Sukses

WhatsApp Kini Bisa Bungkam Penelepon Tak Dikenal Secara Otomatis

Fitur WhatsApp yang disebut Silence Unknown Callers ini akan membungkam penelepon tak dikenal atau panggilan spam sehingga ponsel tak berdering. Panggilan itu hanya akan muncul di daftar panggilan.

Liputan6.com, Jakarta - Lewat update terbaru yang dirilis Meta, WhatsApp ingin membuat pengguna tidak terganggu dengan panggilan spam atau penelepon tak dikenal.

Fitur yang disebut Silence Unknown Callers ini akan membungkam penelepon tak dikenal atau panggilan spam sehingga ponsel tak berdering. Panggilan itu hanya akan muncul di daftar panggilan.

Untuk sebagian besar pengguna, fitur ini diklaim menawarkan perpaduan antara kepraktisan dan privasi. Bicara tentang privasi, WhatsApp juga memperkenalkan fitur bernama Privacy Checkup.

"Memilih opsi 'Mulai pemeriksaan' di pengaturan Privasi akan mengarahkan kamu ke beberapa lapisan privasi yang memperkuat keamanan pesan, panggilan, dan informasi pribadi," kata perusahaan sebagaimana dikutip dari Engadget, Selasa (20/6/2023).

Dengan melakukan langkah itu, pengguna memiliki opsi seperti "Pilih siapa yang dapat menghubungi kamu", "Kontrol info pribadi", "Tambahkan lebih banyak privasi ke obrolan", dan "Tambahkan lebih banyak perlindungan ke akun".

Di sisi lain, WhatsApp juga merilis video baru yang emosional, mendorong pengguna WhatsApp untuk memeriksa teman yang mungkin mereka khawatirkan.

Perusahaan bahkan menyediakan templat: "Hei, saya memikirkan kamu. Saya di sini jika kamu perlu mengobrol. Tidak ada orang lain yang dapat melihat ini selain kami. Dan kamu juga dapat mengaktifkan mode menghilang atau menggunakan kunci obrolan fitur."

Ini adalah cara WhatsApp untuk mempromosikan fitur privasi utama, salah satunya fitur kunci chat yang baru saja diperkenalkan bulan lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

WhatsApp Kembangkan Fitur Berbagi Pesan Video Singkat, Mirip Telegram

Sebelumnya, WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya mengirimkan video pesan singkat. Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh WABetaInfo.

Mengutip informasi dari Android Police, Minggu (18/6/2023), fitur ini ditemukan pada aplikasi WhatsApp beta untuk Android versi 2.23.8.19. Sementara di iOS, fitur ini diketahui ada pada aplikasi beta versi 23.6.0.73.

Menurut WABetaInfo, fitur ini bisa ditemukan melalui ikon mikrofon yang ada di sebelah kotak untuk mengirimkan pesan. Apabila diklik, ikon tersebut nantinya akan berubah menjadi kamera yang menandakan pengguna dapat memakainya untuk merekam video.

Untuk merekam video, pengguna tinggal menahan ikon kamera tersebut, sama seperti ketika pengguna mengirimkan pesan suara. Durasi video singkat yang bisa direkam hanya 60 detik.

Sekilas, fitur ini memang tidak membawa perubahan besar. Namun, bagi sebagian pengguna fitur ini tentu bisa membantu.

Sebagai contoh, fitur ini dapat dipakai untuk mengirimkan pesan secara langsung tanpa perlu repot mengetik terlebih dulu. Sama seperti fitur lain di WhatsApp, fitur ini juga didukung enkripsi end-to-end.

Selain itu, video yang dikirimkan tidak bisa diteruskan ke orang lain, melainkan hanya bisa dilihat penerima pesan. Kendati sudah hadir di versi beta, belum diketahui kapan fitur ini akan hadir ke pengguna aplikasi WhatsApp lainnya.

Perlu diketahui, fitur ini bukan pertama kali hadir di aplikasi chatting. Telegram yang sering disebut sebagai pesaing berat WhatsApp telah memiliki fitur serupa sejak lama.

3 dari 5 halaman

Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Gunakan Banyak Akun dalam Satu Perangkat

Di sisi lain, WhatsApp dikabarkan tengah menggarap fitur baru yang menarik bagi pengguna. Pembaruan ini akan mendukung multi-akun untuk aplikasi versi Android. 

Menurut laporan WABetaInfo, Jumat (16/6/2023), fitur ini memungkinkan pengguna beralih antar profil di perangkat yang sama. Tampaknya, fitur ini akan bekerja layaknya perpindahan akun pada aplikasi Meta lainnya, seperti Instagram.

Fitur multi-akun ini mungkin bermanfaat bagi pengguna yang memiliki beberapa nomor untuk tujuan berbeda, seperti nomor kantor, pribadi, atau bisnis. Pengguna juga bisa mengelola banyak akun dan percakapan khusus sesuai konteksnya.

“Kami menemukan bahwa WhatsApp bekerja pada fitur multi-akun, dan akan tersedia di pembaruan aplikasi mendatang,” tulis WABetaInfo dalam unggahannya di Twitter.

Fitur ini tampaknya sedang dalam pengembangan pada Android beta versi 2.23.13.5 dan baru difokuskan untuk WhatsApp Business. Namun, diduga fitur juga akan hadir di WhatsApp Messenger. 

4 dari 5 halaman

Akun Utama Tersimpan, Meski Tambah Akun Lain di 1 Perangkat

Berdasarkan tangkapan layar dalam unggahan tersebut, terlihat pop-up yang menyediakan beberapa akun dalam satu perangkat.

Ketika pengguna menambahkan akun lainnya, akun utama akan tetap tersimpan di perangkat selama akun tidak dikeluarkan. Dengan begitu, pengguna dapat berpindah akun kapan pun.

Diketahui, fitur baru WhatsApp ini masih dalam pengembangan dan akan dirilis ke penguji beta dalam pembaruan mendatang. 

Namun, belum diketahui berapa banyak nomor atau akun yang dapat ditambahkan dan kapan fitur ini akan tersedia secara resmi untuk seluruh pengguna iOS dan Android. 

5 dari 5 halaman

Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini