Sukses

Apa Itu Pragos, Tren yang Lagi Viral di TikTok

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tahun terakhir, platform media sosial TikTok jadi tren bagi banyak orang tetutama anak-anak muda. Para pengguna ini selalu mengunggah berbagai hal baru yang kemudian menjadi tren, hingga diikuti pengguna lainnya.

Berbagai istilah pun muncul secara khusus menjadi viral di TikTok. Karena penggunanya yang begitu banyak, istilah ini pun kerap terdengar bahkan di telinga orang yang bukan pengguna TikTok.

Akibatnya, banyak yang bertanya-tanya mengenai tren baru yang ada di TikTok dan ingin tahu apa artinya. Misalnya yang baru-baru ini ramai adalah tren Pragos di TikTok.

Sekadar informasi, di Kamus Besar Bahasa Indonesia, tidak ditemukan kata Pragos. Jadi, Pragos bukanlah istilah atau kata dalam bahasa Indonesia.

Namun menurut pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (26/5/2023), berbagai unggahan dengan kata Pragos di TikTok memperlihatkan Pragos dipakai sebagai konten video. Selain itu, ada banyak akun yang memakai foto Pragos sebagai profil picture.

Siapa itu Pragos?

Sekadar informasi, Pragos merupakan karakter dalam serial animasi Little Krishna. Tokoh Pragos ini jadi viral karena ia digambarkan sebagai bocah lelaki dengan tubuh agak gemuk dan kulitnya coklat gelap.

2 dari 3 halaman

Berbagai Contoh Penggunaan Pragos di TikTok

Konten di TikTok pun banyak mengambil potongan adegan saat tokoh Khrisna dan Pragos pertama berkenalan.

Dalam adegan tersebut, Khrisna bertanya nama bocah lelaki gemuk dan berkulit coklat gelap itu. Bocah itu pun menjawab namanya "Pralam" namun ia meralatnya dan menyebutkan nama "Pragos".

@arifcrypton salam PRAGOS #pragos #trend #pragostrend #sayapragos ♬ Keju Joget pride - LevianπŸ”±

Entah bagaimana ceritanya, potongan adegan ini pun banyak diunggah di TikTok. Bahkan ada yang menambahkan dengan berbagai video lain, misalnya membandingkan Pragos dengan foto seseorang yang dianggap mirip dengan Pragos.

@rizqiabayxcreativity apalah daya aku yang kaya#pragos #trendpragos #idamanmu #sedangkan #aku #pragos #khrisna_3 #kartun #antv #fyp #fypγ‚· #CapCut #sadv #gamon #storysad ♬ suara asli - π•¬π–‡π–†π–ž π–π–Šπ–“π–Œπ–†π–™πŸ΄β€β˜ οΈ - ᴀʙᴀʏ α΄Šα΄‡Ι΄Ι’α΄€α΄›πŸ₯€πŸ’”

Ciri orang yang mirip dengan Pragos ini digambarkan sebagai pria dengan rambut berwana agak kemerahan, kulit coklat gelap, dan agak gemuk.

3 dari 3 halaman

Arti Kata Pragos Menurut Orang-Orang

Pada sejumlah unggahan, konten Pragos juga menggunakan cuplikan serial animasi Little Krishna, lengkap dengan menampilkan tokoh Pragos. Baik itu untuk memperlihatkan kemiripan antara tokoh Pragos dengan wajah asli seseorang atau membuat video meme.

Selain itu, banyak pula akun TikTok yang menggunakan gambar tokoh Pragos di serial animasi Little Krishna sebagai profile picture.

Kendati demikian, tidak ada informasi jelas mengenai arti kata Pragos yang belakangan viral di TikTok.

Namun sejumlah akun menyebut Pragos dengan berbagai arti dan singkatan. Misalnya ada yang menyebutnya "Pria gosong", "Pria tukang ghosting", "Pria bos", "raja setan," dan lainnya.

Menurut kamu yang sering memakai TikTok, apa itu Pragos?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.