Sukses

Apple Perkenalkan Fitur untuk Kurangi Risiko Rabun Jauh Pada Anak

Liputan6.com, Jakarta - Selama WWDC 2023 (Worldwide Developers Conference), Apple menyoroti fitur-fitur yang ditargetkan untuk mengurangi ketegangan mata anak-anak. Fitur ini diwujudkan dengan sensor siang hari dan peringatan untuk menjauhkan layar dari mata pengguna. 

Meskipun fitur ini dapat digunakan oleh siapa saja, Apple mengatakan bahwa mereka lebih menargetkan anak-anak karena kekhawatiran miopia atau rabun jauh, seperti dikutip dari Engadget, Selasa (6/6/2023).

Pada konferensi pengembang ini, Apple menyebut, menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan saat siang hari dapat membantu mengurangi resiko rabun jauh pada anak

Karenanya, Apple Watch akan menggunakan sensor cahaya sekitar untuk mengukur berapa banyak waktu yang telah pengguna habiskan di luar ruangan.

Data tersebut akan muncul di aplikasi Health dan Health Sharing untuk keluarga. Hal ini memungkinkan orang tua atau wali mengakses informasi untuk mengawasi anak-anak. 

Apple menjelaskan, anak-anak yang menggunakan Apple Watch dapat terhubung ke iPhone orang tua dan wali mereka untuk berbagi data kesehatan.

Sebelumnya, Apple telah menampilkan pratinjau beberapa fitur kesehatan dan aksesibilitas untuk Global Accessibility Awareness Day (GAAD) pada Mei lalu. 

Menurut American Optometric Association, miopia biasanya berkembang pada masa kanak-kanak dan memengaruhi sekitar 30 persen populasi Amerika Serikat.

Karena itu, Apple juga melakukan upaya lain untuk mengurangi risiko rabun jauh, yaitu dengan pendeteksi jarak layar baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

Fitur Screen Distance Ingatkan Pengguna Jarak Aman dengan Layar

Fitur bernama Screen Distance ini menggunakan teknologi kamera di belakang Face ID pada perangkat.

Saat pengguna terlalu dekat dengan layar perangkat, fitur akan mengirimkan peringatan melalui notifikasi. Pengguna pun akan diminta menjauhkan perangkat dari wajah mereka.

Pengaturan jarak layar ini juga mampu memberi tahu pengguna jika mereka cukup jauh dari layar untuk mengurangi kemungkinan kerusakan penglihatan. 

Menurut Apple, semua data aplikasi Health, termasuk pembaruan penglihatan anak-anak anak dienkripsi. Fitur-fitur tersebut ini direncanakan tersedia sebagai bagian dari watchOS 10.

3 dari 4 halaman

Fitur Baru iOS 17 yang Ditunggu Pengguna iPhone

Selain WatchOS 10, Apple juga akan memperkenalkan sejumlah fitur baru untuk iOS 17 pada WWDC 2023. 

Salah satu fitur yang telah ditunggu-tunggu pengguna iPhone adalah deteksi mood atau suasana hati di aplikasi Health (kesehatan).

Fitur baru yang terdapat pada iOS 17 ini mampu melacak emosi dan mengatur kondisi penglihatan di aplikasi Health pada iPhone. Diharapkan pula fitur ini akan turut diluncurkan ke iPad.

Tak hanya itu, peluncuran iOS 17 hari ini juga memberi peningkatan pada Safari, dengan menambahkan perlindungan lebih besar untuk aplikasi Health yang memiliki serangkaian fitur kesehatan mental terbaru. 

4 dari 4 halaman

Fitur Keamanan Check In dan Aplikasi Jurnal

Pada sistem operasi iPhone terbaru ini, Apple juga menambahkan fitur keamanan terbaru yang mengambil alih tugas check-in bersama anggota keluarga saat bepergian. 

Adapun cara kerja dari fitur ini adalah dengan memberi tahu teman dan anggota keluarga pengguna secara otomatis saat pengguna tiba di tempat tujuan.

Jika pergerakan pengguna menuju tujuan tidak terdeteksi, kontak yang telah dipilih sebelumnya akan mendapatkan lokasi perangkat pengguna, tingkat baterai, dan status layanan seluler.

Selain itu, aplikasi Journal juga menjadi fitur terbaru di iOS 17 yang mencakup penulisan jurnal dari aktivitas terbaru pengguna, misalnya dengan menyertakan foto, orang, tempat, dan waktu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.