Sukses

11 Cara Dapat Uang dari TikTok, dari Jadi Influencer hingga Daftar Affiliate

Kamu pengguna TikTok? Jangan cuma nonton video, kamu juga bisa mendapatkan uang dari TikTok, dari mulai jadi influencer hingga daftarkan akun kamu jadi Affiliate TikTok

 

Liputan6.com, Jakarta - TikTok kini jadi jejaring sosial berbasis video yang digandrungi anak muda. Selain menonton video-video dance, mencari informasi terbaru atau mengunggah video challenge, rupanya para pengguna juga bisa dapat uang dari TikTok.

Platform besutan perusahaan asal Tiongkok Bytedance ini begitu tenar, dan kini lebih dari 1 miliar pengguna aktif per bulannya memakai TikTok.

Namun, tahukah kamu, selain tempat untuk mendapatkan hiburan dan berkreasi, aplikasi TikTok ternyata juga bisa jadi dipakai untuk mencari uang. Kok bisa? Bagaimana caranya?

Mengutip blog Niagahoster, Selasa (11/7/2023), ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari TikTok.

Ternyata, caranya bisa dimulai dari menjalankan misi, berjualan, dan banyak lainnya. Apa saja? Yuk simak tips TikTok untuk mendapatkan uang dari aplikasi tersebut, di artikel berikut ini.

1. Jadi Influencer TikTok

Pertama, kamu bisa mencari uang di TikTok dengan menjadi influencer TikTok. Kalau kamu belum tahu, influencer adalah seseorang dengan kemampuan untuk memengaruhi orang lain melalui konten-kontennya.

Dengan jadi influencer, kamu bisa bekerja sama dengan brand untuk mempromosikan produk mereka dan mendapat imbalan dari situ.

TikTok sendiri memiliki Creator Fund, Brand Takeover, hingga Branded Hashtag Challenge yang memungkinkan influencer mendapatkan uang.

Nah, untuk jadi influencer di TikTok, kamu bisa fokus pada topik tertentu, konsisten membuat konten, dan melakukan interaksi yang baik dengan followers.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Buat Sponsored Content Post

Kamu bisa mendapatkan uang dari TikTok dengan menerbitkan sponsored content, yakni konten yang dibuat oleh kreator TikTok dengan tujuan mempromosikan produk atau layanan dari sebuah brand.

Dengan unggahan konten sponsor ini, brand akan membayar si pemilik akun untuk membuat konten yang menampilkan produk, baik dalam bentuk review, endorsement, maupun promosi lainnya.

Tentunya, kamu perlu mengikuti ketentuan dari brand dan menerapkan strategi marketing TikTok yang ampuh.

Kamu merasa tak punya jutaan followers untuk melakukan hal ini? Tenang, rupanya kamu tidak perlu punya jutaan followers agar dilirik brand. Pasalnya saat ini ada banyak brand kecil hingga menengah yang memburu kreator ribuan untuk bekerja sama.

3 dari 6 halaman

3. Jalankan Misi TikTok

Kamu bisa menjalankan misi untuk mendapatkan uang dari TikTok. Sekadar informasi, aplikasi ini menyediakan beberapa misi yang bisa diikuti pengguna, misalnya mengundang teman atau menonton video tertentu.

Tiap misi yang diselesaikan memungkinkan pengguna TikTok mendapatkan hadiah berupa uang tuai atau koin.

Konten video pendek kamu juga berpeluang mendapat eksposur lebih besar karena bisa dipromosikan oleh pihak TikTok.

4. Jualan di TikTok Shop

Belakangan ini, TikTok gencar mempromosikan fitur barunya yakni TikTok Shop. Seperti marketplace lain, TikTok rupanya memungkinkan brand hingga UMKM untuk menjajakan produknya di platform TikTok.

TikTok Shop juga cukup terkenal di kalangan pengguna, apalagi lewat TikTok Shop, pengguna tak perlu keluar aplikasi untuk bisa belanja barang yang diincarnya. Jadi platform ini bisa dimanfaatkan penjual untuk mendapatkan cuan yang lebih besar.

