Sukses

Periklanan Digital Makin Berkembang Berkat Berbagai Inovasi Teknologi AI Hingga ChatGPT

Periklanan digital semakin berkembang di tengah inovasi teknologi dan dukungan akses internet di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menjadi pasar digital yang mengalami pertumbuhan cepat sejak penetrasi internet dan banyaknya smartphone terjangkau menjangkau masyarakat. Hal ini didukung pula dengan infrastruktur teknologi inovatif yang membawa masyarakat menjadi people mobile-first.

Selain itu, perkembangan industri adtechs akan membuat masyarakat melihat perkembangan dan transformasi digital baru yang membentul cara organisasi beradaptasi dengan teknologi dan inovasi.

Beberapa contoh pesatnya kemajuan teknologi, meliputi teknologi AI dan ML, NFT, IoT, Web 3.0, dan ChatGPT yang kini banyak diperbincangkan para pelaku industri. Kemajuan ini menjadi bagian dalam merevolusi industri yang mudah dikelola dan ramah pengguna yang memberi keunggulan pada praktik bisnis dan pemasaran.

Namun, memang harus diakui, pengiklan terkadang menghadapi tantangan untuk meningkatkan penjualan jangka pendek sekaligus membangun ekuitas mereka.

Pengiklan kini mulai beralih ke iklan digital di Indonesia diproyeksikan mencapai USD 2,55 miliar pada 2023. Di mana 70 persen, dari total belanja iklan akan dihasilkan melalui mobile pada 2027.

Selain itu, diharapkan dengan infrastruktur tanpa cookie, periklanan kontekstual berbasis data mulai mengisyaratkan, di mana perusahaan teknologi, pengiklan, dan penerbit menganggapnya layak karena berfokus pada data pihak pertama.

Selain itu, teknologi AI dan ML yang berkembang, penargetan kontekstual memanfaatkan teknologi yang lebih tepat tanpa melanggar privasi pengguna.

Ke depannya, ad tech diprediksi bakal lebih otomatis. Dengan penargetan iklan lebih baik dan integrasi lebih mendalam, tren 2023 meliputi machine learning, forst-party data, OEM marketing, influencer marketing, omnichannel marketing, rich media banner, dan local marketing.

Strategi-strategi tersebut diyakini membantu pengiklan meningkatkan kampanye dan memaksimalkan ROAS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

OEM Bantu Pemasar Targetkan Iklan

Bicara mengenai periklanan digital, Country Head Xapads Media Indonesia Edo Fernando menyebut, OEM akan jadi terobosan bagi ekosistem digital karena teknologi baru ini adalah hal besar bagi pemasar, terutama campaign manager dan app developer di tahun 2023 ke depan.

"Ini karena OEM terkemuka dunia sudah memiliki lebih dari 45 persen pangsa pasar yang akan menjadi kuat karena kemajuan dan perkembangan teknologi berorientasi pada hasil, yang mendorong pemilik merek dan manajer kampanye untuk memanfaatkan periklanan OEM," katanya.

Hal ini karena OEM bisa membantu pemasar dengan akuisisi pengguna yang hemat biaya, opsi iklan yang aman bagi mereka, dan alternatif bebas penipuan. Untuk itulah, Mobile Measurement Partners seperti AppFlyers dan Adjust memanfaatkan kekuatan platform OEM dan memilih untuk mengintegrasikan OEM smartphone terkemuka untuk melacak pengguna yang masuk dari platform tersebut.

Visi dan pemahaman Edo Fernando sebagai Country Head Xapads Media Indonesia mengenai ekosistem digital membantu klien di pasar Indonesia dalam memaksimalkan jangkauan mereka mereka dan membantu Xapads meningkatkan pijakannya.

3 dari 3 halaman

Xapads Ingin Tingkatkan Praktik Bisnis

Baru-baru ini pun, Xapads bermitra dengan Xiaomi untuk mendorong bisnis secara global dengan iklan Xiaomi. Pengetahuan Edo tentang industri periklanan digital yang berkembang membantunya memaksimalkan kemitraan ini. Saat ini, Xapads memiliki sejumlah klien terkenal seperti Lazda, Blibli, Flip, Halodoc, Grab, Lalamove, IQ Option, dan banyak lagi.

Kemitraan ini pun mendorong bisnis secara global berkat OEM terkemuka dan teknologi yang merevolusi lanskap digital dengan luar biasa. Indonesia pun menjadi negara yang berkembang cepat dalam hal teknologi dan inovasi, di mana Xapads lebih memahami kebutuhan dan keinginan pengguna yang ditargetkan merek. Hal memandu pemasar untuk membentuk kembali, mereformasi, atau improvisasi upaya pemasaran mereka.

Edo pun berupaya meningkatkan praktik bisnis melalui Xerxes by Xapads agar kampanye dapat unggul dan berkembang di pasar yang kompetitif, serta membantu dalam menciptakan roadmap bisnis untuk mencapai tujuan masa depan di kawasan Asia Tenggara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.