Sukses

Cara Bayar PBB dan E-Samsat Online Lewat Tokopedia

Tokopedia menghadirkan layanan pembayaran pajak melalui Loket Pajak Tokopedia, pengguna pun bisa bayar pajak PBB dan kendaraan bermotor melalui E-Samsat Online di Tokopedia. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Warga negara Indonesia berkewajiban membayar berbagai jenis pajak, termasuk di antaranya Pajak Bumi Bangunan (PBB) yang harus dibayar individu ataupun badan yang memiliki tanah dan bangunan tiap tahunnya.

Selain itu, masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor wajib membayar Pajak Kendaraan Bermotor setiap tahun serta memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) setiap lima tahun. Masyarakat pun bisa dengan mudah membayar berbagai jenis pajak tersebut melalui Tokopedia.

Pasalnya, kini Tokopedia telah memiliki layanan pembayaran pajak online yang bernama Loket Pajak Tokopedia.

Dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Head of Sales and Operation Development Tokopedia, Jonathan Tricahyo, mengatakan Tokopedia bersinergi dengan pemerintah pusat dan daerah serta berbagai mitra strategis lain dalam menghadirkan Loket Pajak Tokopedia.

"Kami bersinergi dengan pemerintah pusat, daerah, dan mitra strategis lain demi memungkinkan masyarakat membayar berbagai jenis pajak, termasuk kepada masyarakat di 260 kota/kabupaten untuk membayar PBB online, dengan lebih dari 50 metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia," kata Jonathan.

Loket Pajak Tokopedia ini memungkinkan masyarakat mengatur fitur E-Samsat untuk membayar PKB dan biaya penerbitan STNK.

Cara Bayar PBB di Tokopedia:

  1. Ketik PBB di kolom pencarian Tokopedia
  2. Pilih cluster untuk memilih provinsi, kota/kabupaten, dan tahun pajak yang akan dibayar
  3. Masukkan Nomor Objek Pajak
  4. Cetak Tagihan dan akan muncul rincian tagihan.
  5. Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang diinginkan
  6. ketika pembayaran sukses, sistem akan mengirimkan notifikasi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keringanan Turut Diimplementasikan ke Layanan Pembayaran Pajak Tokopedia

Untuk pembayaran PBB DKI Jakarta, berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 5 Tahun 2023, Objek Pajak dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di atas 2 miliar mendapatkan tambahan pembebasan sebesar 5 persen.

Masyarakat DKI Jakarta bisa mendapatkan keringanan pembayaran untuk periode hingga Juni 2023, sebesar Juni 2023 sebesar 10 persen (tahun pajak 2023) dan 20 persen sekaligus penghapusan sanksi administrasi (tahun pajak 2013-2022).

Jonathan mengatakan, berbagai keringanan itu sudah diimplementasikan ke dalam sistem pembayaran PBB lewat Tokopedia. Jadi, ketika masyarakat membayar PBB melalui platform Tokopedia, mereka bisa langsung menikmati keringanan yang diberikan pemerintah tersebut.

Apalagi, menurutnya, Tokopedia memberikan cashback kepada pengguna yang membayar PBB melalui Tokopedia.

Sekadar informasi, Tokopedia mencatat nilai transaksi melalui fitur PBB online meningkat hampir 50 persen pada kuartal 1 dibandingkan kuartal 1 2022.

"Lewat kolaborasi dengan mitra strategis, termasuk pemerintah daerah di level provinsi maupun kota/kabupaten, diharapkan dapat terus mendorong masyarakat dalam melakukan kewajiban pajak sekaligus berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan asli daerah," kata Jonathan.

3 dari 4 halaman

Cara Pembayaran E-Samsat Online

  • Berikut adalah cara membayar PKB melalui fitur E-Samsat online Tokopedia:
  • Ketik Samsat di kolom pencarian Tokopedia
  • Pilih Loket Pajak Tokopedia
  • Pilih E-Samsat
  • Pilih wilayah dan masukkan kode bayar, bisa didapatkan daeri aplikasi Samsat masing-masing daerah atau melalui SMS ke Dispenda Samsat
  • Klik Cek Tagihan dan pilih metode pembayaran
  • Pengguna akan mendapatkan struk via email untuk ditukarkan ke SKPD di layanan Samsat daerah masing-masing

Masyarakat DKI Jakarta yang ingin membayar PKB:

  • Ketik Samsat di kolom pencarian Tokopedia
  • Pilih Signal
  • Masukkan kode bayar yang bisa didapatkan dari aplikasi Signal, pilih metode pembayaran sesuai preferensi, lakukan pembayaran
  • Setelah pembayaran sukses, status pembayaran pengguna akan berubah secara otomatis pada aplikasi Signal
  • Pengguna pun akan menerima Tanda Bukti Pembayaran Kendaraan Bermotor (TBPKB digital yang sah).

 

4 dari 4 halaman

Peningkatan Angka Pembayar E-Samsat Online di Tokopedia Naik 40 Persen

Adapun data internal Tokopedia menyebut, nilai transaksi lewat fitur E-Samsat online di Tokopedia terus meningkat setiap tahunnya.

Pada kuartal 1 2023, tercatat peningkatan sebesar hampir 40 persen, jika dibandingkan kuartal 1 2022.

Bukan hanya PBB dan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui E-Samsat Online, Tokopedia juga permudah pembayaran pajak lainnya.

Layanan tersebut ada di bawah fitur Pajak Online yang bisa dipakai untuk membayar Pajak Penghasilan (Pph), Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM dan bea materai, Bea Cukai, Bayar Paspor, serta pajak daerah lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.