Sukses

Top 3 Tekno: Situs Kilang Minyak Israel Lumpuh Gara-Gara Serangan Hacker Iran Jadi Sorotan

Kelompok hacker Iran bernama Cyber Avengers mengklaim telah meretas jaringan situs kilang minyak terbesar Israel (BAZAN Group). Peretasan itu membuat situs tersebut lumpuh total hingga saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok hacker Iran bernama Cyber Avengers mengklaim telah meretas jaringan situs kilang minyak terbesar Israel (BAZAN Group). Peretasan itu membuat situs tersebut lumpuh total hingga saat ini.

Berita ini menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Senin (31/7/2023) kemarin.

Informasi lain yang juga populer datang dari XL Axiata yang menorehkan laba sebesar Rp 658 miliar di Semester 1 2023.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Situs Kilang Minyak Terbesar Israel Lumpuh Total karena Serangan Hacker Iran

Situs web operator kilang minyak terbesar Israel, BAZAN Group, tidak dapat diakses dari sebagian besar negara setelah kelompok hacker Iran mengklaim telah meretas sistem perusahaan.

BAZAN Group yang berbasis di Teluk Haifa, sebelumnya Oil Refineries Ltd., menghasilkan pendapatan tahunan lebih dari US$ 13,5 miliar dan mempekerjakan lebih dari 1.800 orang.

Perusahaan mengklaim memiliki total kapasitas penyulingan minyak sekitar 9,8 juta ton minyak mentah per tahun. Demikian sebagaimana dikutip dari Bleeping Computer, Senin (31/7/2023).

Selama akhir pekan lalu, trafik masuk ke situs web BAZAN Group, bazan.co.il dan eng.bazan.co.il mengalami gangguan koneksi, dengan notifikasi error HTTP 502, atau ditolak oleh server perusahaan.

Menurut laporan Bleeping Computer, situs web kilang minyak tersebut tidak dapat diakses oleh sebagian besar pengunjung dari seluruh dunia.

"Dalam pengujian kami, situs web tersebut, bagaimanapun dapat diakses dari dalam Israel, kemungkinan setelah pengenaan geo-block oleh BAZAN dalam upaya untuk menggagalkan serangan dunia maya yang sedang berlangsung," tulis Bleeping Computer.

Pantauan Tekno Liputan6.com, hingga berita ini naik, situs web bazan.co.il dan eng.bazan.co.il belum bisa diakses.

Dalam sebuah Telegram channel, kelompok hacker Iran, 'Cyber Avengers' alias 'CyberAv3ngers' mengklaim bahwa mereka telah menembus jaringan BAZAN selama akhir pekan.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. XL Axiata Catat Laba Rp 658 Miliar di Semester 1 2023, Kini Layani 58 Juta Pelanggan

XL Axiata mencatat pertumbuhan kuat di semester pertama 2023. Kinerja keuangannya disebut mengalami pertumbuhan double digit di tengah kompetisi industri.

XL Axiata yang terus memperkuat eksekusi strategi konvergensi juga terus fokus pada layanan fixed mobile convergence (FMC) di semua area.

Mengutip keterangan resminya, Senin (31/7/2023), XL Axiata meraih total pendapatan Rp 15,78 triliun. Angka ini berarti tumbuh 12 persen lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun lalu.

Dari jumlah di atas, pendapatan data dan layanan digital menyumbang 91 persen dari total pendapatan, atau setara Rp 14,41 triliun. XL Axiata juga mencatat pertumbuhan laba bersih sebesar Rp 658 miliar.

Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini menyebut XL Axiata mencatat kinerja yang solid, tumbuh double digit untuk semester 1 2023.

"Hal ini merupakan hasil dari upaya maksimal kami di semua aspek bisnis untuk merebut pasar. Pertumbuhan double digit kami raih pada pendapatan, EBITDA, dan NPAT," kata Dian Siswarini.

Seiring fokusnya di layanan FMC, menurut Dian, XL Axiata terus memperkuat fondasi sebagai penyedia layanan konvergensi pertama di Indonesia, baik dari sisi produk, jaringan, IT, hingga distribusinya.

Adapun di semester pertama 2023, XL Axiata memiliki 58 juta pelanggan, dengan blended average revenue per user (ARPU) naik dari 38 ribu dari periode yang sama tahun lalu, menjadi Rp 41 ribu.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Profil iShowSpeed, YouTuber Terkenal yang Alami Penyakit Mengkhawatirkan hingga Bikin Susah Beraktivitas

YouTuber iShowSpeed kini telah menjadi perhatian pengguna warganet karena kondisinya yang mengkhawatirkan. iShowSpeed menyebut dirinya mengalami kondisi yang tidak menyenangkan bagi kesehatannya.

Melalui YouTube Short, iShowSpeed mengunggah video dengan judul "i might die bye". Dalam video tersebut, iShowSpeed menceritakan kondisinya yang mengalami insomnia, hilang nafsu makan, dan sulit beraktivitas karena sakit yang dideritanya.

"Saya sedang mengalami pengalaman terburuk," kata iShowSpeed, sebagaimana dikutip Marca, Senin (31/7/2023).

Belakangan, iShowSpeed didiagnosa mengalami cluster headache atau sakit kepala cluster.

Bagi kamu yang belum tahu, iShowSpeed adalah seorang YouTuber gaming yang kerap mengunggah konten streaming game. Konten gaming di YouTube-nya pun jadi salah satu yang paling populer.

Tapi siapa sebenarnya pria yang menggunakan nama panggung iShowSpeed ini? Mengutip Sportskeeda, Senin (31/7/2023), iShowSpeed memiliki nama asli Darren Watkins Jr. Ia memulai sebagai YouTuber dengan mengunggah konten-konten tentang video game dan sejumlah hal tentang kehidupan pribadinya selama pandemi.

Uniknya, dirinya tidak tahu bahwa channelnya mendapatkan jutaan views dan subscriber gara-gara konten-konten yang diunggahnya.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Kejahatan Siber (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.