Sukses

20 Link Twibbon Isra Miraj 2023 untuk di WhatsApp, Twitter, Facebook, hingga Instagram

Selain bertukar salam, Anda juga dapat menggunakan twibbon bertemakan Isra Miraj di foto profil akun Facebook, Twitter,

Liputan6.com, Jakarta - Pada tahun ini, Isra Miraj jatuh pada tanggal 18 Februari 2023. Umat ​​Islam di seluruh dunia akan memperingati peristiwa yang suatu malam pada tanggal 27 Rajab di tahun Hijriah.

Seperti kita ketahui bersama, Isra Miraj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW untuk menerima perintah shalat dari Allah SWT.

Saat malam Isra Miraj, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan menuju langit ke-7 dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, lalu naik ke Sidratul Muntaha.

Dalam perjalanan tersebut, Nabi Muhammad SAW juga bertemu dengan nabi-nabi lainnya.

Ketika Hari Isra Miraj tiba, sebagian besar umat Islam berkumpul untuk berdoa. Selain itu, banyak umat Islam yang saling bertukar salam Isra Miraj dengan kerabat terdekatnya.

Selain bertukar salam, Anda juga dapat menggunakan twibbon bertemakan Isra Miraj di foto profil akun media sosial maupun chatting.

Dengan menggunakan ini, kamu dapat memasang twibbon Isra Miraj di WhatsApp, Facebook, Twitter, atau Instagram.

Informasi, twibbon sendiri adalah bingkai bertema yang dipakai untuk membuat foto profil penggunanya lebih menarik.

Biasanya, bingkai ini disesuaikan dengan momen-momen tertentu, termasuk peringatan Isra Miraj ini.

Berikut ini adalah link twibbon Isra Miraj 2023:

  1. https://twb.nz/isramiraj27rajabbbbb
  2. https://twb.nz/tkpkkngadiresoisramijra
  3. https://twb.nz/isramiraj1444haw
  4. https://twb.nz/palenkzisramiraj
  5. https://twb.nz/alfalah-isramiraj2023
  6. https://twb.nz/isramirajkbislamanaksholeh
  7. https://twb.nz/isramiraj27rajabbbb
  8. https://twb.nz/alhid3isramiraj
  9. https://twb.nz/smpn251isramiraj
  10. https://twb.nz/isramiraj-sdnpakisi368
  11. https://twb.nz/odojisramiraj1444h
  12. https://twb.nz/isramiraj1444raalbayyinah
  13. https://twb.nz/isramiraj2023-tknjetis
  14. https://twb.nz/isramirajainun
  15. https://twb.nz/isramirajsdimh2023ad
  16. https://twb.nz/isramirajtkiiskh
  17. https://twb.nz/isramirajdaril1444h
  18. https://twb.nz/hariisramiraj23
  19. https://twb.nz/limk-isramiraj
  20. https://twb.nz/afinatugastik

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peristiwa Isra

Ilustrasi Isra Miraj. (Photo Copyright by Freepik)

Kisah Isra Miraj dimulai dengan pada saat itu, seperti biasa Rasulullah Muhammad SAW mengisi waktu usai Isya dengan tidur lebih awal agar bisa bangun pada sepertiga malam terakhir untuk salat.

Tetapi, malam itu malaikat Jibril datang mengunjungi Rasulullah SAW. Jibril lalu mengajak Rasulullah keluar rumah dan bepergian, melaksanakan Isra Miraj.

Rasulullah kemudian menaiki Buraq bersama Jibril dan Mikail, untuk kemudian dalam sekejap melesat menuju Masjidil Aqsa. Padahal, saat itu perjalanan dari Kabah ke Masjid Al-Aqsa dapat ditempuh dengan kuda atau unta selama satu bulan. Buraq sendiri digambarkan memiliki tubuh seperti kuda putih dengan sayap dan ekor burung merak.

Sebelum tiba, Jibril sempat mengajak Rasulullah SAW salat di beberapa tempat seperti Tayyibah (Madinah Al Munawwarah), Madyan (tempat berteduhnya Nabi Musa AS saat dikejar Firaun), Thursina (tempat Nabi Musa menerima wahyu Allah) dan Betlehem atau Bait Al Lahm (tempat lahirnya Nabi Isa).

Usai salat, Rasulullah SAW melanjutkan perjalanan menuju Baitul Maqdis. Setiba di sana, Rasulullah SAW disambut Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, dan para nabi lainnya.