Penjual yang mau mendaftarkan diri ke TikTok Shop, mereka hanya perlu mengikuti persyaratan, mengunggah produk dan keterangan lengkap, lalu menunggu pembeli datang.

TikTok Shop juga menghadirkan fitur siaran langsung yang berguna bagi pedagang untuk mempromosikan barang datangan secara live.

 

4 dari 6 halaman

5. Manfaatkan TikTok Ads

Pengguna juga bisa memanfaatkan TikTok Ads untuk mendapatkan uang dari TikTok. Seperti namanya TikTok Ads adalah fitur iklan yang ditawarkan TikTok, untuk membantu pengguna iklankan produk atau layanan di TikTok.

Kamu bisa memanfaatkan TikTok Ads untuk meningkatkan trafik ke website atau marketplace lain. Dengan variasi iklan beragam, TikTok Ads memungkinkan kamu mengiklankan toko kamu.

Adapun jenis iklan di TikTok meliputi in-feed video, brand takeover, hashtag challenge, sampai ke iklan berbasis Augmented Reality.

6. Gabung di TikTok Creator Funds

Kamu bisa bergabung di Creator Funds. Dengan gabung di program ini, pengguna bisa menerima bayaran jika konten video mereka dianggap menarik dan disukai banyak followers, serta memiliki engagement yang tinggi.

Namun, untuk bisa gabung di TikTok Creator Funds, kamu perlu memiliki konten yang dilihat setidaknya 100 ribu views dalam 30 hari terakhir. Jadi, kamu perlu lebih kreatif dalam membuat video yang sekiranya bisa FYP dan dilihat banyak pengguna lain.

 

5 dari 6 halaman

7. Tarik Donasi dari Live Gifting

Cara menarik lainnya untuk dapat uang di TikTok adalah menarik donasi dari Live Gifting, yakni kamu bisa menarik donasi saat sedang siaran langsung.

Dalam hal ini tentunya kamu harus lakukan live video di TikTok, selanjutnya penonton live bisa beri stiker gift sebagai bentuk apresiasi.

8. Tawarkan Jasa Jadi Admin di TikTok

Kamu bisa menawarkan jasa sebagai admin akun TikTok. Cara kerjanya mirip dengan jadi admin medsos lainnya, yakni mengelola akun agar bertambah besar menggunakan strategi tertentu.

Untuk jadi admin di TikTok, tentunya kamu harus paham bagaimana cara agar konten TikTok viral dan sering masuk FYP. Memahami teknik marketing adalah salah satu hal yang kamu perlukan.

 

6 dari 6 halaman

9. Promosikan Musik

Kamu juga bisa mencoba cara ini untuk hasilkan uang di TikTok. Salah satunya dengan promosi lagu ke video pendek kamu.

Baik dengan cara lipsync atau membuat konten dance. Nah, jika kamu dianggap punya followers dan engagement yang besar, bisa saja musisi membayar kamu untuk promosikan musik mereka ke video kamu.

10. Jual Akun TikTok Kamu

Kamu bisa membangun akun TikTok kamu hingga punya banyak followers dan engagement yang baik. Lalu untuk mendapatkan uang, kamu bisa menjualnya.

11. Daftar TikTok Affiliate

Kamu bisa mendaftarkan diri di program TikTok Affiliate untuk mendapat uang lewat TikTok. Sekadar informasi, Afiliasi merupakan program yang bisa membuat kamu mempromosikan produk tertentu dan mendulang komisi dari penjualan produk.

Cara kerjanya, kamu bisa menambahkan tautan afiliasi produk pada keranjang kuning saat membuat konten video.

Kalau ada orang yang klik link tersebut, kamu akan otomatis mendapatkan komisi dari situ. Tentunya, ada syarat yang harus dipenuhi sebuah akun agar bisa diterima sebagai afiliator.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.