Sukses

Hands-On Oppo Reno8 T 5G: Hadirkan Layar Lengkung dan Desain yang Sukses Curi Perhatian

Berikut ini ulasan singkat Tekno Liputan6.com mengenai Oppo Reno8 T 5G, yang mengusung desain mewah ala HP flagship premium

Liputan6.com, Jakarta Oppo Reno8 T 5G jadi salah satu tipe dari Oppo Reno8 T Series yang menjadi smartphone pembuka Oppo di tahun 2023 ini.

Salah satu yang cukup membedakannya dari Reno Series lainnya adalah bagaimana Reno8 T 5G, menghadirkan tampilan layar lengkung yang biasanya ada di HP-HP flagship.

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk mencoba secara singkat pengalaman menggunakan Oppo Reno8 T 5G dengan varian warna Sunrise Gold.

Mulai dari kemasan atau boksnya, Oppo Reno8 T 5G hadir dengan kotak berwarna dominan putih yang tampil elegan, sama seperti Reno8 T 4G. Ini tentu berbeda dari seri Reno sebelumnya yang datang dengan kemasan biru kehijauan.

Dalam boks penjualan, Oppo sudah menyertakan sejumlah aksesoris dasar casing HP transparan, SIM ejector, Safety Guide dan Petunjuk Penggunaan, kabel Type-C, serta kepala charger 67W.

Kesan pertama yang saya temukan dari HP Oppo Reno8 T 5G adalah mewah, tipis, dan sangat ringan. Berbeda dari beberapa seri Reno sebelumnya, perangkat ini mengeluarkan kesan yang lebih elegan.

Di bagian belakang perangkat, lingkaran besar modul kameranya berada dalam sebuah logam yang menonjol, membuatnya sangat mencolok dan membuat yang melihat langsung terfokus ke kameranya, bahkan dari kejauhan.

Lalu di bawah kamera smartphone Oppo ini, terdapat tulisan 108MP Portrait Camera. Bodi belakangnya sendiri juga diberikan efek glitter yang berkilau, serta dapat menampilkan warna-warna pelangi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Layar Lengkung Jadi Unggulan

Sementara untuk tepian smartphone masih sama seperti HP pada umumnya. Di kiri layar terdapat tombol volume, dan kanan layar terdapat tombol daya yang bisa dipakai untuk Asisten atau Lock Screen.

Lalu bagian bawahnya terdapat slot untuk kartu SIM, speaker, serta port Type-C. Mikrofon sendiri terdapat di bagian atas dan bawah perangkat.

Namun, buat pengguna yang suka memakai earphone atau headset dengan kabel, tampaknya harus beralih ke bluetooth jika tidak ingin kesulitan mencari kabel tambahan untuk port Type-C.

Pasalnya, Reno8 T 5G tidak menghadirkan audio jack dengan port 3,5 mm, yang masih menjadi standar headset dengan kabel.

Layar menjadi bintang dari Reno8 T 5G, di mana perangkat ini memiliki layar lengkung, dengan bezel yang sangat tipis jika dibandingkan dengan beberapa smartphone lainnya. Di jari layarnya juga terasa sangat mulus.

Dipakai untuk menonton YouTube dan browsing pun juga masih terasa nyaman. Sementara untuk baterainya, diis daya selama kurang dari 15 menit, sudah bisa terisi sampai 64 persen dari posisi awal 26 persen.

Secara singkat, Oppo Reno8 T 5G memang memberikan cita rasa flagship yang premium dan mewah, terutama dari sisi desain dan pengalaman pengguna.

Berikut ini hasil jepret-jepret singkat menggunakan kamera HP Oppo Reno8 T 5G:

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Oppo Reno8 T 5G

Untuk spesifikasi, Oppo Reno8 T 5G menggunakan layar AMOLED 6,7 inci, dengan rasio layar ke bodi 93 persen dan memiliki bezel tipis di 2,32 mm.

Layar responsif di Reno8 T 5G juga hadir dengan Refresh Rate Tinggi 120Hz dan touch sampling rate 120Hz yang dapat ditingkatkan hingga 1.000Hz dalam skenario game tertentu.

Oppo juga menyebut, layar 1 miliar warna dan Resolusi FHD+, dapat menampilkan warna ultra realistis dan detail ekstra. Sementara AI Adaptive Eye Protection System akan membantu menjaga kesehatan mata.

Untuk desain bagian belakang, Reno8 T 5G menampilkan dua modul kamera yang ditempatkan secara vertikal dan simetris, dalam sebuah panel kamera.

Ada dua opsi warna yang bisa dipilih pengguna yaitu Sunrise Gold dan Midnight Black, yang sama-sama diproses dengan lapisan Oppo Glow. Sementara dalam genggaman, perangkat ini memiliki berat 171 gram dan tebal 7,7 mm.

Fitur lain yang dibawa di Oppo Reno8 T 5G adalah kamera portrait 108MP pertama OPPO, Kamera Microlens 40x, kamera depth 2MP, dan Kamera selfie 32MP.

 

4 dari 4 halaman

Harga Oppo Reno8 T 5G di Indonesia

Baterainya berkapasitas 4.800 mAh, serta sudah mendukung pengisian daya cepat 67W SuperVOOC. Oppo mengatakan, teknologi ini membantu durasi pengisian hanya perlu waktu 44 menit untuk terisi penuh.

Spesifikasi lainnya, Reno8 T 5G dilengkapi RAM 8GB dengan dua opsi penyimpanan 128GB atau 256GB, yang didukung ekspansi hingga 1TB. RAM virtual hingga 8GB, dapat ditambahkan menggunakan fitur RAM Expansion.

Untuk chipsetnya menggunakan Snapdragon 695 5G. HP ini juga membawa fitur Dual Stereo Speakers dan Ultra Volume Mode.

Di ColorOS 13 yang terbaru, pengguna Reno8 T 5G juga dapat mengontrol aplikasi Spotify melalui Smart Always-On Display, tanpa harus membuka kunci perangkat.

Lainnya, ada fitur pixelasi otomatis dapat mengenali dan mengaburkan nama pengguna dan avatar pada tangkapan layar obrolan hanya dengan satu ketukan.

Harga Oppo Reno8 T 5G di Indonesia adalah Rp 5.999.000 untuk varian RAM 8GB dengan ROM 128GB, serta Rp 6.499.000 untuk varian 8GB RAM dan 256GB ROM.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.