Sukses

Android 14 Rilis 2023, Ini Bocoran Fitur Baru dan Smartphone Dapat Update

Android 14 jadi OS baru Google yang dirilis tahun ini, berikut bocoran fitur baru Android 14 dan smartphone yang kebagian update-nya.

Liputan6.com, Jakarta - Android 14 akan menjadi sistem operasi terbaru Google yang dirilis tahun ini. OS ini bakal menghadirkan sejumlah fitur baru dan peningkatan di perangkat Android.

Meski tanggal pasti perilisan Android 14 belum diumumkan resmi, rumor menyebutkan bahwa sistem operasi versi baru ini akan segera dirilis.

Lantas kapan Android 14 dirilis dan apa saja fitur-fitur baru yang akan dirilis bersama Android 14, berikut adalah bocoran Android 14.

Bocoran tanggal rilis Android 14

Saat ini belum ada versi beta atau versi terbuka Android 14 bagi pengembang (Developer Preview), karena kini Android 14 masih dalam pengembangan.

Meski begitu, jika menganalisis strategi Google sebelumnya, Developer Preview dan upgrade experimental bagi Google Pixel, kemungkinan dimulai dengan Pixel 5 dan yang lebih baru, Android 14 akan mulai dirilis pada Februari 2023.

Meski begitu, pengguna dan pecinta teknologi harus menunggu hingga Google I/O untuk perilisan open beta pertama Android 14.

Berdasarkan timeline tahun lalu, publik harus menunggu hingga Mei 2023 untuk bisa mencoba Android 14, namun tanggal pastinya belum diketahui.

Sementara, versi Beta akan dirilis pada Mei, dan Developer Preview dirilis pada Februari. Versi final akan dirilis pada akhir musim panas, setidaknya September mendatang.

Versi final dan stabil dari Android 14 akan dirilis setidaknya pada akhir Agustus atau awal September 2023. Jika Android 13 mengusung nama tidak resmi Tiramisu, Android 14 kemungkinan akan menggunakan nama makanan manis dari huruf 'U'. Kira-kira apa ya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bocoran fitur baru Android 14

Bocoran Fitur Baru Android 14

Salah satu rumor terbesar Android 14 adalah, akan adanya sebuah fitur bernama "Material You." Fitur ini mengizinkan pengguna untuk mengustomisasi user interface-nya sesuai kesenangannya, dengan berbagai warna dan opsi material.

Fitur ini juga mengizinkan pengguna untuk menentukan bagaimana tampilan perangkat mereka.

Fitur lain yang dikabarkan ada di Android 14 adalah peningkatan penggunaan jaringan. Hal ini bisa mencakup alat baru untuk membantu mengelola penggunaan data, serta fitur baru untuk membantu pengguna menghemat data saat memakai perangkat mereka.

Fitur baru lainnya di Android 14 adalah penyimpanan otomatis media yang masuk. Hal ini memungkinkan pengguna secara otomatis menyimpan foto dan video dari pesan masuk, tanpa harus menyimpannya secara manual.

Izin media terperinci juga kabarnya akan jadi fitur baru pada Android 14. Hal ini memungkinkan pengguna mengatur berbagai tingkat akses ke berbagai jenis media, mulai dari foto atau video berdasarkan per aplikasi.

Kehadiran fitur ini akan memberi pengguna kontrol lebih besar atas privasi dan keamanan mereka. Hal ini juga akan membantu mencegah akses yang tidak diinginkan ke informasi sensitif.

3 dari 5 halaman

Fitur Health Connect hingga Koneksi Satelit

Lalu ada fitur Health Connect, yang membantu pengguna tetap terhubung dengan data kesehatan dan kebugaran dari berbagai perangkat berbeda.

Dengan Health Connect, pengguna bisa melihat seluruh data kesehatan dan kebugaran mereka dari berbagai tempat di satu tempat, membuat lebih mudah melacak kemajuan dan dan mengatur tujuan.

Ada pula fitur Koneksi Satelit, yang akan mengizinkan pengguna terhubung ke jaringan satelit saat mereka tidak berada di jaringan. Dengan begitu, koneksi ini memungkinkan pengguna untuk terhubung meski sedang di area yang sulit sinyal.

Fitur ini berguna bagi mereka yang sering bepergian ke daerah susah sinyal, misalnya di daerah 3T.

Kemudian, ada fitur Gestur Navigasi, yang memungkinkan pengguna menavigasikan perangkat dengan muda, menggunakan berbagai variasi gestur.

Hal ini akan memudahkan pengguna untuk mengakses aplikasi-aplikasi dan fungsi berbeda dan membantu merapikan layar, membuat pengguna lebih mudah melihat apa yang sedang terjadi di ponsel.

4 dari 5 halaman

Perangkat Apa Saja yang Kebagian Update Android 14

Smartphone, tablet, atau perangkat apa saja yang akan kebagian update Android 14 masih belum diketahui. Namun sejumlah kecil smartphone, terutama Google Pixel, yang akan mendapatkan update sistem operasi baru ini. Berikut daftarnya:

  • Google Pixel 4a
  • Google Pixel 5
  • Google Pixel 5a
  • Google Pixel 6
  • Google Pixel 6 Pro
  • Google Pixel 6a
  • Google Pixel 7
  • Google Pixel 7 Pro
5 dari 5 halaman

Cara Update ke Android 14

Tiap vendor smartphone nantinya akan mengungkap linimasa update perangkat ke Android 14 dan cara untuk melakukan update.

Secara umum, sebuah notifikasi update akan muncul setelah perangkat kebagian update Android 14. Ketika Android 14 sudah tersedia, pengguna juga bisa mencari update tersebut secara manual melalui Setting.

Perangkat smartphone Google Pixel, biasanya akan mendapatkan update Android 14 pertama kali dan Developer Preview kini tengah dalam pengembangan.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.