Allah SWT telah mempersiapkan mereka agar bertemu dengan Rasulullah SAW. Setelah itu, mereka salat berjemaah dengan Rasulullah sebagai imam.

3 dari 4 halaman

Peristiwa Miraj

Ilustrasi Isra Miraj. (Photo Copyright by Freepik)

Rasulullah bertemu dengan beberapa nabi ketika naik dari Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha. Rasulullah bertemu Nabi Adam di langit pertama, Nabi Isa di langit kedua, Nabi Yusuf di langit ketiga, Nabi Idris di langit keempat, Nabi Harun di langit kelima, Nabi Musa di langit keenam.

Saat berada di langit ketujuh, Rasulullah bertemu dengan Nabi Ibrahim yang perawakannya sangat mirip dengannya. Dari perjalanan ini Rasulullah mendapatkan banyak sekali pesan dari para nabi lain untuk penyebaran Islam kepada umat muslim.

Sejak peristiwa Isra Miraj, umat Islam diwajibkan menjalankan salat lima waktu dalam sehari. Pada mulanya, Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk melaksanakan ibadah salat sebanyak 50 kali dalam sehari.

Namun, Nabi Muhammad SAW diingatkan oleh Nabi Musa as bahwa jumlah tersebut terlalu banyak. Nabi Muhammad SAW kemudian meminta keringanan kepada Allah SWT, sehingga salat wajib umat Islam menjadi 5 kali dalam sehari.

4 dari 4 halaman

Hikmah Isra Miraj

Ilustrasi Isra Miraj. (Photo Copyright by Freepik)

1. Waktu Wajib Salat

Hikmah pertama dari Isra Miraj adalah perintah menunaikan salah lima waktu dalam sehari semalam. Berdasarkan ayat dalam surat Al-Muzammil ayat 2 juga menyebutkan tentang dirikan salat di malam hari.

"Dirikanlah salat di malam hari, kecuali sedikit." (Al-Muzammil ayat 2)

2. Waktu untuk Khalwah

Hikmah Isra Miraj yang lainnya adalah waktu yang tepat melakukan khalwah. Khalwah ialah menyepi dan pengukusan.

"Ibnu Munir berpendapat bahwa peristiwa Isra terjadi di malam hari, karena malam merupakan waktu yang tepat untuk menyepi serta biasanya sebagai waktu yang tepat untuk mengkhususkan amalan."

3. Allah Ingin Memperlihatkan Sebagian Tanda-Tanda Kebesaran-Nya

Hikmah Isra Miraj yang lainnya adalah Allah ingin memperlihatkan sebagian tanda-tanda kebesaran-Nya kepada Nabi SAW. Pada Al Qur'an surat An Najm ayat 12, terdapat kata "Yaro" dalam bahasa Arab yang artinya "menyaksikan langsung". Berbeda dengan kata "Syahida", yang berarti menyaksikan tapi tidak mesti secara langsung.

4. Waktu Dikabulkan Doa

Hikmah dari Isra Miraj yang selanjutnya adalah waktu dikabulkannya doa Nabi Yaqub AS. Sesuai dengan firman Allah dalam surat Yusuf ayat 98 tentang permohonan ampunan.

Dia (Yakub) berkata, 'Aku akan memohonkan ampunan bagimu kepada Tuhanku. Sungguh, Dia Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.'

5. Waktu Turun Wahyu Pertama

Berikutnya, hikmah Isra Miraj adalah berhubungan dengan turunnya wahyu pertama. Ada pun penjelasan perjalanan tersebut yakni waktu turunnya wahyu pertama dijelaskan di bawah ini berdasarkan HR Bukhari.

"Malaikat Jibril datang (ke gua hira) dan berkata: "Bacalah!" Beliau menjawab: "Aku tidak bisa baca". Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjelaskan: Maka Malaikat itu memegangku dan memelukku sangat kuat kemudian melepaskanku dan berkata lagi: "Bacalah!" Beliau menjawab: "Aku tidak bisa baca". Maka Malaikat itu memegangku dan memelukku sangat kuat kemudian melepaskanku dan berkata lagi: "Bacalah!". Beliau menjawab: "Aku tidak bisa baca". Malaikat itu memegangku kembali dan memelukku untuk ketiga kalinya dengan sangat kuat lalu melepaskanku, dan berkata lagi: (Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah)." (HR. Bukhari no. 6982, Muslim no. 160).

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.