Sukses

Microsoft Luncurkan Konsol Xbox Series S Varian 1TB, Usung Desain Warna Hitam

Microsoft meluncurkan Xbox Series S dengan penyimpanan yang lebih besar di 1TB, di mana varian ini akan hadir dengan warna hitam.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft mengumumkan konsol game Xbox Series S edisi terbaru dengan penyimpanan yang lebih besar yaitu 1TB, dan hadir dengan warna hitam.

Pengumuman Xbox Series X Carbon Black ini dilakukan di Xbox Games Showcase, secara langsung oleh CEO Xbox Phil Spencer, seperti dikutip dari The Verge, Senin (12/6/2023).

Xbox Series S versi awal dirilis dengan penyimpanan paling tinggi di 512GB. Untuk konsol dengan penyimpanan 1TB, versi ini dijual dengan harga USD 349 (sekitar Rp 5,1 juta).

Tidak ada perbedaan yang signifikan selain dari sisi penyimpanan maupun tampilan luarnya, di mana edisi baru ini hadir dengan warna hitam. Xbox Wireless Controller-nya pun juga akan berwarna hitam.

Sementara itu, mengutip situs resmi Xbox, konsol game ini juga akan tetap memiliki kecepatan dan kinerja yang sama dengan Series S 512GB. Hanya saja, penyimpanannya dua kali lipat lebih besar.

Selain itu, fitur-fitur yang akan hadir di perangkat ini lainnya seperti Quick Resume, waktu yang cepat untuk loading, dan gameplay hingga 120 FPS, yang seluruhnya didukung Xbox Velocity Architecture.

Microsoft juga sudah membuka pre-order untuk Xbox Series S 1TB ini melalui microsoftstore.com dan xbox.com, sementara perangkat baru akan dijual 1 September 2023 mendatang, berdekatan dengan rilis game Starfield dan Forza Motorsport.

Lebih lanjut, dalam Xbox Games Showcase, Phil Spencer juga mengatakan bahwa Microsoft akan meningkatkan pengiriman Xbox Series S, demi memenuhi permintaan pasar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Xbox Series S

Spesifikasi Xbox Series S, perangkat ini hadir dengan ukuran 27,5 x 15,1 x 6,5 cm. Bentuknya juga unik dengan kotak persegi panjang dan sebuah bulatan besar berwarna hitam di bodi.

Xbox Series S dan X sama-sama diotaki oleh prosesor berarsitektur AMD Zen 2. Berdasarkan informasi dari Microsoft, Series S dilengkapi dengan CPU delapan-inti 3,6GHz dan RAM 10GB.

Sebagai perbandingan, Series X dengan CPU delapan inti 3,8GHz dan GDDR6 RAM 16GB memang tampil lebih bertenaga. Sebagai imbalan performa lebih rendah, pemain akan mendapatkan konsol lebih kecil dan harga terjangkau.

Hal menarik lainnya adalah fitur "Quick resume" yang disertakan Microsoft ke dalam konsol. Fitur ini memungkinkan gamer untuk dapat melanjutkan bermain game langsung dari saat momen mereka keluar dari game atau mematikan konsol.

3 dari 4 halaman

Harga Resmi Xbox Wireless Controller

Sementara itu, Microsot akhirnya meluncurkan stik Xbox Wireless Controller anyar mereka di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Rencananya, stik Xbox Wireless Controller baru ini akan diluncurkan pada Juli 2023 dengan banderol harga mulai dari Rp 990.000.

Harga Xbox Wireless Controller 

Berikut adalah varian warna dan harga Xbox Wireless Controller di Indonesia.

  • Wireless Controller + USB-C Cable (Warren) – Rp 990.000
  • Carbon Black (Sundown) – Rp 990.000
  • Robot White (Merlin) – Rp 990.000
  • Shock Blue (Vauxhall) – Rp 1.050.000
  • Pulse Red (Valentine) – Rp 1.050.000
  • Electric Volt (Wake) – Rp 1.050.000

 

4 dari 4 halaman

Fitur Xbox Wireless Controller

Berikut beberapa fitur dari stik Xbox Wireless Controller:

  • Bisa main secara nirkabel atau pakai kabel USB-C 9 inci.
  • Desain Xbox Wireless Controller anyar lebih modern dengan daya tahan baterai mencapai 40 jam.
  • D-pad hybrid lebih presisi, pegangan bertekstur pada trigger, bumper, dan casing belakang. Colokkan headset kompatibel dengan jack headset audio 3,5 mm.
  • Abadikan dan bagikan konten dengan mulus menggunakan tombol Share.Atur tombol sesai dengan kehendak lewat aplikasi Xbox Accessories.
  • Pasangkan dan beralih dengan cepat antara PC Windows 10, Xbox Series S|X, Xbox One, ponsel Android dan iOS, atau tablet.

Gamer setia Xbox atau PC Windows bakal bisa membeli kontroler baru ini di sejumlah toko retail langganan mereka, saat perangkat tersebut mulai tersedia resmi Juli mendatang.

Informasi, peluncuran Xbox Wireless Controller ini bertepatan dengan perayaan 1 tahuun PC Games mulai menyambangi pasar Asia Tenggara.

Selain dapat digunakan bermain game di laptop/PC Windows, kontroler Xbox ini juga dapat dipakai main game di konsol Xbox One, Xbox Series S|X, PC Windows 10/11, dan perangkat mobile.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.