Sukses

Ulang Tahun Jakarta: Transportasi Umum, Kuliner Khas, hingga Progres IKN Banyak Dicari di Google

Menyambut ulang tahun Jakarta, Google mencatat beberapa topik menarik yang banyak dicari pengguna, seputar daerah khusus ibu kota ini

Liputan6.com, Jakarta - DKI Jakarta tengah merayakan ulang tahun ke-496 pada hari ini, Kamis (22/6/2023). Google Indonesia pun mengungkapkan beberapa temuan menarik di laman pencarian mereka, terkait ulang tahun Jakarta.

Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia mengatakan, perayaan ulang tahun Jakarta menjadi momen yang dinanti dan selalu seru saat dirayakan oleh masyarakat.

Menurutnya, Google Trends menunjukkan berbagai cara masyarakat untuk merayakannya.

"Dari pencarian seputar gambar hut Jakarta yang mengalami lonjakan hingga 100% selama satu tahun terakhir hingga mengekspresikan cinta terhadap Jakarta melalui puisi hut DKI Jakarta," ujarnya.

"Tentunya ini hanya salah satu antusiasme masyarakat untuk merayakan hari jadi Jakarta ini. Apapun cara perayaan nya, beragam fitur di Google dapat membantu masyarakat untuk merayakannya, hanya dengan akses melalui ponsel mereka."

Mengutip siaran persnya, Google mengungkapkan, salah satu yang banyak dicari oleh pengguna adalah informasi soal tahun terakhir Jakarta menjadi ibu kota negara yang akan berpindah, atau progres pembangunan IKN.

Menurut Google, topik ini jadi salah satu yang banyak ditelusuri pengguna, mencatat terjadi peningkatan pesat atau breakout dalam setahun terakhir.

Selain itu, terkait ulang tahun Jakarta, biasanya akan ada selebrasi pertunjukan seni dan festival budaya, khususnya makanan atau kuliner.

Google menyebut, makanan khas Jakarta tidak hanya menarik bagi warga yang tinggal di Jakarta, tetapi juga di kota-kota lain di seluruh Indonesia. Riau contohnya, jadi kota teratas yang mencari "cara membuat nasi uduk."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kuliner Khas Jakarta

Untuk tipe makanan yang trending di Google adalah jajanan. Jajanan khas Jakarta juga banyak menjadi kata kunci yang dicari oleh masyarakat di Indonesia dari berbagai daerah.

Penelusuran seputar kue cucur tercatat meningkat sebanyak lebih dari 60 persen dalam setahun terakhir, membuatnya menjadi istilah penelusuran terpopuler di Google selama setahun kebelakang.

Lalu kue pancong banyak ditelusuri oleh masyarakat khususnya di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah; sedangkan putu mayang mengalami peningkatan pencarian lebih dari 140 persen selama setahun terakhir.

Minuman khas Jakarta yang juga banyak dicari, khususnya warga Jakarta, didominasi oleh bir pletok, es doger, dan es selendang mayang. Pencarian tentang asal es doger juga meningkat sampai lebih dari 90 persen.

3 dari 4 halaman

Transportasi Umum di Jakarta

Topik menarik lain yang disorot Google adalah soal transportasi umum di Jakarta. Penelusuran seputar LRT, dan TransJakarta masing masing naik lebih dari 70 persen, sedangkan Jakarta MRT mengalami peningkatan lebih dari 90 persen.

Transportasi lain yaitu Jak Lingko, moda transportasi bus kecil atau Mikrotrans, yang bisa diakses dengan tarif Rp 0, juga mencuri perhatian warga Jakarta pengguna Google.

Pencarian Cara beli kartu Jak Lingko misalnya, mengalami peningkatan pesat (breakout) dalam setahun terakhir. Sementara, pencarian Jalur Jak Lingko mengalami peningkatan lebih dari 110 persen selama setahun terakhir.

4 dari 4 halaman

Ulang Tahun Jakarta, Naik TransJakarta, MRT, dan LRT Bayar Rp 1

Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberlakukan tarif Rp1 untuk transportasi umum TransJakarta, MRT, LRT pada Kamis (22/6) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Jakarta. Jakarta pada tahun ini memasuki tahun ke-496.

"Sebenarnya gratis, tapi karena terkait dengan pencatatan transaksi maka dikenakan satu rupiah saja," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dikutip dari Antara, Kamis (22/6/2023).

 Syafrin menyampaikan layanan Rp1 berlaku pada 22 Juni 2023 pukul 00.00-23.59 WIB.

Namun, pengguna transportasi umum tetap wajib menempelkan tiket (tap in) di gerbang penumpang agar saldo uang elektronik terpotong Rp1 dan tercatat telah melakukan transaksi di dalam sistem.

"Namun dalam penerapannya karena agar tercatat satu kali transaksi maka tetap akan dicatat Rp1. Satu rupiah saja, hitungannya Rp1 kan gratis," ujar Syafrin.

Direktur Utama TransJakarta Welfizon Yuza mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan TransJakarta sebagai moda transportasi yang memiliki peran utama dalam perubahan iklim di DKI Jakarta menjadi lebih baik.

"Untuk layanan TransJakarta, Mikrotrans, TransJakarta Cares, Bus Wisata tetap berlaku tarif Rp0 atau gratis."

"Bagi pelanggan dihimbau untuk membawa kartu uang eletronik (KUE) ketika akan menggunakan layanan TransJakarta. Untuk selalu mendapatkan informasi terbaru tentang TransJakarta," jelas Welfizon dalam keterangan tertulisnya.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.