Sukses

6 Jam Live Streaming Charity, YouTuber Windah Basudara Sukses Kumpulkan Donasi 1 Miliar

Windah Basudara kembali melakukan live streaming charity, di mana ia berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 1 miliar dalam waktu enam jam saja

Liputan6.com, Jakarta - YouTuber Windah Basudara kembali menggelar aksi live streaming untuk kegiatan amal atau charity. Kali ini, target Rp 1 miliar berhasil tercapai kurang dalam waktu 5 jam.

Live streaming charity ini sendiri diadakan tak lama usai pria bernama Brando Franco Windah itu, menyatakan istirahat sejenak dari aktivitasnya di kanal YouTube Windah Basudara, pada hari Minggu (14/5/2023).

Bersama teman-temannya di Jaya Esports, live streaming di YouTube selama enam jam itu sukses mengumpulkan sekitar Rp 1,3 miliar, yang nantinya akan disumbangkan ke sekitar 20 lembaga di Kitabisa.com.

Tak cuma memainkan sejumlah game seperti Tekken, WWE 2K23, FIFA 23, hingga Genshin Impact, pria yang pernah bekerja sebagai pelayan restoran itu juga menghadirkan JKT 48 untuk tampil di rumahnya.

Selain itu, melalui kanal YouTube keduanya Brando Chill & Games, Windah juga mengungkapkan mereka yang tercantum di leaderboard platform donasi Saweria, akan diajak makan malam bersama dirinya dan teman-temannya.

"Tuhan memberikan gue perjalanan dari gue pelayan restoran sampai titik ini bisa mendapatkan 10 juta subscribers, bisa mendapatkan kalian semua, gue yakin ada tujuannya," kata Windah, melalui sebuah video berjudul 14 Mei 2023 itu yang diunggah saluran keduanya itu.

"Kalau ini memang bukan tujuan hidup gue, gue pengen setidaknya sekali dalam hidup untuk bisa memanfaatkan massa yang sudah gue raih, yang sudah gue perjuangkan, yang sudah gue dapatkan 10 juta subscriber, gue ingin memaksimalkan kalian semua untuk tindakan kebaikan," ujar YouTuber 10 juta subscriber itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kumpulkan Dana Rp 300 Juta untuk Okky Boy

Ini bukan pertama kalinya Windah Basudara melakukan streaming amal. Sebelumnya, dia pernah menggalang dana untuk seorang anak yang yang viral bernama Rahmat alias Okky Boy.

Okky Boy merupakan bocah yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. Ia mencuri perhatian warganet setelah muncul video dirinya diajak berbicara dengan bahas yang tidak jelas.

Setelah ditelusuri, Okky Boy berasal dari Baubau, Sulawesi Tenggara itu sudah bekerja hingga menjaga adik-adiknya, karena ibunya menjadi TKI di Malaysia.

Dari situ, banyak warganet yang menyebut wajahnya mirip dengan YouTuber Windah Basudara, dan akhirnya mereka bertemu dalam live streaming pada 11 Oktober 2022.

Sebelumnya, Windah juga menyatakan bakal rehat sejenak dari YouTube usai subscriber di kanal utamanya mencapai 10 juta.

"Gue cuma rehat guys, nanti juga balik lagi," kata Windah Basudara. "Ngga ada prank-prank, walau kalian tahu gue suka ngeprank, ngegimik, suka bohong itu hanya dalam bentuk hiburan guys. Tapi ini bukan prank."

3 dari 4 halaman

Umumkan Rehat Setelah Capai 10 Juta Subscriber

Sebagai bentuk perpisahan kepada para 10 juta subscriber-nya, Windah pun tanpa henti mengucapkan rasa terima kasih sembari meletakkan Diamond Play Button.

"I'll be back. Kalian semua teruslah mengejar cita-cita dan impian kalian. Jangan pernah berhenti mengejar mimpi, karena selagi pun mimpi gagal kita kita bisa menciptakan mimpi-mimpi baru," pesan Windah.

Informasi, channel Windah Basudara sendiri pertama kali muncul di YouTube pada 29 Desember 2018. Sejak dibuat, channel ini terus mengalami pertumbuhan jumlah subscriber setiap bulannya.

Aksinya yang kocak tiap bermain game, hingga gimmick-gimmick dramanya yang tak jarang digarap dengan sangat niat usai live streaming, membuatnya banyak dikenal warganet.

Bahkan, semua data juga mencatat bahwa Windah Basudara jadi salah satu live streamer yang paling banyak ditonton di YouTube Gaming pada tahun 2022.

4 dari 4 halaman

Masuk Live Streamer Gaming Paling Banyak Ditonton

Hal itu seperti dicatat oleh platform analitik untuk industri game dan esports, Stream Hatchet, yang mengumumkan live streamer paling banyak ditonton di YouTube Gaming pada tahun 2022.

Mengutip data dibagikan di akun Twitter Stream Hatchet, Kamis (19/1/2023), YouTuber Indonesia, Windah Basudara, masuk ke daftar tersebut selain nama-nama seperti iShowSpeed dan DrDisRespect.

Streamer iShowSpeed, berada di posisi pertama dengan 38,5 jam ditonton, disusul VTuber Nijisanji Kuzuha di posisi kedua (27,4 juta), dan TimTheFatman (26,6 juta).

Windah Basudara berada di posisi tujuh dengan jam ditonton mencapai 21,9 juta. Selain itu, VTuber Hololive Usada Pekora dan Sakura Miko, juga masuk ke peringkat tersebut.

Live Streamer YouTube Gaming Paling Banyak Ditonton

Berikut ini daftar live streamer YouTube Gaming yang paling ditonton pada tahun lalu, berdasarkan jam ditonton selama tanggal 1 Januari sampai 31 Desember 2022.

  1. iShowSpeed - 38,5 juta
  2. Kuzuha Ch. - 27,4 juta
  3. TimTheTatman - 26,6 juta
  4. DrDisRespect - 25,2 juta
  5. Pekora Ch. 兎田ぺこら - 23,2 juta
  6. Ludwig - 22,5 juta
  7. Windah Basudara - 21,9 juta
  8. VEGETTA777 - 20,9 juta
  9. Miko Ch. さくらみこ - 20,7 juta
  10. DjMaRiiO - 20,4 juta

Sebagai catatan, data yang dimasukkan Stream Hatchet ini hanya memasukkan jam ditonton di bawah kategori YouTube Gaming, bukan seluruh YouTube Live.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.