Sukses

Kebijakan Berbagi Password Netflix Bakal Diberlakukan di Lebih Banyak Negara

Netflix akan memberlakukan kebijakan berbagi password Netflix di lebih banyak negara, sebelum menggulirkan kebijakan baru ini secara global Maret mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah mengumumkan rencananya untuk mencegah para pelanggan premium berbagi kata sandi dengan teman dan keluarga, Netflix menguji coba perubahan kebijakan berbagi password ke sejumlah negara.

Sejauh ini, uji coba pembatasan berbagi password Netflix diberlakukan ke negara-negara Amerika Latin, mulai dari Chili, Kosta Rika, Peru, Argentina, El Salvador, Guatemala, Honduras, dan Republik Dominika.

Awal minggu ini, layanan streaming film tersebut mengumumkan bahwa perubahan pada pengguna berbagi akun Netflix dan password yang terungkap tahun lalu akan diumumkan di lebih banyak negara.

Mengutip Phone Arena, Sabtu (11/2/2023), perubahan tersebut diperkenalkan di empat negara sebelum diluncurkan secara global bulan Maret mendatang. Adapun perubahan pada berbagi akun diluncurkan di Kanada, Selandia Baru, Portugal, dan Spanyol.

Oleh karena itu, mereka yang tinggal di salah satu tersebut dan memiliki layanan Netflix berbagi akun dengan satu orang atau lebih, mereka harus membayar ekstra.

Namun, pertama-tama, pelanggan berbagi password Netflix yang berada di empat negara ini bakal diminta untuk mengatur lokasi utama mereka. Pengaturan lokasi ini memungkinkan Netflix mencatat siapa saja yang tinggal di rumah untuk menggunakan satu akun Netflix yang sama.

Selanjutnya, pelanggan Netflix yang ingin memberikan akses akun mereka kepada orang lain dapat melakukannya dari halaman Manage Access and Device.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemampuan Mentransfer Profil

Perubahan penting lainnya melibatkan kemampuan untuk mentransfer profil ke akun baru yang dibayar, sehingga menyimpan rekomendasi yang dipersonalisasi, melihat riwayat, Daftar Saya, dan permainan yang disimpan.

Nantinya setelah mengatur lokasi utama, pengguna masih bisa menonton Netflix di perangkat pribadi atau masuk ke TV baru saat sedang tidak di rumah.

Bagian terpenting dari perubahan ini adalah opsi untuk membeli anggota tambahan. Agar pengguna bisa saling berbagi akun dengan orang lain, mereka harus membayar lebih untuk tiap anggota tambahan yang memakai akun Netflix Anda.

3 dari 4 halaman

Pelanggan Berbagi Password Netflix Harus Bayar Biaya Tambahan

Pelanggan Netflix yang berlangganan paket Standar atau Premium dan tinggal di salah satu dari empat negara yang disebutkan di atas, dapat menambahkan sub akun anggota tambahan hingga dua orang, yang tidak tinggal dengan mereka.

Nantinya setiap sub akun akan dilengkapi dengan profil, rekomendasi yang dipersonalisasi, login, dan kata sandi mereka sendiri.

Biaya tambahan untuk sub akun pun berbeda-beda di masing-masing negara. Pada masa uji coba di empat negara di atas, biaya sub akun adalah 7,99 dolar Kanada per bulannya.

Sementara di Selandia Baru, biaya langganan sub akun adalah 7,99 dolar Selandia Baru per bulan, 3,99 Euro per bulan di Portugal, dan 5,99 Euro per bulan di Spanyol.

4 dari 4 halaman

Ingin Pelanggan Daftar dengan Akun Sendiri

Mengutip Android Police via Eurogamer, Jumat (3/2/2023), Netflix akan meminta pelanggan menentukan lokasi utama akun mereka. Nantinya, bila perangkat mengakses layanan Netflix tidak dari alamat IP terkait maka berpotensi diblokir.

Tak hanya itu, pengguna juga diharuskan untuk memakai Netflix di perangkat mereka setidaknya sebulan sekali agar tetap aktif.

Lalu bagaimana bila Anda mengakses layanan ketika di luar rumah? Untuk mengatasi hal itu, Netflix akan memberikan empat kode digit sementara.

Kode tersebut akan setop berfungsi setelah seminggu. Karena memiliki batas, maka teman atau orang lain yang akses Netflix dari luar rumah harus minta kode digit baru ke Anda dan memasukkannya di perangkat mereka.

Dengan cara ini, perusahaan berharap pengguna yang memakai akun Anda dapat mendaftar dan langganan Netflix menggunakan akun mereka sendiri.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.