Sukses

Siapa Windah Basudara, YouTuber yang Cetak Rekor Raih Donasi Rp 1 Miliar dari Live Streaming 6 Jam

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui siapa Windah Basudara, sosok YouTuber gaming yang populer di Indonesia saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - YouTuber Windah Basudara kembali menarik perhatian publik setelah menggelar aksi live streaming. Alasannya, ia bersama dengan teman-temannya di Jaya Esports baru saja menggelar live streaming untuk amal yang diadakan selama enam jam.

Yang menarik, selama live streaming tersebut, ia berhasil mengumpulkan donasi dengan nilai fantastis, yakni Rp 1,3 miliar. Rencananya, uang tersebut akan disumbangkan ke sejumlah lembaga melalui Kitabisa.com.

Perlu diketahui, live streaming charity ini diadakan tidak lama setelah ia mengumumkan akan istirahat dari aktivitasnya di YouTube. Selama live streaming, ia memainkan sejumlah game seperti Tekken, WWE 2K23, FIFA 23, hingga Genshin Impact.

Lantas, siapa Windah Basudara yang dikenal sebagai sosok dermawan ini? Windah Basudara memiliki nama asli Brando Franco Windah.

Pria kelahiran 1992 itu mulai mengembangkan kanal YouTube-nya sejak 2018. Ia pun dikenal sebagai salah satu kreator konten game populer di Indonesia.

Hal itu terbukti dari jumlah subscriber-nya yang kini sudah mencapai 10,5 juta. Selain sebagai kreator konten game, Windah Basudara juga menjadi brand ambassador dari tim esports RRQ.

Windah Basudara sendiri bukan kali pertama menggelar live streaming charity. Sebelumnya, ia pernah melakukan hal serupa untuk menggalang dana bagi seorang anak yang dikenal dengan nama Okky Boy.

Sebagai seorang kreator konten yang populer, ia juga sudah memiliki penggemarnya sendiri yang diberi nama Bocil Kematian. Meski sudah menjadi kreator konten kenamaan, kanal YouTube Windah Basudara sempat mengalami masalah setelah sempat menjadi korban peretasan.

Pada pertengahan 2022, akun YouTube Windah Basudara sempat diduga menjadi korban serangan hacker. Akibatnya, ketika itu, seluruh video miliknya dibuat privat, sehingga tidak bisa diakses para penonton.

Lalu di Maret 2023, ia juga sempat mengungkapkan bakal rehat dari YouTube. Windah Basudara melakukannya usai mencapai 10 juta subscriber.

"Gue cuma rehat guys, nanti juga balik lagi," kata Windah Basudara. 

Ia pun berpersan pada sejumlah penonton setianya,'ll be back. Kalian semua teruslah mengejar cita-cita dan impian kalian. Jangan pernah berhenti mengejar mimpi, karena selagi pun mimpi gagal kita kita bisa menciptakan mimpi-mimpi baru."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Jam Live Streaming Charity, YouTuber Windah Basudara Sukses Kumpulkan Donasi 1 Miliar

Sebelumnya, bersama teman-temannya di Jaya Esports, Windah Basudara melakukan live streaming di YouTube selama enam jam dan sukses mengumpulkan sekitar Rp 1,3 miliar, yang nantinya akan disumbangkan ke sekitar 20 lembaga di Kitabisa.com.

Tak cuma memainkan sejumlah game seperti Tekken, WWE 2K23, FIFA 23, hingga Genshin Impact, pria yang pernah bekerja sebagai pelayan restoran itu juga menghadirkan JKT 48 untuk tampil di rumahnya.

Selain itu, melalui kanal YouTube keduanya Brando Chill & Games, Windah juga mengungkapkan mereka yang tercantum di leaderboard platform donasi Saweria, akan diajak makan malam bersama dirinya dan teman-temannya.

"Tuhan memberikan gue perjalanan dari gue pelayan restoran sampai titik ini bisa mendapatkan 10 juta subscribers, bisa mendapatkan kalian semua, gue yakin ada tujuannya," kata Windah, melalui sebuah video berjudul 14 Mei 2023 itu yang diunggah saluran keduanya itu.

"Kalau ini memang bukan tujuan hidup gue, gue pengen setidaknya sekali dalam hidup untuk bisa memanfaatkan massa yang sudah gue raih, yang sudah gue perjuangkan, yang sudah gue dapatkan 10 juta subscriber, gue ingin memaksimalkan kalian semua untuk tindakan kebaikan," ujar YouTuber 10 juta subscriber itu.

3 dari 4 halaman

Kumpulkan Dana Rp 300 Juta untuk Okky Boy

Tidak hanya itu, dia juga pernah menggalang dana untuk seorang anak yang yang viral bernama Rahmat alias Okky Boy.

Okky Boy merupakan bocah yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. Ia mencuri perhatian warganet setelah muncul video dirinya diajak berbicara dengan bahas yang tidak jelas.

Setelah ditelusuri, Okky Boy berasal dari Baubau, Sulawesi Tenggara itu sudah bekerja hingga menjaga adik-adiknya, karena ibunya menjadi TKI di Malaysia.

Dari situ, banyak warganet yang menyebut wajahnya mirip dengan YouTuber Windah Basudara, dan akhirnya mereka bertemu dalam live streaming pada 11 Oktober 2022.

(Dam/Isk)

 

4 dari 4 halaman

Infografis Kontroversi YouTuber dan Selebgram di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.