Sukses

10 Aplikasi Ini Bikin Boros Baterai Smartphone, Ada Facebook dan WhatsApp

Deretan aplikasi populer berikut ini bisa bikin baterai smartphone boros, ada Facebook dan WhatsApp juga lho.

Liputan6.com, Jakarta - Baterai adalah salah satu aspek penting di smartphone yang paling bikin khawatir pengguna. Bagaimana tidak, kalau baterai smartphone habis, pengguna yang sedang beraktivitas di luar rumah pasti bingung karena tidak bisa melakukan hal apa pun di perangkat mereka.

Meski sangat menantang, mengingat banyaknya aplikasi yang menguras baterai, ada sejumlah cara untuk menguragi konsumsi baterai dan meningkatkan masa pakai baterai segera setelah perangkat dihidupkan.

Walau tidak selalu berhasil, ada sejumlah langkah untuk memperpanjang masa pakai baterai smartphone, semaksimal mungkin. Salah satunya adalah menghindarkan smartphone dari sejumlah aplikasi boros baterai.

Sebagaimana diketahui, jumlah aplikasi yang dijajakan di toko resmi Android, Google Play Store, kini jumlahnya tak terhitung. Banyak aplikasi berbeda tetapi memiliki fungsi serupa. Umumnya pengguna hanya mengunduh aplikasi-aplikasi yang populer.

Oleh karenanya, untuk merawat baterai di smartphone kamu dengan sebaik-baiknya, ada beberapa di antara aplikasi-aplikasi yang perlu dihindari atau harus membatasi penggunaannya.

Beberapa aplikasi cukup membantu dan memang harus dipasang di smartphone kita untuk memudahkan aktivitas atau komunikasi.

Namun, sejumlah aplikasi lain justru bisa menjadi bencana bagi mereka yang baterai smartphone-nya sudah bermasalah. Untuk itu, coba periksa lagi apa benar aplikasi-aplikasi tertentu kamu butuhkan? Cek aplikasi kuras baterai, berikut ini. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Deretan Aplikasi Kuras Baterai Smartphone

Lantas, aplikasi apa saja sih bikin boros baterai smartphone? Berikut informasinya sebagaimana dikutip dari Gizchina, Minggu (23/4/2023).

10 Aplikasi Paling Boros Baterai:

  • Fitbit
  • Uber
  • Skype
  • Facebook
  • Airbnb
  • Instagram
  • Tinder
  • Bumble
  • Snapchat
  • WhatsApp

Adapun daftar aplikasi paling menguras baterai smartphone ini dikompilasi oleh sebuah perusahaan riset, pCloud.

Untuk menentukan daftar aplikasi paling boros baterai, mereka membuat daftar aplikasi yang paling banyak mengonsumsi energi. Hasil akhirnya, tidak peduli seberapa hebat aplikasinya, aplikasi-aplikasi di atas begitu memengaruhi masa pakai baterai.

3 dari 3 halaman

Faktor Penentu Aplikasi Boros Baterai

Bahkan, aplikasi-aplikasi ini merupakan aplikasi populer. Aplikasi tersebut bisa tetap menghabiskan baterai di background, oleh karenanya mungkin akan lebih mudah bagi pengguna untuk menghapus sebagian aplikasi di atas, jika memang tidak sering memakainya.

pCloud mempertimbangkan tiga faktor ketika menentukan aplikasi-aplikasi mana yang begitu menghabiskan sumber daya di smartphone. Ketiga faktor yang dimaksud antara lain izin penggunaan lokasi atau kamera serta apakah aplikasi menawarkan dark mode.

pCloud menentukan mana dari 100 aplikasi yang ditelitinya yang populer sekaligus menguras baterai, berdasarkan ketiga faktor di atas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.