Sukses

Google Rilis Fitur Help Me Write di Gmail, Pengguna Bisa Tulis Email Lebih Cepat dan Efisien dengan Bantuan AI

Google merilis fitur AI generati bernama Help Me Write untuk membantu Anda menulis email lebih cepat dan mudah di Gmail. Fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan akan segera dirilis secara global.

Liputan6.com, Jakarta - Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) memang belakangan ini sedang menjadi topik hangat, dalam pengembangan teknologi sejumlah perusahaan besar di masa mendatang.

Salah satu perusahaan yang menaruh perhatian besar dengan teknologi AI ini adalah Google. Ini terbukti ketika raksasa mesin pencari itu menggelar Google I/O 2023 awal bulan Mei kemarin.

Dalam acara tahunan tersebut, Google mengumumkan akan menambahkan fitur berbasis AI ke berbagai lini produk mereka. Salah satu produk itu adalah Gmail.

Pada layanan email dengan 1,8 miliar pengguna aktif, Google menambahkan fitur AI generatif bernama Help Me Write. Pengguna Gmail pun dapat dengan mudah menggunakan fitur AI ini.

Mengutip Business Today, Senin (5/6/2023), pengguna hanya perlu mengetikkan kalimat atau kata di email dan mengeklik tombol "Help Me Write".

Ketika diklik, nantinya AI generatif buatan Google akan menghasilkan draf email yang dapat diedit dan diselesaikan oleh pengguna Gmail.

Google mengklaim, fitur Help Me Write ini dapat dipakau untuk berbagai tugas email, seperti mengirimkan ucapan terima kasih singkat, menjadwalkan rapat, atau menindaklanjuti email lawan bicara.

Tak hanya itu, fitur Help Me Write ini juga dapat dipakai bila, seperti mengirim lamaran pekerjaan dan masih banyak lainnya.

Sayangnya, fitur AI di Gmail ini masih belum dirilis ke seluruh pengguna secara global. Sejak diumumkan oleh CEO Google, Sundar Pichai, di Google I/O 2023 "Help Me Write" ini masih hanya untuk pengguna terbatas dan baru di Amerika Serikat.

Pichai sendiri menyebutkan, fitur Help Me Write ini bakal segera meluncur secara global bagi pengguna Google Workspace. Namun, dia tidak menyebutkan secara pasti kapan fitur tersebut dirilis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Menggunakan Help Me Write

Ilustrasi cara membuat email, Gmail, desktop. (Photo by Solen Feyissa on Unsplash)

Help Me Write adalah fitur berbasis AI yang dapat membantu Anda menulis email lebih cepat dan mudah. Fitur ini memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Menghemat waktu.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menulis email dari awal. Cukup berikan masukan kepada AI dan biarkan ia membuatkan draf email untuk Anda.

  • Meningkatkan keterampilan menulis.

Anda dapat belajar dari saran dan feedback yang diberikan oleh AI. Anda juga dapat membandingkan draf yang dihasilkan oleh AI dengan email Anda tulis sendiri.

  • Membuat email yang lebih profesional.

AI dapat membantu Anda memilih kata-kata, gaya, dan nada sesuai dengan tujuan dan konteks email Anda. AI juga dapat membantu Anda menghindari kesalahan ejaan atau tata bahasa.

  • Tetap teratur.

AI dapat membantu Anda melacak template email yang Anda gunakan untuk tugas-tugas tertentu. Anda juga dapat menyimpan draf email dihasilkan oleh AI untuk digunakan di kemudian hari.

 

3 dari 3 halaman

Tips Menggunakan Help Me Write Secara Efektif

Ilustrasi cara,mengetahui kata sandi, Gmail, Android. (Photo by Solen Feyissa on Unsplash)

Help Me Write adalah fitur yang mudah digunakan, tetapi ada beberapa tips yang dapat membantu Anda mendapatkan hasil terbaik dari fitur ini:

  • Berikan masukan yang spesifik

Semakin banyak informasi yang Anda berikan kepada AI, semakin baik draf email yang dihasilkannya. Misalnya, jika Anda ingin mengirim ucapan terima kasih, beritahu AI kepada siapa, untuk apa, dan kapan Anda ingin mengirimnya.

  • Edit draf yang dihasilkan oleh AI

AI masih dalam tahap pengembangan, jadi mungkin tidak selalu menghasilkan email yang sempurna. Anda harus selalu memeriksa dan mengedit draf email sebelum mengirimnya.

  • Gunakan Help Me Write untuk berbagai tugas

AI dapat digunakan untuk menulis email untuk apa saja, mulai dari mengirim ucapan terima kasih hingga menjadwalkan rapat. Cobalah menggunakan fitur ini untuk tugas-tugas yang berbeda dan lihat bagaimana AI dapat membantu Anda.

  • Berikan feedback kepada AI

Semakin banyak umpan balik yang Anda berikan kepada AI, semakin baik AI dalam menghasilkan draf email. Anda dapat memberikan umpan balik dengan mengeklik tombol “Rate this draft” atau “Send feedback” setelah menggunakan fitur ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.