagian shortcut.

 

3 dari 5 halaman

3. Tambahkan Tanda Tangan di Dokumen

Kadang kala, kita mungkin diminta untuk menandatangani sebuah surat pernyataan atau sebuah dokumen tertentu yang dikirimkan melalui WhatsApp.

Sayangnya di zaman sekarang, tak semua dari kita memiliki scanner atau printer di rumah. Namun, Apple menawarkan cara mudah untuk menandatangani dokumen secara digital.

Caranya, kamu bisa screenshot dokumen tersebut kemudian ketuk di thumbnail. Pada sisi kanan bawah, terlihat tanda Plus atau tambah.

Salah satu opsinya adalah Signature atau Tanda Tangan. Beri tanda tangan secara langsung di layar. Pilih Done, lalu drag gambar tanda tangan tersebut ke dokumen yang di-screenshot.

Tempatkan tanda tangan di tempat yang sesuai, resize atau atur ulang ukuran, kemudian simpan untuk dikirim.

4 dari 5 halaman

4. Copy Tulisan dari Foto atau Video

Ada sebuah fitur bernama Live Text, yakni kemampuan yang ada di iOS untuk mengambil teks dari gambar atau bahkan video. Kamu hanya tinggal melihat gambar atau menjeda (pause) video.

Kamu bisa tahan layar agak lama di bagian tulisan yang ingin di-copy, setelah muncul sorotan bahwa teks bisa disalin, ketuk copy.

Kamu juga bisa menerjemahkan bahasa asing dengan cepat. Jika iPhone melihat nomor telepon, iPhone juga bisa melakukan panggilan ke nomor tersebut.

Jika iPhone mengenali URL, iPhone juga bisa membawa kamu ke situs web.

Kalau kamu meng-copy, kamu bisa paste di note atau Google Doc, atau di aplikasi apa pun yang terhubung dengan keyboard.

5 dari 5 halaman

5. Tingkatkan Kejernihan Saat Putar Rekaman Suara

Kadangkala, kamu membutuhkan iPhone untuk merekam sesuatu. Misalnya kamu sedang menghadiri pelatihan dan ingin merekam suara pembicara agar bisa diputar dan dipelajari esok hari.

Nah, dalam kondisi seperti ini, kamu perlu memastikan agar kualitas suara yang direkam terdengar baik. Caranya dengan menggunakan fitur Enhance Recording untuk mengurangi suara bising lainnya.

Untuk menggunakan menu ini, kamu bisa buka suara yang telah direkam, kamudian ketika memutar suara tersebut akan ada grafik. Kamu bisa klik menu grafik tersebut lalu ada opsi "Enhance Recording" aktifkan untuk membuat kebisingan di sekitar jadi berkurang.

Kamu bisa memilih kecepatan suara yang direkam, mau memperlambatnya atau mempercepat sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, kamu juga bisa memilih "skip silence" untuk melewatkan bagian dari file rekaman yang tidak terdengar apa pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.