Sukses

Samsung Z Flip 5 Nusantara Edition Eksklusif Rilis di Indonesia, Apa Itu?

Samsung merilis Galaxy Z Flip 5 Nusantara Edition yang merupakan hasil kolaborasi dengan brand lokal Sejauh Mata Memandang.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung telah resmi memperkenalkan Galaxy Z Flip 5 dalam event Galaxy Unpacked yang digelar di Seoul, Korea Selatan. Yang menarik, Samsung menghadirkan Galaxy Z Flip 5 edisi khusus yang diberi nama Nusantara Edition untuk pasar Indonesia.

Berdasarkan materi promosi yang diterima, smartphone edisi khusus ini merupakan kolaborasi Samsung dengan Sejauh Mata Memandang. Samsung Z Flip 5 edisi khusus ini hadir dengan warna gray yang memang eksklusif hadir di situs online Samsung.com.

Hadir sebagai edisi khusus, konsumen akan mendapatkan paket spesial dari Sejauh Mata Mendatang di setiap pembeliannya. Selain itu, konsumen juga masih akan mendapatkan free double storage, Samsung Care+ gratis selama setahun, dan perlindungan layar selama dua tahun.

Menurut Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, Nusantara Edition merupakan kelanjutan dari Galaxy Z Flip 4 Bespoke Merah Putih Edition yang rilis tahun lalu.

"Tahun lalu, kami punya Bespoke Merah Putih. Lalu di tahun ini, karena sebentar lagi kita mau dirgahayu, kami mengangkat edisi Nusantara," tutur Verry saat ditemui Tekno Liputan6.com di Seoul, Kamis (27/7/2023).

Verry menuturkan, untuk di tahun ini, edisi khusus ini juga tersedia untuk Galaxy Fold 5, selain Galaxy Flip 5. Menurut Verry, edisi khusus ini dibanderol dengan harga yang sama seperti Samsung Flip 5, tapi akan mendapatkan hadiah hingga Rp 1 juta.

Adapun hadiah yang akan diterima konsumen Galaxy Z Flip 5 Nusantara Edition beberapa di antaranya adalah case hingga skin khusus Nusantara Edition. Samsung juga menanamkan logo booting khusus di perangkat Nusantara Edition.

Dijelaskan lebih lanjut, Galaxy Z Fold 5 Nusantara Edition sendiri sudah habis terjual. Karenanya, Verry menuturkan, saat ini tinggal Galaxy Z Flip 5 Nusantara Edition yang masih tersisa dengan jumlah terbatas. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Galaxy Z Flip 5 Rilis dengan Layar Depan Lebih Besar, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Perlu diketahui, Samsung membawa sejumlah peningkatan pada Galaxy Z Flip 5, di mana yang paling terlihat adalah layar depan atau cover screen, yang jauh lebih besar ketimbang pendahulunya.

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 5, layar depannya berukuran 3,4 inci Super AMOLED 720 x 74 serta telah mendukung refresh rate-nya 60Hz. Flex Window terbaru ini 3,78 kali lebih besar dari generasi sebelumnya, menawarkan berbagai kapabilitas bagi pengguna.

Dengan layar depan yang lebih besar ini, maka lebih banyak widget yang bisa ditampilkan di cover screen Samsung Galaxy Z Flip 5. Selain itu, kontrol widget juga jadi lebih gampang misalnya dengan cara melakukan pinch dengan jari untuk Multi Widget View.

Perbedaan paling terlihat lainnya adalah tidak terlihatnya lagi celah saat ponsel dalam mode tertutup atau dilipat, di mana Flex Hinge ini turun hingga 2mm di 15,1 mm (dibandingkan Flip4 di 17,1 mm), karena menggunakan sistem waterdrop.

Adapun, dimensi Samsung Galaxy Z Flip 5 adalah 71.9 x 165.1 x 6.9mm saat dibuka dan 71.9 x 85.1 x 15.1mm saat ditutup, dengan bobot cuma 187 gram.  

 

3 dari 4 halaman

Bisa Pasang 11 Widget di Layar Cover Galaxy Z Flip 5

Flex Window di Samsung Galaxy Z Flip5 yang lebih besar ini juga datang dengan fitur yang lebih kaya jika dibandingkan pendahulunya. Salah satunya adalah 11 widget yang bisa dipasang di cover screen-nya. Sementara refresh rate-nya mencapai 60Hz.

Selain itu, pengguna juga dapat mengutak-atik atau mengkustomisasi Flex Window di perangkat ini, dengan lebih banyak tampilan dan fitur sesuai keinginannya.

Fitur tersebut memberikan lebih banyak pilihan kustomisasi, termasuk grafik jam informatif yang sesuai dengan tampilan Galaxy Watch6 Series milik pengguna. Dengan fitur Flex Window, pengguna bisa mengakses informasi dengan cepat dan mudah. 

Misalnya dengan Widgets, pengguna Galaxy Z Flip 5 bisa melihat perkiraan cuaca, mengatur pemutaran musik dan mendengarkan lagu dengan Media Controller, atau mengikuti perkembangan pasar saham global dengan widget Google Finance.

Pengguna pun bisa melihat semua Widget dalam sekejap dan beralih antara widget secara instan dengan pinch layar untuk mengaktifkan Multi Widget View.

Pengguna juga bisa dengan mudah memeriksa notifikasi dan mengakses Quick Settings untuk mengaktifkan Wi-Fi atau Bluetooth.

Sementara untuk layar dalamnya, menggunakan layar Dynamic Amoled ukuran 6,7 inci FHD+ Dynamic AMOLED 2X Infinity Flex Display (2640 x 108 dengan Adaptive Refresh Rate 120Hz. Galaxy Z Flip 5 juga menghadirkan lipatan yang lebih mulus. 

4 dari 4 halaman

Kamera dan Fitur Kamera Galaxy Z Flip 5

Di sektor kamera utama, Samsung juga menghadirkan kamera Ultrawide 12MP f2.2, bersama kamera wide 12MP f1.8 yang sudah mendukung fitur Optical Image Stabilization (OIS). Untuk kamera dalamnya (kamera selfie), menggunakan kamera 10MP F2.2.

Seperti yang sudah-sudah pengguna juga dapat melakukan selfie menggunakan layar depan dengan ponsel tertutup. Bedanya, kali ini pengguna akan dimanjakan dengan Flex Window yang lebih besar.

Pengguna Galaxy Z Flip 5 bisa mengambil gambar dari berbagai angle yang kreatif secara hands-free menggunakan FlexCam, atau melihat dan mengedit foto pun cepat dan mudah dengan Flex Mode.

Fitur lain adalah Quick View di Flex Window, untuk meninjau, mengatur tone warna, atau menghapus gambar dengan mudah.

Pengguna juga bisa merekam dengan mulus saat bergerak dengan SuperSteady untuk menstabilkan kamera. Fitur lain adalah Auto Framing, untuk memastikan tidak ada orang yang ketinggalan dalam frame.

Chipset yang dipakai di Galaxy Z Flip 5 adalah Snapdragon 8 Gen 2 dengan kemampuan Multi Frame Processing. Smartphone ini hadir dengan baterai 3.700 mAh dengan kemampuan fast charging 25W.

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.