Sukses

Jasa Sewa Mobil Online Terus Tumbuh, Kini Berbekal Teknologi Canggih hingga Diawasi Satelit

Menurut Presedence Research, nilai jasa sewa mobil akan terus tumbuh sampai 2030 hingga menembus US$ 186.59 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut riset Presedence Research pada 2021, pasar sewa mobil di dunia mencapai nilai bisnis hingga US$ 102.08 miliar. Dalam analisisnya, lembaga riset tersebut memprediksi angka itu akan terus tumbuh sampai 2030 hingga menembus US$ 186.59 miliar.

Setidaknya ada beberapa hal yang menurut Presedence berkontribusi besar dalam pertumbuhan jasa sewa mobil online. Selain karena pandemi yang mulai terkendali, digitalisasi atau teknologi yang diadopsi jasa sewa mobil juga terbukti mampu menghemat waktu dan uang terkait dengan transaksi sewa menyewa.

Hal tersebut dinilai berimbas pada peluang perusahaan jasa sewa mobil untuk bisa lebih fokus mengembangkan bisnis mereka untuk meraih pasar yang lebih luas.

Menyadari pasar yang terus berkembang, platform marketplace berbagi kendaraan Zoomcar, berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang efisien dan nyaman untuk para penggunanya di Indonesia.

Perusahaan asal India yang hadir di Tanah Air sejak Maret 2022 ini mengklaim telah memiliki lebih dari 250 armada hasil kerja sama dengan mitra pemilik kendaraan atau yang mereka sebut sebagai Host.

Selain mengandalkan pemesanan melalui aplikasi, teknologi pemantau berbasis satelit akan mengikuti ke mana saja mobil tersebut berjalan. Ditambah ada asuransi yang melindungi kendaraan dan juga penyewanya.

Menurut Country Head Zoomcar Indonesia, Delly Nugraha, penyewa yang disebut Guest dan pemilik mobil yang disebut Host, bisa bertransaksi tanpa harus bertemu muka.

"Penyewa dapat mengambil mobil yang ditentukan oleh Host, tarif yang berdasarkan durasi pemakaian dan jenis mobilnya. Semua bisa disepakati secara online melalui aplikasi Zoomcar," ujar Delly melalui keterangannya, Jumat (17/3/2023).

Ia menjelaskan mobil yang disewa bisa diatur pengambilannya, tergantung pilihan lokasi yang diberikan oleh Host kepada penyewa tanpa perlu tatap muka, lalu mengaktifkan mobil lewat aplikasi.

"Pun saat mobil dikembalikan, tanpa tatap muka. Tarif jasa sewa mobil online juga ditentukan bergantung mobil yang dipilih dan durasi sewa tentunya memberikan nilai hemat," ucap Delly menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana dengan Keamanannya?

Sebagai ilustrasi, Delly menjelaskan dengan uang Rp 500 ribuan, Guest dapat menyewa mobil tipe hatchback atau compact SUV untuk lebih dari 24 jam, tanpa deposit dan sudah ada asuransinya.

“Sementara di penyewaan konvensional, Rp 500 ribu ini untuk durasi kurang dari 24 jam, belum lagi harus bayar deposit dan persyaratan dokumen yang lumayan ribet seperti surat keterangan domisili dari RT setempat,” ungkapnya.

Dari sisi keamanan layanan, penyewa Zoomcar hanya perlu memfoto SIM mobil yang dimiliki, berikut eKTP dan foto selfie wajah. Durasi sewa pun bisa singkat atau selama dibutuhkan. Menariknya, semakin lama mobil digunakan kian hemat harga sewanya.

"Ada enam kelebihan sewa mobil di Zoomcar, yaitu tak ada batasan kilometer, lepas kunci, tanpa deposit, tak ada biaya ganti jadwal, pembatalan pun bisa dilakukan 6 jam sebelum sewa dimulai, dan tarif sewa mobil di Zoomcar mulai dari Rp 14 ribu per jam," papar Delly.

Zoomcar bisa digunakan ke luar kota atau hanya sekadar ke mal untuk mengangkut belanjaan bulanan sampai perjalanan bisnis dan wisata ke provinsi lain.

Mobil yang disewakan bervariasi, mulai dari hatchback, sedan, SUV untuk jelajah alam, sampai mobil mewah.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.